9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan, Akurat dan Terbaru

Bonsaibiker.com – mas bro, berikut ini adalah 9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan, Akurat dan Terbaru. Bonsaibiker menyempatkan diri untuk melihat pintu-pintu mobil beberapa tipe atau model dari Nissan, kemudian juga tanya langsung ke user mobil nissan terkati tekanan ban ini.

9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan
9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan

Ya, tujuannya supaya mendapatkan data yang akurat dan tidak menyesatkan pembaca mas bro.

9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan

Mas bro sekalian, secara singkat, 9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan nisa kita simak sebagai berikut:

ModelTekanan Ban DepanTekanan Ban Belakang
Nissan Grand Livina30-33 Psi30-35 Psi
Nissan New Livina30-33 Psi30-33 Psi
Nissan Xtrail30-33 Psi30-33 Psi
Mobil Nissan March28-30 Psi28-30 Psi
Nissan Juke36 Psi33 Psi
Nissan Serena30-32 Psi30-32 Psi
Nissan Terrano35-40 Psi35-40 Psi
Nissan Terra35-40 Psi35-40 Psi
Nissan Teana 28–31 Psi 28–31 Psi

Teori Tekanan Ban Mobil Pada Umumnya

Mas bro sekalian, 9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan ini ya sebenarnya merujuk pada type mobil secara umum. Jadi mobil secara umum, berdasarkan typenya bisa diperkirakan atau mempunyai patokan umum stndar tekanan bannya. Yakni terbagi pada beberapa kelompok berikut :

  • Kelompok MPV, yakni meliputi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Wuling Confero, Nissan Livina, dan sebagainya biasanya memiliki tekanan angin antara 30-33 Psi.
  • Kelompok City car, yakni diantaranya Honda Brio, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Ignis, Nissan March, dan lainnya, maka secara umum standar tekanan udara sebesar 29 Psi hingga 32 Psi.
  • Kelompok Sedan, yaitu diantaranya adalah Honda Civic, Toyota Corolla, Vios, Teanna dan sejenisnya, ecara umum memiliki tekanan udara sebesar 28–31 Psi.
  • SUV yaitu golongan mobil berat, seperti Toyota Fortuner, Honda CR-V, Nissan Terrano, Mitsubishi Pajero Sport, dan sebaginya, memiliki standar tekanan angin sebesar 35–40 Psi.

Daftar Tekanan Ban Mobil Nissan

Nah mas bro, gambaran di atas terkait 9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan ini adalah data dalam kondisi pada umumnya, nah, dilapangan, kadang orang bawa penumpang lebih sedikit-lebih banyak, dimodif pelknya, dan sebagainya, maka kadang akan ada sedikit perubahan. Nah, gamblanganya sebagai berikut:

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Grand Livina

Secara teori Nissan Grand Livina yang ban standarnya berukuran 185/65 R15 88H. Mobil ini masuk MPV. Di kelasi ini, mobil ini rata-rata menggunakan tekanan ban 30-33 Psi baik depan atau belakang. Nah kalau diisi banyak penumpangn maka tekanan yang direkomendasikan oleh Agen Tunggal Pemegang Merek ( ATPM ) Nissan adalah 35 Psi untuk roda belakang dan 33 Psi untuk depan. Simak yang ada patokan yang ada di pintu LivinaX gear berikut !

tekanan-ban-Grand-Livina
tekanan-ban-Grand-Livina

Mas bro, di isni kita juga bisa melihat kode load index (indeks beban) dari ban tersebut, kemudian cocokkan dengan tabel load index. Nah untuk ban standar Grand Livina, load index-nya adalah 88. Kode 88 menandakan ban yang bersangkutan mampu menopang beban hingga 560 kg jika diisi dengan tekanan 35 psi.

Tekanan Angin Ban Nissan New Livina

Nissan New Livina adalah kategori MPV maka standar tekanan angin bannya adalah 30-33 Psi. Kalau hanya diisi 1 atau 2 orang ya cukup dengan 30 Psi aja mas bro, baik yang depan atau belakang. Nah untuk muatan penuh orang dan bawa barang, maka direkomendasikan tekanan angin ban belakang adalah 38 Psi, sementara yang depan cukup 30-33 PSi saja mas bro. Ini untuk menjaga keseimbangan mobil mas bro,dimana beban tertumpu pada roda belakang.

Tekanan-ban-Nissan-New-Livina
Tekanan-ban-Nissan-New-Livina

Nah seperti gambar di atas ini adalah pedoman tekanan ban Nwe Livina atau Xpander. (Dua mobil ini kan sama speknya mas bro, aihihih).

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Xtrail

Secara umum, tekanan ban paling ideal untuk mobil menengah seperti Nissan Xtrail berkisar 30 hingga 33 PSI. X-trail ini oleh Nissan dimasukkan ke dalam mobil berpenumpang sedikit dengan bobot agak ringan. Walau SUV tapi di web Nissan, mobil ini tidak dikategorikan seperti Terra atau Terranao. Maka tekanan ban idealnya adalah di kisaran 30-33 Psi. Beberapa malah membatasinya hanya sampai 32 Psi baik yang depan maupun yang belakang.

Mobil ini malah tekanan bannya bisa dibilang di bawah New Livina, karena memang penumpang yang dibawa rrelatif sedikit mas bro.

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan March

Nissan March bisa dibilang City Car. Maka secara umum tekanan bannya adalah di kisaran 28-30 Psi. Ukuran ring ( velg ) Nissan March yang masuk ke Indonesia adalah ring 15. Nah mas bro, bila Nissan March diisi normal 1-2 penumpang, maka tekanan ban depan dan belakang rata 28-30 psi. Ketika diisi 5 orang, maka ban belakang di isi dengan tekanan yang lebih besar. Ada yang merkeomendasikan sampai 35 PSI, atau bahkan 40 psi, tujuannya agar distrubusi bobot menjadi optimal.

Jadi gini mas bro, kalau Nissan March diisi 3 orang pada bagian kursi belakang, mobil kelihatan nungging kebelakang. Maka dari itu, tekanan angin ban belakang diisi dengan tekanan 40 Psi, bahkan ada yang bilang sampai 44 Psi.

Ada pendapat lain mas bro, bahwa bila menginginkan steer menjadi enteng (ringan diputar), maka ban depan bisa diisi dengan tekanan 40 Psi dan ban belakang 32 Psi. Tapi ya penumpangnya yang belakang jangan sampai 3 orang. Tapi efeknya adalah distribusi beban menjadi tidak rata dan sulit untuk bermanuver.

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Juke

Tekanan angin ban Nissan Juke ini bisa dibilang unik. Mobilini mungkin merupakan city car, tapi modelnya kaya SUV, bannya gede. Nah maka dari itu tekanan bannya rada beda dengan yang lain. Tekanan angin ban ideal Juke yaitu 36 Psi untuk ban depan dan 33 Psi untuk ban belakang.

Beberapa pemilik Nissan Juke ini menuturkan bahwa tekanan 38 Psi untuk ban depan adalah agar mobil kelihatan lebih tinggi namun bantingannya menjadi keras. Sedangkan ada yang menggunakan tekanan 33 Psi untuk depan dan belakang dan bantingan mobil tidak terasa terlalu keras.

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Serena

Nissan Serena adalah masuk dalam kategori mobil jenis MPV ( Multi Purpose Vehicle ) yang memiliki bentuk kabin lega. Nah secara umum, tekanan angin ban ideal adalah 30-33 Psi baik depan maupun belakang. Nissan Serena sendiri idelanya adalah menggunakan tekanan angin ban di angka 32 Psi untuk ban depan dan belakang.

Berdasarkan pengetesan, Nissan serena yang memiliki tenaga mesin 147 dk dengan transmisi otomatis CVT tersebut mampu meraih angka 11,8 detik untuk berakselerasi dari diam ke 100 km/jam. Ini kondisi idealnya mas bro.

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Terrano

Nissan Terrano masuk dalam kategori mobil SUV ( Sport Utility Vehicle ). Mobil jenis mobil ini memang banyak digunakan untuk medan – medan berat seperti off road. Secara umum memang tekanan angin ban yang direkomendasikan adalah di angka 35-40 PSI baik depan atau belakang.

Dalam kondisi penumpang sedikit tekanan angin ban Nissan Terrano yang diisi dengan angin biasa, tekanannya pada kisaran 32 Psi sampai 34 Psi untuk semua ban. Kalau diisi Nitrogen, tekanan yang direkomendasikan yaitu pada kisaran 36 Psi sampai 37 Psi.

Nah, kalau penumpang banyak ya itu bisa diisi sampai pada 40 Psi.

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Terra

Nissan Terra ini masuk juga dalam kategori mobil SUV ( Sport Utility Vehicle ) seperti Terrano. Ya, pastinya memang banyak digunakan untuk medan – medan berat seperti off road. Secara umum memang tekanan angin ban yang direkomendasikan untuk Terra adalah di angka 35-40 PSI baik depan atau belakang.

Dalam kondisi penumpang sedikit tekanan angin ban Nissan Terra yang diisi dengan angin biasa, tekanannya pada kisaran 32 Psi sampai 34 Psi untuk semua ban. Kalau diisi Nitrogen, tekanan yang direkomendasikan yaitu pada kisaran 36 Psi sampai 37 Psi.

Nah, ketika bonsaibiker nyobain Nissan Terra ini, lalu juga berkonsultasi dengan user Nissan Terra ini, memang mobil nyaman menggunakan tekanan ban di angka 35 Psi baik depan maupun belakang. Nah, kalau penumpang banyak ya itu bisa diisi sampai pada 40 Psi.

Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Teana

Mas bro, Teana adalah kateogri mobil Sedan. Nah, Tekanan Angin Ban Mobil Nissan Teana yang secara umum dipake adalah di angka 28–31 Psi. Mas bro, Teana bisa dikategorikan sedang bogsor ya, dimensinya gede, boleh jadi beratnyapun banyak.

Ini gak asbak alias asal nebak lho mas bro. Jadi Teanan ini Curb Weightnya adalah di angka 1510 kg. Nah kan mayan berat, bandingkan dengan Toyota Altis 2015 yang Curb Weightnya adalah di angka 1250 kg saja. Maka Wajar saja misal mobil ini diberi tekanan ban yang lebih daripada Altis.

Jadi boleh jadi kita ngasih tekanan ban di angka 31 atau 32 Psi baik depan atau belakang untuk Nissan Teana ini.

Yup mas bro, demikian tadi artikel terkait 9 Data Tekanan Ban Mobil Nissan, insyaallah data ini Akurat dan Terbaru.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: