Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

Pengalaman Mutasi Kendaraan dari Jakarta ke Surabaya oleh Bro “Tokobateraiku” 8 Mei 2012

Posted by Bonsai Biker in Portal Otomotif.
Tags: , , , , , ,
trackback

Sebuah pengalaman pribadi tentang mutasi kendaraan dari Jakarta ke Surabaya oleh bro “Tokobateraiku”, monggo disimak!
1…….. Daftar
Hari ini ane proses daftar mutasi masuk RanMor R2 dari Jkt ke Sby Gan. Pengurusan cabut berkas ane pake jasa Gan, coz ane ga ada waktu mondar mandir sby-jkt. biaya jasa 600rb sudah all in. Setelah dapat berkas yg dicabut dari jkt, langsung ane menuju samsat manyar saby utk cek fisik. dibutuhkan waktu kurang lebih(kurleb) 15menit lihat sikon antrian(ane lg pas sepi). Bayar form check fisik 15rb ke loket tanpa kuitansi, kemudian ke personel yg bagian gesek nomor rangka dan mesin, sbg uang jasa sukarela ane kasih 5rb.

Kemudian bawa berkas ke polda jatim bag satlantas. masuk gedung ruang sebelah kanan utk STNK sebelah kiri untuk BPKB. Croscheck stnk kendaraan mutasi antar provinsi di bagian ujung/pojok. kasihkan berkas semua dalam map, nanti dikasih tanda terima pengambilan berkas. butuh waktu kurleb 1 jam. setelah waktu pengambilan serahkan tanda terima berkas utk ambil hasil croscheck biaya 30rb tanpa kuitansi, foto copy berkas crosscheck, ktp dan pengantar dari polda metrojaya 1lembar. Kemudian menuju ke bagian pendaftaran BPKB mutasi, lokasi paling ujung deket pengaduan. serahkan semua berkas awal dan copy-an tadi ke petugas/kalau banyak antrian silakan ditumpuk paling bawah. nunggu proses kurleb 1/2jam (tgt antrian).

Setelah antri dipanggil untuk bayar BPKB sebesar 80.000 ke loket BRI (deket pintu masuk),setelah bayar serahkan bukti pembayaran ke petugas tadi, tungu beberapa saat untuk dibuatkan tanda terima dan jadwal pengambilan berkas. Ane masukan tgl 25 april dapat jadwal pengambilan tanggal 5 mei 2012. ok sampai sini dulu pengalaman saya ketemu lagi setelah tanggal 5 mei ya.

2……… Pengambilan Hasil   
Hallo mas Bro semua,
Seperti apa yang ane janjiin utk nerusin nulis pengalaman urus mutasi masuk kendaraan dari Jakarta ke Surabaya. Hari ini tanggal 7 mei 2012 ane ambil berkas yang udah ane masukin ke Polda Jatim, biar ga antri banyak pagi2 ane udah nyanggong ke kantor polda bag lantas. proses butuh waktu skitar 15menit karena antrian baru dikit.

Taruh aja bukti tanda terima berkas yg dikasih ke kita jangan lupa sertakan KTP. setelah berkas disiapkan nanti kita dipanggil Gan, sama petugas disuruh isi buku bahwa kita udah ambil tuh berkas2 yang selanjutnya kita bawa ke samsat wilayah masing2 dimana alamat/domisili kita Gan. disini tidak ada pungutan sama sekali kec bayar parkir aja :)

Jam 9.00 langsung ane meluncur ke samsat manyar, masih banyak juga calo yang kliaran nih nawarin jasa calo. ane lewatin aja tuh calo, langsung menuju loket 1 (depan) serahkan aja berkas yg kita ambil dari polda tadi, kemudian di cek sama petugas dan dikembalikan lagi ke kita sama dikasih form isian Gan (isi dulu) trus disarankan ke loket 21 (bag. mutasi masuk) disini dicek lagi ditanya diurus sendiri/kuasa? ane urus ndiri suruh minta pengesahan (ttd n stempel) kasubsi (ruangna tanya aja lt. 2) udah dapat pengesahan balik lagi ke loket 21. disuruh nunggu antrian untuk bayar pajak motor (ane 176rb) udah bayar diloket 23~24, suruh tunggu lagi dipanggil ke loket 27 bayar STNk 50rb dan plat nomer 30rb. sudah bayar, nunggu lagi dipanggil di loket 28 untuk pengambilan no STNK dan plat nomer. nah disini anehnya ada yg plat nomer udah jadi tapi no STNK masih nunggu, kalau ane kebalikan no STNK udah jadi tapi plat nomer masih nunggu lumayan lama 1 jam fiuhh… akhirna selesai sudah penantian jam 11.00 beres urusan semua.

Gitu Gan kurang lebih proses yang ane alamin untuk pengurusan mutasi motor R2 dari Jakarta ke Surabaya Rincian biaya yang keluar :

  1.   Biaya cabut berkas di Jakarta. Daripade ane mondar mandir Jkt~Sby pp, ane pakai jasa Gan utk pengurusan cabut berkas di jkt, total biaya all in 600.000 (kalau di urus sendiri saya kira ga sampe segitu Gan)
  2.  Biaya mutasi masuk Sby

    – form check fisik 15.000 (biaya siluman or tanpa kwitansi)
– jasa esek 5.000 (seikhlasnya aja Gan)
– cross check STNK di POLDA JATIM 30.000 (biaya siluman or tanpa kwitansi)
– Bayar BPKB R2 di POLDA JATIM 80.000 (via BRI ada kwitansi)
– Pajak Motor di SAMSAT MANYAR 176.000 (resmi ada kwitansi)
– Bayar STNK di SAMSAT MANYAR 50.000, bayar Plat Nomer 30.000 (resmi ada kwitansi)
– lain2 (foto copy n parkir) 4.000
Total biaya di Sby 390.000
Demikian info dari ane semoga bermanfaat ya Gan. Mohon ijin Mr. Bon… ane nitip info lapak = http://www.kassa9.com/stores/ups_batrekalau ada Agan2 perlu UPS untuk Computer ada baru, used, service juga baterai UPS bisa ane bantu, silakan hub : YM = ups_batre@yahoo.com

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. ipanase - 8 Mei 2012

sip lah
. jangan berniat membuatku jatuh cinta jika kau tak berniat mencintaiku

2. Maskur - 8 Mei 2012

Iki motor to?
Yen mobil pira pakdhe?

3. Bonsai Biker - 8 Mei 2012

itung pajaknya aja om, kalau biaya cabutberkas mirip

4. agathacorp's - 8 Mei 2012

Siiiipppp.

5. Yoshi - 8 Mei 2012

Nah, ini sangat bermanfaat.
Siapa tahu nanti mutasi motor, bisa buat contekan :)

6. kudalumping - 8 Mei 2012

waw. Ane juga mau mutasi.
BTW, mahal amir cabud berkasnya :o

Bonsai Biker - 8 Mei 2012

dol ae wis

kudalumping - 8 Mei 2012

huhu. Kejamb :cry:

Bonsai Biker - 8 Mei 2012

praktis, hhahahaha

kudalumping - 8 Mei 2012

akoe masi suayang si Kebo ]p

7. grandvblog - 8 Mei 2012

Pengalamanku, di jkt bayar 600rb (sama, padahal saya lsg njujug ke kantor samsat jkt, bukan bayar di surabaya), di daerah tujuan (yg ngurus saudara) msh bayar 700rb (yg tercatat di stnk cuma 390)… Urusan ama pemerintah dll emang mesti siapin banyak biaya siluman… hggghhh…

Bonsai Biker - 8 Mei 2012

wah ngeri gan, kemarin sya cabut berkas Mobil BMW 318 hanya bayar 300 gan, nah selesainya 1 bulan, kalau selesai 2 minggu petugasnya inta 600 rebu, lalu kalu mau wara-wiri sendiri cuman abis 250-aan gan

8. munglulusanplaygroup - 8 Mei 2012

birokrasi yang panjang dan berliku koyo lagune Beatles
Sangat bermanfaat nuwun om

Bonsai Biker - 8 Mei 2012

yup

9. ulil ajwad - 22 Mei 2012

mas trtarik ni harga bkas bmw,318.
Klo kndisi msi bgs ksaran brapa gan?

10. chandra - 1 Juni 2012

gan,boleh tau ga pakai jasa siapa yg urus mutasi dari jkt ke sby tuh yg hbs 600rb? sy ada di sby,minat ambil kendaraan di jkt soalnya.trims

11. Heru - 11 Juli 2012

Agan agan sekalian mohon masukan’y doooong ,ane mau sdikit curhat nih

bantu ane doong
ane udah cabut berkas di Jakarta (ga pake calo) ..
ane mau tanya , saat cabut berkas itu kita bayar pajak juga ga c ?? motor ane surat’y abis 06-12 ..
maksudnya klw bayar pajaknya pas ane cabut berkas di Jakarta atau pas di Bekasi nanti yaa ?? atau jangan” Jakarta Bekasi juga bayar .

untuk saat ini itu dl deh
mohon bantuan’y yaa

12. bowo - 12 Juli 2012

saya udah cabut berkas di Jakarta melalui biro jasa. sekarang semua berkas sudah ditangan saya. nah langsung dibawa ke samsat Malang atau mesti cek berkas dulu di polda sby?

ARI - 2 Desember 2013

mas bowo, cabut berkas d jkt abis brapa?
ane jg mau cbt brkas trus ganti plat N..

13. abu - 1 Agustus 2012

cek ruwete… kalo mutasi antar kota dalam 1 propinsi apa juga begitu ngurusnya ??

14. Idiez - 28 September 2012

wah mantap Pak D,
Mantap begitu ruwetnya birokrasi negara benang kusut.

kalo pengen tau pelayan yg g’ tau malu yaitu itu Pak D, PELAYAN MASYARAKAT (merepotkan tuanya) g’ nyadar dari mana mereka dpt makan.

tapi salut buat Pak D “telaten” (mudah2n usaha lancar slalu Pak D).

15. sayasesy - 6 Oktober 2012

hi bro… saya mau tanyak. kalau boleh tau di jakarta urusnya pake birojasa apa ya? dan apa gue hrs ke jkt ke kantor birojasanya langsung ya?
soalnya gue juga mau mutasi dr jkt barat ke sby pusat. berhubung gue tinggal di sby dan jarang skl ke jkt jd gk tau hrs gmna urus mutasinya. dan juga ribet kalau urus sendiri, capek, panas, macet… thank u ya sblmnya…

16. dedy - 7 Oktober 2012

jasa mutasi dimana gan kalau di sby ,tks

17. dedy - 7 Oktober 2012

balas yo

18. realidhed - 9 Januari 2013

Luar biasa yah birokrasi dalam 1 atap di negara kita :-D
Jadi sebenarnya kita tuh dipekerjakan sebagai kacung/office boy untuk menjalankan prosedur administrasi mereka sendiri itu. Kirim dokumen kesini, ambil formulir disitu, kasih ke lantai 2, minta tandatangan bapak itu, ke loket ibu ini… persis kerjaan OB dikantor saya .
Dan dengan demikian, terciptalah peluang2 untuk mengutip ‘biaya siluman’ di tiap2 loket itu.
Kebayang khan seperti kita nyuruh OB minta tandatangan kolega kita di departemen lain, trus kolega tersebut menarik biaya Rp.10.000 yg harus ditanggung sendiri oleh sang OB, sementara kita gak mau tau, yang penting kerjaan beress. Padahal seharusnya kita sendiri ngerjain hal tersebut.

Menurut saya sih ini bukan bentuk pelayanan yang layak untuk kita sebagai pembayar pajak.. hehe..

Maaf ya bro2 sekalian kok saya jadi curhat gak jelas gini..

Btw nice good info dari TokoBateraiku & Bro Bonsai,, sy juga mau cabut berkas di Jkt nih. Wish me luck bro !

19. Anza - 5 April 2013

Nice info…..
trims….

20. Harley - 24 Juni 2013

saya ada kasus nih, motor bandung plat D , motor dibandung nih, sudah cabut berkas di samsat bandung, skrng dockument saya kirim ke surabaya, sampai sana mereka minta cek barang dan cek ke polda dll, harus kirim motor dari bandung ke sby..apakah begitu?

Nb KTP saya KTP surabaya. jadi tidak bisa urus stnk di bandung.. GMn nih gan?

disurabaya kata samsat surabaya ttp ada biaya lagi 500rb, kal pakai calo 1,5jt, padahal samsat bandung bilang biaya ambil stnk dll paling cmn 100rb katanya..

mohon info dan masukkannya.

Trims


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.055 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: