Oto Plus: Rieju dan MH Motorcyscles Bermesin V-ixion dari Indonesia

Brader sekalian setelah beberapa kali diulas di dunia maya baik di Otomotif ata di TMC kini Oto Plus minggu ini menegaskan sekali lagi bahwa motor Rieju dan MH atau Motorhispania ternyata bermesin V-ixion. Minarelli sebagai pemasok mesin 2 motor asal Spanyol tersebut ternyata mendatangkan mesin ini dari Indonesia, tepatanya dari PT Chemco Harapan Nusantara atau CHN. SEbetulnya CHN sendiri terkenal dengan pabrik pembuatan motor yang berpusat di Jababeka Cikarang.
y
“Orang hanya tahu CHN sebagai manufaktur komponene OEM, seperti rem dan pelek, tapi diluar itu kami juga memproduksi mesin utuh untuk seped motor yang dipasarkan di Eropa oleh Minarelli.” ujar Markting Departmen CHN.
Berikut Speknya:

General information
Model: Rieju RS3 125
Year: 2011
Category: Sport
Rating: 64.9 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 125.00 ccm (7.63 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, four-stroke
Engine details: Minarellei-Yamaha engine
Bore x stroke: 52.0 x 58.6 mm (2.0 x 2.3 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Carburettor. Keihin CVEK 30
Ignition: CDI
Cooling system: Air
Gearbox: 5-speed
Transmission type,
final drive: Chain
Exhaust system: Exhaust pipe with aluminium silencer
Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type: Triangular double cradle double steel tube
Front suspension: Inverted fork, 40mm.
Rear suspension: Mono-shock shock absorber, adhustable
Front tyre dimensions: 100/80-17
Rear tyre dimensions: 130/80-17
Front brakes: Single disc
Front brakes diameter: 280 mm (11.0 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 220 mm (8.7 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 128.0 kg (282.2 pounds)
Seat height: 845 mm (33.3 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 1,100 mm (43.3 inches)
Overall length: 1,970 mm (77.6 inches)
Overall width: 720 mm (28.3 inches)
Wheelbase: 1,330 mm (52.4 inches)
Fuel capacity: 12.00 litres (3.17 gallons)
Oil capacity: 1.10 litres (0.07 quarts)
Other specifications
Starter: Electric
Electrical: 12 Volt
Color options: Red, white
Comments: Spanish bike.
Further information
Parts and accessories Check out parts and accessories from our other partners.
Ask questions Join the 11 Rieju RS3 125 discussion group.
Insurance, loans, tests Check out insurance here. Search the web for dealers, loan costs, tests, customizing, etc.
Related bikes List related bikes for comparison of specs

Minarelli sendiri adalah perusahaan engine developmen untuk motor asal Itali, kemudian sejak 1995 menjadi suplier mesin yamaha di Spayol. Untuk model ini mesin yang diaplikasikan lebih kecil yakni hanya 125 cc menggunakan karburator Keihin CVEK 30 tak seperti V-ixion yang 150 cc menggunakan injeksi. Sayangnya kebijakan Itali mengharuskan untuk menghilangkan namanegara asal produksi sehingga nama Indonesia tak nampak dalam blok mesin tersebut. Beee FBY layak bangga ni.

Satu sisi yang ,menarik adalah kenapa motor ini bisa menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha V-Ixion? Usut punya usut ternyata mesin ini konon merupakan hasil pengembangan Motori Minarelli yang sejak tahun 2002 telah resmi menjadi anak perusahaan Yamaha. Jadi jangan heran bila mesin ini bisa dipakai banyak merek di Eropa. Wah manteb ki V-ixion.

38 komentar pada “Oto Plus: Rieju dan MH Motorcyscles Bermesin V-ixion dari Indonesia

  • 23 Mei 2011 pada 14:50
    Permalink

    boleh boleh…..buatan indonesia mulai di akui dunia…..top markotop

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 14:53
    Permalink

    pantes jg sbg giant killer…,ndak malu2 in

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 15:01
    Permalink

    pasti lehernya kuning,,, :mrgreen:

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 15:01
    Permalink

    ngompori FBH dan FBY..itu yang diekspor sekalian komstirnya?? rangkane dicoak g? he he..sorry pak bons gawe panas

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 15:28
    Permalink

    nunggu dulu bagian duit-nya si uDien nazar…

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 15:53
    Permalink

    kayaknya sama dengan expor mobil kwalitasnya beda..tergantung pesanan deh (IMHO)

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 16:02
    Permalink

    R15 bodi ini lebih ganteng menurutku pas ga kliatan cungkring seperti R15 yg mau dkluarin

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 18:07
    Permalink

    mesin gl wes eneng seng di impor neng eropah durung bonz…

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 18:19
    Permalink

    fby layak bangga nich …
    cuman cc yang dibangga-banggain kok dibonsai yah …

    Balas
  • 23 Mei 2011 pada 18:24
    Permalink

    sayang si vixi ini udah dikalahkan oleh si kebo versi on the spot … :mrgreen:

    Balas
      • 23 Mei 2011 pada 18:57
        Permalink

        lha, yang dapet bike of the year sopo rek …
        udah gak ragukah juragan sekarang ??? :mrgreen:

        Balas
      • 23 Mei 2011 pada 20:06
        Permalink

        udah siap argumen keknya
        nunggu rilis artikele … xixixi …

        bakal rameeeeeee

        saatnya para blogger mengkritisi ajang-ajang penghargaan ….. yo yang transparan dan jelas kriteriane …

        mosok mengkritisi atpm brani ….

        stop pembodohan otomotif ….

        * lempar kompor

        Balas
  • 23 Mei 2011 pada 20:09
    Permalink

    Wah.sepupuku yo kerjo neng chemco.
    Wingi ditawari pelek lebar buat tiger merk chemco.keburu macanku laku dulu.he he he
    biasanya kalau mau ada motor baru keluar.gw dpt info dr sepupuku itu.kan biasanya trial2 dulu

    Balas
  • 24 Mei 2011 pada 03:40
    Permalink

    PT. Chemco Harapan Nusantara sendiri itu apakah perusahaan Indonesia 100% atau anak perusahaan Yamaha?
    Dugaan saya kalau bukan anak perusahaan paling tidak ada joint operation karena dipercayakan memproduksi mesin Vixion.
    Sebagai eksportir sepeda motor terbanyak & pemasok mesin di Eropa (artikel di atas), berarti boleh dibilang Yamaha Indonesia adalah pabrikan asal Jepang yang paling berjasa menyumbangkan devisa untuk negara Indonesia.

    Yang lainnya bisanya hanya import CBU & menjadikan Indonesia sebagai pasar saja.
    Artinya devisa disedot dari Indonesia saja…

    Balas
  • 24 Mei 2011 pada 06:54
    Permalink

    wah kalau saja ini menjadi motor yang dijual diindonesia maka tambah bingung aja pada FBH! xixixi..
    dengan tampilan yang yahud dan mesin irit nan kencang tidak menutup kemungkinan akan menjadi idola baru selain yamaha byson! :mrgreen:

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: