Apa Kata Forum Malaysia Tentang Mobil Esemka : Esemka VS Proton..Langit dan bumi..maaf!

Membaca judul dari forum Malaysia jelas bikin geregetan, namun melihat fakta yang ada jelas kita mawas diri. Namun satu hal yang musti dluruskan, bahwa Proton kabarnya nyomot mesin Mitsubishi sedangkan Esemka murni dirakit dari awal meski memang beberapa partnya diambil dariberbagai mobil seperti gardan yang jelas belum bisa dibuat. Sementara membandingkan bila mau fair ya Proton vs Timor yang jelas Timor mengambil mesin Korea secara utuh layaknya Proton,baru imbang.

emisiesemkain2 (1)
emisiesemkain2 (1)


Bagaimana mereka berkata? Sebagian ada yang sopan, dan sebagian ada yang ngenyek, justru sebagian lagi ada yangbilang Proton Jelek. Berikut ini beberapa Komentarnya:
1…………………………

Stop SOPA……
Proton Inspira edisi Yes 4G di dalam kotak hitam, model pertama Proton dilengkapi internet berkelajuan tinggi
……………………..Melalui sambungan internet tersebut, sebanyak lima peranti mudah alih boleh disambungkan melalui rangkaian tanpa wayar mikro Yes 4G yang dilengkapkan pada kereta pada satu-satu masa, seterusnya bakal memberikan pengalaman baru internet berkelajuan tinggi kepada pemandu dan penumpang kenderaan di Malaysia.Pada masa depan, pelbagai lagi aplikasi pintar seperti alat kawalan diagnostik kenderaan pada masa sebenar, aplikasi perlindungan keselamatan dan perkhidmatan berasaskan lokasi akan turut ditawarkan, menjadikan pengalaman pemanduan lebih selamat, lebih mudah dan menyeronokkan.

2…………………………

Beginilah…Proton di lancarkan untuk melonjak Malaysia ke negara Industri dan ini benar benar terjadi dimana Malaysia di iktiraf sebagai Negara Industri Baru termasuk China,Thailand dan Philippines.

Indonesia tidak termasuk kerana Indonesia masih tidak lepas dari pengalaman ngeri Krismon 1998 dan terus berhati hati agar uang negara tidak tiris. Pengelaman Malaysia dijadikan contoh kerana Industri otomobil Malaysia masih di tahap infansi! Kerana Pasaran dalaman Malaysia masih terlalu kecil untuk mengangkat Proton berdaya saing secara global.
Kehadiran Esemka memberi angin segar kepada warga Indonesia yg inginkan Indonesia menjadi pengeluar otomobil!!Kenapa tidak?

Kebelakangan ini ekonomi Indonesia menghampiri USD 1 trillion dandi dukong oleh Kelas Menengah atas yg menghampiri 50 juta orang!
Ini bermaknak kelas menengah atas Indonesia sudah melebihi Kelas Menengah Malaysia yg diperkirakan kurang dari 15 juta orang!

Ini memungkinkan Indonesia bergerak ke arah pembuatan otomotif…

Dengan jualan otomobil menghampiri 1 juta unit dan juga jualan Motorsikal melebihi 8 juta unit dimana 10% adalah yg berkapasitas 200cc keatas.. potensi jualan otomotif keangka 2 juta unit mungkin akan terjadi didalam jangka waktu 5 taahun mendatang dan akan mencecah 3 juta unit sebelum tahun 2020.

Jadi potensi Esemka sebagai pengeluar otomobil terlihat sangat cerah.
Tidak salah jika HIPMI atau Hipunan Pengusaha Muda Indonesia mendukung Esemka sebagai pengedar tunggal seluruh Indonesia.

Sebenarnya Indonesia sangat berpotensial menjadi pengeluar Otomotif unggul Asteng!!

3…………………………..

ndon ketinggalan 50 tahun sama malaysia dalam automotif. Sekarang ESEMKA terbukti gagal lagi. Dulu Tawon dan Timor.

Indon, bikin mobil tidak semudah yg kau kira. Sekarang baru kalian tau knp kalian dicuekin sama malaysians dulu ketika esemka diluncurkan. Kerana kami udah tau kemana akhirnya esemka nanti, coz esemka itu dibuat cuma atas nafsu nasionalisme. Bukan atas falsafah, ilmu, teknologi dan kebijakan yg memfokus dan sistematis.

indon, kalian adalah Bangsa Anak Kecil dlm automotif.

4……………………….

si rawing

Proton mobil kacangan dimalay pun dipakai oleh germo malay, bandar judi malay. Belumpun genap setahun mesin proton mangap2 skarat hahahahahahahaha di tanjung priok bnyk lelangan rongsok proton. Gakgakgakga

5…………………..

protoner

Awak cinta proton, tapi esemka lebih cakap.

Sumbernya

http://www.topix.com/forum/world/malaysia/T7QPEGSTAHE1R9M1H/p67

Advertisements
Advertisements

27 Comments

  1. tapi heran juga kereta = mobil lah klo kereta ato bhs bulenya train disebut apa dong ??? halah g nyambung.

    harusnya sih klo mesin g perlu ngerakit sendiri dulu. soalnya belum ada yang mau membiayai untuk beli alat untuk bikin part mesin. klo pakai mesin bubut sama kaya made in china maaf.

  2. “esemka itu dibuat cuma atas nafsu nasionalisme. Bukan atas falsafah, ilmu, teknologi dan kebijakan yg memfokus dan sistematis”

    saya setuju banget sama yang ngomong ini, orang indonesia rindu nasonalisme produk sendiri, sialnya esemka tidak dibuat bendasarkan ‘falsafah, ilmu, teknologi dan kebijakan yg memfokus dan sistematis’
    tetapi yang ada (kemarin) dibesar2kan secara politis.
    (maap2 buat FB jokowi, soalnya itu yang saya lihat)

  3. halah .
    Tapi kalo dibandingin. Emang jauh.jauh.jauh. Lebi baik proton untuk sekarang.
    Ya iyalah. Proton udah industri, esemka belon. Buat kedepannya, who knows πŸ˜•

    Yaa, semoga esemka bukan cuma jadi media semangat nasionalisme buta sesaat, tunggangan pencitraan politik dll. πŸ˜€

    Besar harapan Indonesia akan esemka.
    Yaa.. Semoga bisa jadi awal kebangkitan otomotif nasional yang sebenernya

  4. yo iyolah, ampuh proton, proton wis iso ngepet *(golek duit.., semeka lagi lair.. bayi kencur yo dong yen ngunu kui… yen di bandingne proton laire piye, semeka laire piye, kui lagi adil… yu ura pak de ?

  5. PROTON juga proyek dengan nafsu…………. bedanya proton emang didukung pemerintahnya……… sedangkan SMEA ra digagas karo kamarentah………….

    begini kira kira yang ada dibenak pemerintah:

    maaf kami atas nama pemerintah masih sibuk ngurusin partai kami………… kami harus fokus pada 2014……….. jadi kami tidak ada waktu ngurusin mobil SMEA, jadi mohon dimengerti………….

  6. SAD but it’s TRUE
    kenyataannya seperti itu.andaikan tata nano jadi masuk seharga 30-40jutaan.semakin hancurlah nama mobnas.
    bandingkan nano dan tawon.bagaikan membandingkan hape android dan hape java

  7. Sebenarnya orang indonesia itu jauh lebih kreatif dan canggih, ktimbang negara asia tenggara yg lain, sayangnya kreatif dan kecanggihannya tidak tersalurkan alias liar akhirnya lenyap gitu aja

  8. ttp dukung esemka, moga ni mobil bs bener2 didukung negara..

    Indonesia seharusnya dah menjadi 5 negara raksasa saat ini (Rusia, China, India, US)

  9. Sebenarnya proton sudah mengeluarkan kereta 100% dari segi teknikal dan reka bentuk enjin dan kereta.. Cuma di malaysia masik tidak ada mesin untuk membina blok enjin jd pihak proton menghantar design enjin tersebut ke jepun untuk mereke membuatnya. so dari segi milikan saham proton di lotus. Proton merupakan pemegang saham terbesar di lotus jadi proton merupakan pemilik lotus. Cuma dalam hal ini proton adalah shareholder so proton tidak dapat mengubah apa2 yang ada dilotus termasuk la mengunakan teknologi lotus sepenuhnya. For esmaka ianya masih baru dan bagus untuk rakyat indonesia membangunkanya.. Jd jagn putus asa..

  10. Bilang aja ‘tapi industri pesawat indo lebih maju dari malaysia ‘ … oh iya , malaysia juga udah pakai kereta produksi inka . Kereta sama pesawat lebih canggih dari mobil

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin