Suzuki Nex Versi Injeksi Yang Meluncur Pekan Depan Setidaknya Menjadi Gebrakan Atas Kebuntuan Suzuki

Lama sudah kabar dari Suzuki nyaris tak terdengar, sementra  brand lain rame menjadi perbincangan baik Honda tralis, new V-ixion, maupu Pulsar 200 NS. Beberapa hari lalu memang suzuki sedikit mencuri perhatian, namun hanya dengan face lift Satria FU, sementara rumor GW 250 timbul tenggelam informasinya dintara trio kwek-kwek yakni Tralis new V-ixion dan P 200 NS. Nah kini Suzuki menggebrak dengan mengeluarkan Nex injeksi setelah Nex versi karburator sukses membuat rekor irit bahan bakar.

 

suzukinexdetikotoin2
suzukinexdetikotoin2

Ngutip langsung dari Detik Oto rencananya PT. Suzuki Indomobil Sales siap memperkenalkan produk baru tersebut di akhir pekan depan (9-10 Juni 2012) di Bandung dan Bekasi. Dengan versi injeksi, motor ini dipercaya akan semakin irit. Versi karburatornya saja berhasil meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk skutik teririt setelah berhasil mencatatkan efisiensi sebesar 79,6 km/liter.Angka itu lalu patah ketika motor ini dites bersama-sama wartawan yang awal tahun ini berhasil menghasilkan efisiensi sebesar 80,6 km/liter.

Karena itulah, dengan sokongan sistem injeksi, motor yang memiliki konsep teknologi mesin ‘LEaP TECH’ alias Light, Efficient and Powerfull (LEaP) yang merupakan konsep yang digunakan untuk mendesain mesin dan body Nex secara keseluruhan pun diperkirakan mampu lebih irit lagi dari mesin yang menggunakan karburator yang memiliki tenaga 9,4 PS di 8.000 rpm dan torsi 8,7 Nm pada 6.500 rpm. Sebab, diperkirakan versi karburator dan injeksi ini akan memiliki bentuk tubuh yang identik. Begitu pula dengan mesin yang juga diperkirakan akan sama. Jadi, perbedaannya hanya di sistem pengabutannya saja.
Nah sebagai bahan angan-angan berikut ini spesifikasi Suzuki nex versi karburator, siapa tahu mirip dengan spek injeksi:
* Tipe Mesin: 4-langkah, 1 silinder, pendingin udara
* Sistem katup: SOHC, 2 valve
* Diameter langkah (mm): 51,0 x 55,2
* Isi silinder (cm3): 113
* Rasio kompresi: 9,4
* Tenaga maksimum: 94 PS/8.800 RPM
* Torsi maksimum: 8,7 Nm/6.500 RPM
* Sistem pengapian: CDI
* Sistem starter: Elektrik dan engkol
* Transmisi: CVT/V-Belt
* Kapasitas tangki: 3,5 liter

Sasis
* Suspensi depan: Teleskopik, per ulir, peredam oli
* Suspensi belakang: Tipe lengan ayun, per ulir, peredam oli
* Rem depan: Cakram
* Rem belakang: Tromol
* Roda depan: 70/90-14 M/C 34P
* Roda belakang: 80/90-14 M/C 46P
* Pelek: Casting wheel
Dimensi
* Panjang: 1.850 mm
* Lebar: 665 mm
* Tinggi: 1.035 mm
* Jarak sumbu: 1.235 mm
* Berat kosong: 87 kg

Advertisements
Advertisements

18 Comments

  1. langkah berani dari suzuki..berani mengambil langkah tak biasa dengan menghadirkan nex injeksi..mungkin mumpung lagi laris n mengambil momentum tepat sebelum terlambat

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin