Pelan Tapi Pasti Indonesia Menggeser Thailand Sebagai Perakit Motor

Bader sekalian, bertahun-tahun telah berlalu ketika Indonesia mengimpor banyak jenis motor keren dari Jepang dan Thailand. Dulu memang kita mengimpor dari jepang sebelumย  kemudian belakangan Honda memindahkan basis produksinya ke thailand, dan praktisย  Indonesia ngaplo, hanya sebagai konsumen saja, padahal pasar motor terbesar dunia ada di Indonesia bukan thailand. Tengok saja sederetan motor mulai dari Satria FU, CBR, PCX, dan sebagainya. Namun terkyata, pelan tapi pasti, produksi motor berpindah ke Indonesia.

pertamax7-com-r15

Ketika ada Launch R 15 di thailand, ternyata mereka Impor dari Indonesia, kemudian saat Ninja 250 R mono nongol dan menjadi pasar global. itu juga buatan Indonesia, kini terbaru Yamaha R 25 juga bakal menjadi motor pasaran global, juga dirakit di Indonesia. Demikian juga V-ixion ternyata diekspor ke Malaysia dan Vietnam. Wew, pelan tapi pasti nampaknya Indonesia bakal menggeser Thailand dari negara produsen motor kelas dunia, mesi dala tanda kutip, ‘masih dijajah brnad Jepin”!

Mantabkah Indonesia? Hahaha, sementara matab sih daripada nggak mantabgh!

Ya PR Indonesia masih panjang, meski menjadi produsen tetp aja masih dibawah penjajahan brand jepun, kapan Indonesia punya merk? Ahai, nampaknya Indonesia perlu dukungan presiden yang memperhatikan Industri transportasi. Ya bayangkan sebuah motor sebut saja merk H, atau Y, komponennya banyak dibuat fndor lokal, made in Indoneisa. Nah kenapa idak kita membuat merk sendiri layaknya india, wong kita bisa bikn part, bikin sasi, bikin body! Ya, perlu dukungan pemerinttah untuk meujudkannya, atau selamanya kita hanya terjajah.

Advertisements
Advertisements

35 Comments

    • pasti mau..lha wong mobil timor yg gatot gitu aja laku loh..
      pasar kita masih haus akan produk otomotif pure lokal cuma belum ada yg berani realisasikan..kalau cuma proton mah liwat wat wat

  1. pengusaha yang mau bikin pabrik di indo mendingan invest sistem robitic aja…kalo bisa jangan pakai buruh pabrik…kerjanya males males, maunya gaji gede…kalo demo ngancem2 rusuh..skill jeblok, ambeknya sebakul…hati2…dah banyak pengusaha yang kapok…

  2. pasar thailand udah di kuasai Honda… jadi produsen selain Honda mau tidak mau pindahin basis produksi kalo mau untung… soalnya percuma basis produksi di thailand, tapi yang beli dari thailand sedikit…

    intinya tetep nyari untung, dan mengurangi kerugian…

  3. produk ahm blm ada yg diekspor ya?katanya produknya bagus2 tp kok g ditunjuk orang jepun buat basis produksi motor buat global yah asean dl jg gpp ato mang standar kualitasnya buat lokal aja bkn buat ekspor ๐Ÿ™‚

    • DASAR TOLOL. honda tu punya basis produksi dimana2.jd gak perlu ekspor2an. la wong buat menuhi pasar domestik ada kedodoran . jangansamakan dengan yamaha dan kawasaki yg fasilitas produksinya kecil. mau bece kok tolol

    • Lihat tuh di thailan, di india, di brazil ,vietnam,pilipina dll yamaha dapat berapa %? makanya rugi kalo buat pabrk di sana. utk memenuhi bisa dieksport dr indonesia.
      Beda sama HONDA ,di semua negara penjualan selalu moncer,makanya hampir semua negara punya fasilitas produksi HONDA. Di Indonesia saja punya 4 plant. itu smua buat memenuhi pasar domestik. yamaha cuma punya 2 plant . karena punjualan domestik yg terus turun, makanya sebagian hasil produksi dieksport biar gak numpuk di gudang. paham Tong!!!!!!!!!!!!!

  4. Hey there! This post couldn’t be written any better!
    Reading through this post reminds me of my old room mate!
    He always kept chatting about this. I will forward this
    post to him. Pretty sure he will have a good read. Thank you
    for sharing!

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin