Tetap Butuh Motor Sempurna Untuk Sirkuit Sachsenring | Bonsaibiker

Tetap Butuh Motor Sempurna Untuk Sirkuit Sachsenring

gp-sachsenring

gp-sachsenringsachsenring

Jelang MotoGP Jerman (17/7) nanti, ternyata salah satu hal yang harus diperhatikan para pembalap yaitu Sirkuit Sachsenring itu sendiri nih mas bro. Karena Sirkuit Sachsenring di Jerman merupakan sirkuit dengan jalur terpendek di ajang balap MotoGP, yaitu hanya memiliki jarak 3.671 meter. Namun, Sachsenring adalah sirkuit dengan karakter yang membutuhkan motor sempurna. Relief naik turun dan beberapa tikungan blind spot, membuat pembalap dan motornya harus tampil sempurna.

Didominasi dengan tikungan ke kiri, sirkuit ini tentunya membutuhkan kompon ban yang berbeda. Setidaknya Bridgestone harus menurunkan ban asimetris mereka untuk sirkuit Sachsenring. Namun yang paling penting adalah kualitas kompon ban tidak seburuk yang dialami oleh pembalap MotoGP beberapa seri lalu.

Menurut Casey Stoner, sirkuit ini membutuhkan performa motor yang sempurna. Berati tidak hanya mengandalkan kecepatan saja, namun juga harus memiliki presisi yang bagus. Tentunya ini tantangan tersendiri bagi tim Honda, pasalnya motor Yamaha masih terkenal dengan motor yang presisi kendati belum sekencang motor Honda.

“Balapan di Sachsenring membutuhkan setting motor yang berbeda ketimbang seri-seri lainnya. Walaupun sirkuitnya pendek, namun sirkuit ini menguras tenaga yang besar. Rata-rata tikungan ke kiri dan panjang. Jadi rasanya ban juga memegang peranan penting,” ujar Stoner.

Selain kesempurnaan motor, skill para pembalap pasti juga menentukan untuk bisa menaklukkan sirkuit ini. Hmm, kita lihat saja nanti…!

Advertisements
%d bloggers like this: