Insiden Rossi Sruduk Lorenzo Kira-kira Apa Yang Bakal Terjadi Bila Salah Satunya Jatuh?

Insiden Rossi Sruduk Lorenzo

Race MotoGP Assen 2018 by bonsaibiker.com – masbro sekalian, ada adegan yang hampir saja bisa dikatakan serem di Race MotoGP Assen 2018, yaitu saat Valentino rossi menyeruduk dengan keras Buntut Ducati GP18 Jorge Lorenzo. Ya kenapagak jadi serem, lantaran tidak berakhir crash aka terjatuh, baik itu Lorenzo atau Rossi. Insiden Rossi Sruduk Lorenzo Kira-kira Apa Yang Bakal Terjadi Bila Salah Satunya Jatuh? Hemm itulah yang nampaknya bisabikin runyam dan serem.

rossi sruduk lorenzo di assen 2018
rossi sruduk lorenzo di assen 2018

Yoi mas bro, setidaknya ada beberapa pertanyaan muncul dari insiden ini. Kalau salah satunya jatuh bakal seperti apa kondisi pemberitaan? Lalu apa sebenarnya fungsi box yang disruduk itu, kok ya aman-aman saja? Lalu kenapa Rossi tidak dihukum? Bagaimana Kronologisnya? Aihihih, dan masih ada beberapa eprtanyaan lin terkaithal ini.

  1. Kronologis Rossi Sruduk Lorenzo di Race MotoGP Assen 2018

Yup,  insiden ini memang cukup unik lantaran seharusnya tidak terjadi di arena balap profesional macamMotoGp. Dulu tepatnya tahn Iannone pernah nyundul Marquez. Hanyasaja Ian crash, adapun kali ini Rossi tidak crash,jadibeda ujung perkarayha.

Sundulan ini tepatnya terjadi di area dimana motor seharusnya dipacu habis, berakselerasi maksimal, yaitu di area selepas tikungan cepat. Jadi bukan di saat masuk tikungan, atau mau keluar tikungan. Tapi setelah keluar tikungan, ketika motor seharusnya ngegas poll.

Kenapa bisa terjadi sundulan? Ya, ktika itu motor Lorenzo tidak barakselerasi secara normal, mungkin juga malah mengurangi akselerasi. Lalu kenapa Rossi gak ngerem menghindari sundulan? Ya di dunia profesional, kapan mengerem dan ngegas, sudah pada hafal di luar kepala, dan saling percaya, mereka berirama sesuai racing line sirkuit. Jadi aksi saling balap adalah saat masuk dan keluar tikungan. Jadi ritmenya sudah sama-sama saling tahu.

Nah, makanya saat pembalap sengaja mengurangi kecepatannya di area dimana seharusnya menambah kecepatan, mungkin bisa dikatakan tak beretika. Hanyasaja dalam kasus ini boleh jadi Lorenzo tak sengaja, terpaksa, untuk menghindari high speed crash. Setidaknya inilah yang disampaikan Lorenzo :

“Masih seputar ban Michelin, kami memiliki sedikit lebih banyak grip pada ban belakang daripada bagian depan. Ketika race Le Mans saya kehilangan grip pada bagian depan, dan hal itu terjadi lagi di sini.

Saya hanya masuk sedikit lebih dalam dan saya menyentuh garis putih dan bagian depan tertutup.

Jadi untuk menghindari kecelakaan, saya hampir menabrak, tetapi saya harus mengurangi kecepatan,sementara Valentino tidak mengharapkan kurangnya kecepatan di sudut itu, hal itu mengakibatkan ia menyondul saya dari bagian belakang motor. Hal ini memang sangat menakutkan, dan jika terjadi crash dengan semua pembalap di belakang maka bisa sangat sangat berbahaya. “

Nah, dari sini setidaknya menjawab bahwa bagaiman kronologis kejadiannya, mengapa Rossi tidak dihukum, dan bagaimana jika misalnya salah satunya jatuh.

2. Fungsi Sandwitch box yan disundul Rossi?

Pasca sundulan valentino rossi pada jorge lorenzo di MotoGP Assen 2018, timbul banyak spekulasi terkati fungsiBox ini. Awalnya Sandwitch box pada ekor ducati GP18 tersebut dikabarkan berfungsi sebagai perbaikan COG ( the centre of gravity  ) , tempat part, atau tempat misterius lainnya. Hanyasaja saat Valentino Rossi dengan kecepatan hampir 200 km per jam ( tepatnya 195 km per jam ) nyondolbenda ini dari belakang di sandiwich box, lorenzo tidak terjatuh. Jadi timbul banyak pertanyaan.

Ya, kotak  ini nampaknya selain ngurusi masalah gravitasi, juga berfungsi meredam maupun menyerap benturan semacam ini, sandich box ini nampak masih utuh walau ada keretakan usai disundul Rossi.

 

3 Comments

  1. hohe sedikit hilang grip dan itu bukan tikungan parabolik…jafi speednya 200km/h dgn speed secepat itu sundulan memang tak terelakan..sepersekian detik saja kita sadar yg didepan memelan dia sudah didepan mata…
    imho jika dibelakang bukan rossi sudah berbeda sundulannya…(crash)
    terlihat rossi drop jauh selain karena sundulan juga karena racing linenya berantakan menghindari hit

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.