Teknik Menanam Bonsai | Bonsaibiker

Teknik Menanam Bonsai

Teknik menanam bonsai hampir sama dengan teknik menanam tanaman hias lainnya, yaitu membutuhkan tanah pupuk, pot dan penyiraman yang bagus. Tempat yang mendapat cukup penyinaran matahari, mutlak diperlukan untuk mendukung pertumbuhan bonsai.Pohon Asem

Bonsai ini bibitnya bisa diambil baik langsung dari alam,  menanam dari biji, maupun dengan membeli bakal bonsai setengah jadi yang harganya relatif terjangkau. Menanam bonsai setengah jadi relatif lebih mudah dan lebih cepat daripada menanam bonsai dari alam atau menanam dari biji.. Namun tentunya butuh sedikit modal intuk membelinya. Sementara menanam bonsai dari biji membutuhkan waktu yang lama karena menunggu tanaman besar dulu baru bisa dibentuk. Yang paling ekonomis adalah menanam bonsai dengan bahan bonsai mengambil dari alam.

Untuk bonsai yang diambil langsung dari alam pertama teknik mengambilnya harus sangat berhati-hati, usahakan ada akar yang ikut terbawa untuk mempercepat pertumbuhan semai. Kalau relatif sedikit akar maka bagian batang akar yang terpotong harus di beri enzim penyubur yang bisa di dapat di toko tanaman untuk menghindari kematian bonsai. Semua daun hendalnya dipotong untuk mengurangu penguapan berlebihan. Sebelum menanam kita harus mendesain dulu model bonsai yang kita inginkan, kita potong bagian-bagian batang yang kita anggap tidak perlu. Setelah semua siap (pot, tanah, bakal bonsai yang telah diberi enzim, dan pupuk) maka bonsai siap ditanam seperti teknik bertanam tanaman biasa. Maka stelah 3 hari biasanya bonsai akan menunjukkan tanda semai baru yang berarti sudah mulai ada tanda kehidupan. Selanjutnya bonsai siap di bentuk, selamat mencoba.

%d bloggers like this: