Mencermati Surat-surat Mobil/motor Jakarta Yang Kadang Bikin mumet dan bahkan Gila Ketika Mutasi ke Daerah. | Bonsaibiker

Mencermati Surat-surat Mobil/motor Jakarta Yang Kadang Bikin mumet dan bahkan Gila Ketika Mutasi ke Daerah.

Mas bro sekalian, kini James Bons akan membahas sisi relung-relung kelam di permotubaan dari sisi surat-surt kendaraan bermotor yang yakin tak pernah dibahas di blog manapun, hahaha ngayal kalee. Ya,  sisi-sisi negatif yang terkadang jarang tersentuh oleh media adalah bobroknya sistem administrasi data base surat kendaraan bermotor. Sampean beli mobil atau motor di Jakarta dengan harga murah itu betul, sampean bisa mendapatkan semua merek dan semua tipe serta semua tahun bahkan mendapatkan kendaraan yang lahir sebelum sampean lahir itupun juga bisa diperoleh dengan mudah itu betul. Anda mau cabut berkas ke daerah dengan mudah itu betul namun berkas anda mudah  di terima di Sasmsat daerah itu yang tidak betul.

Bayangkan ada jutaan berkas surat kendaraan bermotor di Polda Metro Jaya, kadang penataan berkasi ini ada yang tidak rapi sehingga ketika kita mutasi berkasi ini ada yang hilang, ada yang terselip, ada yang ketuker dengan berkas motor atau mobil lain kadang juga faktor manusiawi yang bikin keselip lengah dan sebagainya. Nah ketika anda mau mutasi ke daerah, maka sering dijumpai berkas hanya ada beberapa lembar saja dengan dibubuhi keterangan bahwa berkas terselip. Padahal biasanya namanya berkas sebuah kendaraaan bermotor itu segepok. Nah apa saja berkas itu mungkin kita ulas di artikel mendatang. Sekarang kita hannya mengulas gambaran umum saja. Nah ketika di daerah masalah yang sering timbul adalah ada beberapa daerah tidak mau menerima berkas tertukar atau hilang ini meskipun ada surat keterangannya dari Polda Metro jaya.

Nah kalau sudah demikian, yakni daerah gak mau menerima, apalagi yang sampean pikirkan, mumetz kan! Ketika daerah sudah menolak dengan alasan jabatan dipertaruhkan, mau ke calo kadang calopun juga angkat tangan, mau punya bekingan, mmm bekinganpun kadang takut jabatannya diturunun kalau dah menyangkut kasus ini. Nah kondisi ini bisa menimpa siapa saja dan mau mobil darimana saja, mau beli di Pos Kota, Mau beli di Toko Bagus, dari Calo, dari Show Room, tetep aja kalau lagi apes, hal ini bisa terjadi. Kalau sudah demikian, bila daerah masih bisa dinego dengan segepok uang mungkin nasib anda akan lebih baik, namun kalau sudah tidak bisa nego, heheh anda harus balikin berka ke DKI jakarta, masih belum merasa mumetz, mm anda hebat, hahaha. Mau ngadu sama siapa, mau menyalahkan siapa? Jelas ini negara yang salah, ya jelas konsumen atau rakyat dirugikan, tapi akhirnya kita tak bisa berbuat apa-apa, ya akhirnya hanya bisa berserah diri pada Allah karena ketika keaadaan ini menimpa sambil berusaha menyelesaikan meski dengan mumetz.

Dari pengalman melakukan mutasi ke daerah entah sudah berapa banyaknya James Bons gak ngitung, memang  James Bons beberapa kali mendapati kasus ini, dan wew mumetzz, dan ketika derahnya tuh gak rewel ya lantjar jaja.

Nah saran James ketika sampean mau beli motor/mobil dengan leter B alias Jakarta, sebelum anda merenovasi memperbaiki kendaraan tersebut, silakan anda balik nama dulu atau kalau ke luar daerah mutasi dulu sampai selesai biar aman. Ya bayangkan misal anda udah ganti ini itu lalu mutasi gak kelar apa gak mumetz harus balikin ke jakarta, atau anda beli ke show room harus balikin mobil ke show room padahal adna sudah bayak habis uang. Demikian saran james Bons, kalau masih ngeyel hahaha risiko besar silakan hadapi sendiri. James hanya berharap semoga agan sekalian tidak mengalami nasib seperti tergambar di atas Amin.

Advertisements
%d bloggers like this: