Mobil Baru Kadang Tak Lebih dari Nampang Model Doang! Mending Seken Gaan!

Judul ini boleh jadi hanya gumaman orang tak berduit atau yang kantongnya pas-pasan. Ya apa daya beli mobil baru harganya selangit. Padahal mobil baru itu keren, model baru lebih fresh, katanya ada fitur baru, lebih sfaety, tak harus takut mogok, minim perawatan, dan seribusatu rayuan lain yang tak jarang memang membuat kita terpana, terpikat dan terhipnotis dengan rayuan ini, lantas membeli mobil baru. Gimanasih sebenarnya?

katana
katana

Sebuah kenyataan yang harus kita ketahui, kalau kita melihat motor taruhlah Mesin Astrea Prima yang bisa menjadi Grand, legnda, dan Supra, itu dikatakan semprul karena satu mesin diapkek rame-rame dengan baju berbeda. Di sisi lain Tiger yang sejak 93 hingga kini juga ada yang bilang semprul karena gak ganti-ganti mesin dan hanya ganti baju doang.

Nah dalam masalah mobil ini ternyata lebih semprul lagi. Lihatlah Jimny katana, Carry, Carry mobil box, Futura, APV ternyata mesinnya jas bukak iket blangkon, sama jugak sami mawon, ada beerapa model memang sedikit beda antara Carry futura dan Carry 1.0 tapi ya itu sebasis, tahukan sejak kapan nih mobil ngaspal, sejak 80-an, hehehe lebih semprul dari motor kan!!!! Demikian juga dengan merek lain macem Kijang mulai kotak ampek kampsul mesinnya sami mawon, hanya beda dikit, modelnya aja terlihat fresh, new dan katanya nambah fitur.

Nah begitulah seperti alinea pertama diatas yang membuat kita terperdaya dengan mobil baru! Ya itu tadi rasa gengsi, terpropokasi model, nggak mau ribet sering ke bengkel, dan sebagainya. Padahal ada alternatif selain itu semua, belum lagi mobil baru pajaknya muahal gan, sebuah Xenia baru sekarang pajaknya sekitar 2 jutaan,bandingkan dengan espas yang cuman 500-an padahal mobil ini satu kelas.Ya kalau sampean mau dijajah produsen dan ego monggo saja turuti!

Sebuah pengalaman dan analogi, misalnya agan sekalian beli mobil Jimny katana yang mesinnya mirip punya APV/Cerry tu gan karena masih satu gen kata bengkel. Yang udah jelek deh seharga 15 juta, lalu Mesin semua turun atas bawah belah, yang jelek ganti semua, kmudian body dicat ulang, yang kropos dilas lalu jadilah sepserti baru gressss. Kalau kurang empuk pernya yang daun ganti per keong. Lau dana yang di itung: Beli 15 jeti, Cat dan las 3,5 jeti, Biaya turun mesin sampek joss yakni dibawah 10 juta kalau mau fariasi komplit siapin 10 juta lagi, yakni dengan 38,5 juta anda sudah punya mobil siap pakai layaknya mobil baru, empuk bergaya juga gan, pajak cuman 400 rebu!!!!!!!! Dengan syarta anda tidak tergoda model baru kayak kata om Arantan Di warungya.

Heheheh hanya sebuah share gan, harusnya sih judulnya “Plus Minus Mobil Baru dan Second” . Lalu kenapa James Bons ngga ngajak beli mobil baru, sorry la yau kan James Bons bukan sales, hehehe ada tugasnya sendiri to, lha kok judulnya begini, berarti Jmes Bons slaes Rondo? KEkekekk wong dua-duanya juga bukan, jelas-jelas James BOns sales BOnsai!!! Yang paling jelas James BOns lum mampu beli boil baru wakakakakak, Yang gak setuju monggo saja!

Advertisements
Advertisements

42 Comments

  1. klo ane kmrn keputusan ambil splash krn mmg cari mobil mungil hacthback, mau cari rondo adanya jazz ama yaris sedangkan harga ny sami mawon ama splash baru/spark baru/march baru…setelah mempertimbangkan banyak hal (terutama ground clearance) ternyata splash pilihan tepat…sekali coba tarikan juga manteb mesin-nya (search di web kata ny jenis mesin baru) dibandingkan ama tarikan jazz lama masih manteb splash…sekian review knp ane milih boil baru ketimbang rondo…
    *tpi ane juga punya escudo 2.0 dapat rondo (kebetulan bengkel langganan yg menawarkan, coz tu boss sekaligus yg punya bengkel hapal betul tuh escudo 2.0 punya pelanggan dia, dalaman ny mulus lom pernah tabrakan dll)

  2. patut dipertimbangkan.. jika beli mobil rondo; pasti ada beberapa parts yg udah habis usia pakainya. kalo cuma ban, okelah.. gak begitu mahal (paling2 sebiji 800rb) tapi bayangkan misalnya kudu ganti kampas kopling berikut mataharinya.. wew! bisa lebih dari 3 jeti. malahan kemaren sempet liat di bengkel langganan saya, ada Honda Odissey tahun 2002? yg kudu ganti transmisi glondongan.. :mrgreen: selidik punya selidik harganya segelondong transmisi itu 45 jeti bro! set dah.. seharga mobil seken.

    nah, kalo beli baru, peluang jajan spare parts kan 0%. jadi 3 tahun pertama pemakaian gak ada penggantian parts. paling2 cuma ganti oli, filter..
    demikian.. pak james. 🙂

  3. Ngecat gebyur memang bisa 3-5 juta , tapi kalo mengelupaskan cat lama ( ngerok total ) lalu dicat bisa diatas 6 juta – 15 juta tergantung cat dan vernish nya + ngelas bagian kropos

  4. ooops sorry beli gres lebih baik dimataku, apa tahu kerusakan yang pernah dialami oleh mobil seken?? apa yang membuat kita yakin mobil seken bagus???? g ada…
    hahahaha….
    hanya pengen murah iya, biasanya gitu

  5. walah…judulmu salah dul….car not bought but built!!!….filosofi speed freak tentunya…misal punya duit 100juta…nah yang 60juta buat beli corolla twin cam GTi..(silver top)…nah yang 20juta buat rehab mesin…yang penting2 kayak piston, klep, cam, tortle body diganti TRD…yang 10juta buat ngecat…yang 10juta buat belanja kaki2….dijamin mobilnya mak nyoss…..
    ato mau ikut mendanai starletku jadi versi Si dengan mesin turbo 4ef-te??? duitmu tak tunggu mbah….jadi donor half-cut juga boleh…gak nolak wis

  6. Alasan pake mobil bekas;
    1. Dana cekak
    2. Mobil hobi
    3. Makelar-an

    Ane termasuk yg no 3
    Jujur aja, ente termasuk yg no berapa??

    • secara harga LGX 1,8 2004 dan avanza rondo 2008 masih mahalan LGX gan, tapi soal prt jelas kuatan lgx gan namun ya itu lgx agak boros, smentar aapangza irit dan modis.setabilan tetep lgx poenya,,meonggo plih selera!

  7. Sebuah filosofi menyatakan membeli mobil baru tidak hanya kenyamanan yang didapat, tapi lebih dari itu ada sebuah kebanggaan terselubung yang tidak bisa dinominalkan dengan rupiah 😀

  8. Mas bond, klo saya pengeeeeeen banget beli mobil bekas BMW 318i thn 2001/2002, menurut mas bond worth it ga? soalnya pengen banget pake mobil eropa. berhubung kismin alias miskin, ya jelas harus beli mobil seken… drpd beli mobil2 baru yg sekarang harganya muaaaahal banget, mending beli mobil rondo alias seken eropa. kira2 apakah habis byk ga ya buat perbaiki sana-sini? ada saran ga mas bond? saya suka dgn mas bond ini, soalnya ramah dan ketawa-ketiwi wae, walaupun org lain pada menghina si mas.. piss to you mas bro. keep the spirit, and thanks for all the review.

  9. Assalamualaikum… Wr Wb.. Pak Bons, saya suka sekali dengan artikel yg anda sampaikan. Mbacanya sampe bolak balik saking bingungnya mau pilih RONDO/ MOBKAS alias HOMOSEK atau mobil baru.
    Mau tanya and bingung milih rondo opel blazel LT atau nunggu ayla/agya tp kredit?…
    Skrg baru ada anggaran 45jt, apakah Pak Bons bisa kasih gambaran kredit ayla/agya?…
    Trus kira2 klo mau kopdar dengan Pak Bons hari apa dan dimana?
    Mau nimba ilmu Homosek sama Master Bons.
    Trimakasih.
    Wassalam…

    Salam sesama HOMOSEK alias Hoby Mobil seken.

    • sya pribadi gak hobi kredit gan, sungguh mencekik,sampean tingal dimana mas bro? SEbulan kemarin sya di magetan, hari2 ini sayadi Cirebon, kalau sesmpat mampir,monggo ke IAIN syekh nurjati Cirebon, nanti bisa kita keteme

  10. beli mobil baru atau bekas, masing2 ada pro & kontranya. tp bwt saya, daripada beli mobil baru tp kredit, lebih baik beli mobil bekas secara tunai, ga suka hidup dibayang2i oleh setan kridit -terutama utk hal yg sifatnya luxury/konsumtif spt mobil ini.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin