Pelan Tapi Pasti Indonesia Menggeser Thailand Sebagai Perakit Motor | Bonsaibiker

Pelan Tapi Pasti Indonesia Menggeser Thailand Sebagai Perakit Motor

Bader sekalian, bertahun-tahun telah berlalu ketika Indonesia mengimpor banyak jenis motor keren dari Jepang dan Thailand. Dulu memang kita mengimpor dari jepang sebelumย  kemudian belakangan Honda memindahkan basis produksinya ke thailand, dan praktisย  Indonesia ngaplo, hanya sebagai konsumen saja, padahal pasar motor terbesar dunia ada di Indonesia bukan thailand. Tengok saja sederetan motor mulai dari Satria FU, CBR, PCX, dan sebagainya. Namun terkyata, pelan tapi pasti, produksi motor berpindah ke Indonesia.

pertamax7-com-r15

Ketika ada Launch R 15 di thailand, ternyata mereka Impor dari Indonesia, kemudian saat Ninja 250 R mono nongol dan menjadi pasar global. itu juga buatan Indonesia, kini terbaru Yamaha R 25 juga bakal menjadi motor pasaran global, juga dirakit di Indonesia. Demikian juga V-ixion ternyata diekspor ke Malaysia dan Vietnam. Wew, pelan tapi pasti nampaknya Indonesia bakal menggeser Thailand dari negara produsen motor kelas dunia, mesi dala tanda kutip, ‘masih dijajah brnad Jepin”!

Mantabkah Indonesia? Hahaha, sementara matab sih daripada nggak mantabgh!

Ya PR Indonesia masih panjang, meski menjadi produsen tetp aja masih dibawah penjajahan brand jepun, kapan Indonesia punya merk? Ahai, nampaknya Indonesia perlu dukungan presiden yang memperhatikan Industri transportasi. Ya bayangkan sebuah motor sebut saja merk H, atau Y, komponennya banyak dibuat fndor lokal, made in Indoneisa. Nah kenapa idak kita membuat merk sendiri layaknya india, wong kita bisa bikn part, bikin sasi, bikin body! Ya, perlu dukungan pemerinttah untuk meujudkannya, atau selamanya kita hanya terjajah.

%d bloggers like this: