Modif Plat Nomor Kendaraan, Denda Rp.500.000 Atau Kurungan 2 Bulan

Perasaan sering liat di jalan plat nomor kendaraan yang dimodif, dengan merubah jarak antara nomor dalam plat tersebut. Hal ini memang menyalahi aturan gan. Pemilik mobil dan motor dihimbau untuk tidak memodifikasi Plat Nomor Polisi (Nopol) sehingga menjadi sebuah kalimat yang bisa dibaca, misalnya B 161 NTA diubah tata letaknya menjadi B 1 C1NTA. Demikian TMC Polda Metro Jaya menulis dalam lamnnya.

Plat Ngawur B 1 61NTA B
Plat Ngawur B 1 61NTA BMerubah

Aturan tidak dibolehkannya menggunakan plat nomor modifikasi sudah secara spesifik tertuang di Undang Undang Negara Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan seperti tertuang pada Pasal 280 yang berbunyi:

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang tidak dipasangi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 ayat (1) dipidana dengan kurungan 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000 (Lima ratus ribu rupiah)”.
Monggo lihat di jalan, banyak kan yang modif beginian!
Advertisements
Advertisements

24 Comments

  1. B 1454 YAK..

    saya mutasi dari bekasi k kebumen nomer kendaraan suruh tunggu 6 bulan dari januari sampai juni baru jadi.,

    ahir tak bikin sendiri gunting seng yg tebelnya 1 mm, setelah di bor sesuai ukuran lantas beli sekotlet warna hitam dop dan silver habis 15 ribu untuk satu set nomor di motor.

    panjang tak buat 240 mm dan lebar 80 mm.
    AA 5798 FW

  2. Pernah lihat di sekitaran Semarang timur ada plat B 14R1 N. Itu plat mobil asli. Jan aneh – aneh tenan wong kakean duit saiki.

  3. Diliat dr pasalnya itu tdk ad himbauan utk tdk boleh memodif bentuknya ko.. Yg penting kontenya sesuai

    “tidak dipasangi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang ditetapkan oleh Kepolisian”
    Ya wjar klo polisi gak nindak jg..hehehe

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin