Kawasaki Z 250 Kena Recall Ke dua Kalinya

Di tengah ramainya launch Kawasaki Ninja 250 Mona dan hiruk pikuknya pemberitaan tentang Ninja 250 Mono naked ada segelintir berita bahwa Kawasaki Z 250 kena recall. Ini setidaknya kali ke 2 recall setelah desember lalu juga kena recall. Ya, waktu itu sekitar bulan  desember 2013 Z 250 dan Ninja 250 FI kena recall, penyebabnya adalah masalah pada perangkat penghenti laju alias rem. Baik rem depan maupun rem belakang sama-sama bermasalah. Untuk rem depan masalahnya khusus Ninja 250 tipe ABS (anti lock brake system). Problem ada pada sensor kecepatan di roda depan yang terganggu oleh posisi kaliper. Kemungkian hal ini disebabkan posisi bracket sensor yang kurang tepat. Sementara kasus rem belakang, kampas rem belakang memiliki kemungkinan untuk habis pada satu sisi saja. Nah kini kini, Kawasaki Z250 bermasalah pada sistem suspensi belakang.

Kawasaki z 250
Kawasaki z 250

Dari dua masalah ini yang kena recall hanya di Jepang. Padahal Kawasaki Z250 yang dijual di Jepang dan di Indonesia berasal dari pabrik yang sama di Thailand. Sementara di Indonesia belum ada pengumuman apapun.

Ya, ngutip dari Dapurpacu, bahwa pihak teknisi di Jepang menemukan kasus mudah rusaknya sil karet pada shock absorber bagian belakang Kawasaki Z250. Lemahnya sil karet ini memungkinkan oli suspensi  merembes alias bocor, maka dari itu seluruh unit sebaiknya diganti suspensi belakangnya., dan akan dipasangkan O-ring dan mounting nut. Adapun di Jepang total yang di-recall mencapai 491 unit.

Z 250 bocor
Z 250 bocor

Satu hal yang menarik masih menurut Dapurpacu bahwa hingga kini Kawasaki Indonesia belum mengumumkan recall karena pihaknya belum menemukan kasus ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputy Head Sales & Promotion Department, Dewi Septianti. Padahal di lapangan sudah pernah lho kejadian kasus dimana shock belakang meler, cekidot artikel IWB berikut! http://iwanbanaran.com/2013/08/25/monoshock-kawasaki-z250-bocor-apakah-masuk-garansi/ Dalam artikel ini diulas bagaimana Shock belakang Z 250 olinya meler, weh gimana nih Kawasaki!

Ya entah karena saking sedikitnya populasi Z 250 ini katau karena apa yang jelas lum ada informasi di Indonesia. Saat ini populasi Kawasaki Z250 di Indonesia mencapai 2.000 unit di Indonesia.

Advertisements

25 Comments

  1. punya saya sudah diganti sama kmi kok mas, selain shock belakang, speedo saya juga bermasalah ketika pulang turing kemudian dicuci setelahnya tombol pengganti odometer ke trip a dan b macet, diklaimkan lagi dan sudah diganti beberapa minggu lalu. domisili surabaya dealer jemursari. trimakasih KMI.

  2. Ah z250 ane juga, klaim bulan september, sampe bulan ini belum dateng juga tuh shockbreker, sebelumnya bulan juli shield shpck breker depan yg bocor, dan sekarang angka puluhan di speedometer ga nyala gara2 kelamaan neduh… Yakin tuh kmi belum denger ada keluhan?

  3. Wadussss,… kmi emang parah, anesalah satu yg bermasalah dengan speedo. Udah bolak balik ke dealer, sampe karang blon klar2.

1 Trackback / Pingback

  1. Kata Kawasaki Indonesia Z 250 Belum Ditemukan Kasus, Aman Recall, Lha Oli Shoc Mrembes Di Pekan Baru dan Bekasi yang Lalu Terus Gimana? | Bonsai Biker

Leave a Reply