Press Release “Dukung Pendidikan Generasi Muda, AHM Canangkan Program Sekolah Satu Hati” | Bonsaibiker

Press Release “Dukung Pendidikan Generasi Muda, AHM Canangkan Program Sekolah Satu Hati”

Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) melanjutkan dukungannya untuk kemajuan generasi muda di bidang pendidikan dengan mencanangkan program Sekolah Satu Hati di sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA. Program ini merupakan rangkaian upaya perusahaan untuk terus mendukung terciptanya generasi muda peduli sosial, budaya, dan lingkungan.

(kemeja biru) Instruktur Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) AHM melakukan sosialisasi penanganan pertama korban kecelakaan kepada siswa-siswa SMA Negeri 80 Jakarta Utara dalam program Astra Berbagai Ilmu (ABI) seusai acara pencanangan Sekolah Satu Hati di SMA Negeri 80 Jakarta Utara (7/5). Program Sekolah Satu Hati merupakan rangkaian upaya perusahaan untuk terus mendukung terciptanya generasi muda peduli sosial, budaya, dan lingkungan

(kemeja biru) Instruktur Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) AHM melakukan sosialisasi penanganan pertama korban kecelakaan kepada siswa-siswa SMA Negeri 80 Jakarta Utara dalam program Astra Berbagai Ilmu (ABI) seusai acara pencanangan Sekolah Satu Hati di SMA Negeri 80 Jakarta Utara (7/5). Program Sekolah Satu Hati merupakan rangkaian upaya perusahaan untuk terus mendukung terciptanya generasi muda peduli sosial, budaya, dan lingkungan

AHM mengembangkan program Sekolah Satu Hati ini melalui tiga pilar utama, yaitu sosial, lingkungan, dan budaya. Program ini diharapkan dapat mendorong  terwujudnya sekolah dan siswa yang berwawasan lingkungan, berkomitmen terhadap pelestarian seni budaya, dan berkontribusi dalam proses perubahan sosial.

Pada pilar sosial, perusahaan mendorong para siswa untuk aktif berkontribusi dalam proses perubahan sosial melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh duta AHM Berbagi Ilmu (ABI). Duta ABI ini akan mengajarkan para siswa ilmu dan pengetahuan tentang keselamatan berkendara, teknologi sepeda motor yang ramah lingkungan, teknik dasar menghadapi keadaan bahaya (Emergency Awareness) seperti saat menghadapi kondisi kebakaran, banjir, serta pertolongan pada kecelakaan. AHM pun menfasilitasi terselenggaranya pelatihan-pelatihan siswa berdasarkan hobi dan minat, seperti fotografi, kerajinan tangan dari barang-barang bekas, serta pembekalan teknik pendakian gunung bagi para siswa.

Untuk pilar lingkungan, AHM mendorong terciptanya Sekolah Adiwiyata yang dicanangkan pemerintah untuk melindungi dan mengelola lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik, tenaga didik dan peserta didik yang memiliki kompetensi pengelolaan lingkungan hidup, dan pengelolaan sarana ramah lingkungan di area sekolah.

Sebagai langkah awal kegiatan ini, AHM meresmikan pembukaan Sekolah Satu Hati di SMA Negeri 80 Jakarta Utara (7/5) dengan memberikan bantuan peralatan pemeliharaan lingkungan seperti alat pencacah sampah serta komposter yang berfungsi membuat kompos atau pupuk organik. Selain itu, AHM juga memberikan bantuan untuk kesehatan lingkungan berupa alat fogging dan bantuan pelestarian seni budaya berupa peralatan angklung ke sekolah-sekolah binaannya.

Di bidang budaya, AHM menfasilitasi upaya pelestarian kesenian daerah melalui pelatihan musik angklung. Kegiatan dimulai dengan memberikan pelatihan kesenian angklung kepada para guru-guru sekolah binaan di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat. Guru-guru tersebut akan mengajarkan ilmu yang diperoleh kepada para anak didik di sekolahnya masing-masing. Puncaknya, siswa-siswa yang telah berlatih kesenian daerah Angklung ini akan berkompetisi antar sekolah untuk mendapatkan kesempatan bekompetisi angklung tingkat nasional. Program ini secara berkesinambungan akan terus digulirkan melalui pelatihan dari para guru maupun siswa yang telah memiliki kompetensi untuk diajarkan kepada siswa lainnya.

AHM memulai pengimplementasian program Sekolah Satu Hati di 15 sekolah setingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Jakarta Utara (SDN Sunter Agung 13, SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 3, SMP Giki 2, SMAN 18, SMAN 40, SMAN 72, SMAN 75, SMAN 80, SMAN 110, SMA Giki 2, dan SMK Kencana ), kota Bekasi (SMK Mitra Industri Cikarang), kabupaten Kuatan Singingi, Riau (SMP 4 Singingi), dan kabupaten Bengkalis, Riau (SMP 4 Mandau).

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan perusahaan berkomitmen terus mendukung terciptanya generasi muda yang berkualitas melalui beragam aktifitas di dunia pendidikan yang dijalankan secara konsisten dan tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

“Generasi muda merupakan aset sekaligus penentu masa depan bangsa. Kami berharap Program Sekolah Satu Hati ini dapat mendukung terciptanya generasi muda yang peduli terhadap berbagai aspek kehidupan, mulai dari lingkungan, seni budaya, hingga kami dorong mereka agar mampu menginspirasi masyarakat melakukan perubahan sosial ke arah yang lebih baik.”

Selain melalui program Sekolah Satu Hati, komitmen AHM terhadap dunia pendidikan juga diterjemahkan dalam beragam program lain. Sebagai pelopor keselamatan berkendara, AHM bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta merintis program kurikulum pembelajaran etika berlalu lintas dari tingkat PAUD, SD, SMP, dan SMA. AHM juga secara aktif mengembangkan dan menerapkan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda di 127 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sekaligus menyiapkan peralatan workshop-nya. Program alih teknologi di SMK juga diimplementasikan di bidang lingkungan dengan mengembangkan Laboratorium Kultur Jaringan. Dukungan terhadap generasi muda berprestasi juga diwujudkan melalui program AHM Best Student yang mengapresiasi siswa berprestasi se-Indonesia serta bantuan biaya pendidikan untuk siswa berprestasi pra-sejahtera.

 

 (ke-2 kanan) Deputy Head of Corporate Communication, Ahmad Muhibbuddin menyematkan helm kepada siswa SMA Negeri 80 Jakarta Utara didampingi oleh (kanan) Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Kota Administrasi Jakarta Utara, Septi Novida seusai pencanangan Sekolah Satu Hati (7/5). Program ini dirilis AHM untuk mendorong terwujudnya generasi muda peduli sosial, berwawasan lingkungan dan berkomitmen terhadap pelestaran seni budaya. (ke-2 kanan) Deputy Head of Corporate Communication, Ahmad Muhibbuddin menyematkan helm kepada siswa SMA Negeri 80 Jakarta Utara didampingi oleh (kanan) Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Kota Administrasi Jakarta Utara, Septi Novida seusai pencanangan Sekolah Satu Hati (7/5). Program ini dirilis AHM untuk mendorong terwujudnya generasi muda peduli sosial, berwawasan lingkungan dan berkomitmen terhadap pelestaran seni budaya.

(ke-2 kanan) Deputy Head of Corporate Communication, Ahmad Muhibbuddin menyematkan helm kepada siswa SMA Negeri 80 Jakarta Utara didampingi oleh (kanan) Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Kota Administrasi Jakarta Utara, Septi Novida seusai pencanangan Sekolah Satu Hati (7/5). Program ini dirilis AHM untuk mendorong terwujudnya generasi muda peduli sosial, berwawasan lingkungan dan berkomitmen terhadap pelestaran seni budaya.

Sambut Hari Pendidikan

Sementara itu, dalam rangka menyambut Hari Pendidikan pada awal bulan ini, jaringan main dealer Honda juga aktif melakukan kegiatan terkait dengan pendidikan dan edukasi keselamatan berkendara bagi generasi muda. Di pulau Sumatera, CV Anugerah Perdana selaku main dealer Honda wilayah Sulawesi Tengah menggelar jalan santai “1.000 Langkah Sehat untuk Pendidikan Indonesia yang Lebih Baik.” Acara ini diikuti 5.000 pelajar dan mahasiswa di Lapangan Vatulemo, Palu. CV Hayati dan Menara Agung selaku main dealer Honda wilayah Sumatera Barat mengadakan sosialisasi keselamatan berkendara dalam rangkaian acara Pameran Teknologi SMK yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Padang di Kantor Dinas Pendidikan Kota Padang (2-3/5) dan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang (1-7/5).

Di Sulawesi dan Papua, PT Astra International Tbk – Honda  (Astra Motor) Makassar selaku main dealer Honda wilayah Sulawesi Selatan, Sulawei Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku mengadakan pelatihan keselamatan berkendara untu 25 guru dan 75 pelajar pengguna sepeda motor Honda (2/5). Sementara itu, Astra Motor Jayapura selaku main dealer Honda wilayah Papua mengadakan program sosialisasi keselamatan berkendara bagi siswa dan guru di SMA Kalam Kudus, SMA Taruna Bhakti, SMA 1 Sentani, dan SMA 4 Jayapura.

Selain itu, dukungan terhadap siswa berprestasi ditunjukkan PT Daya Adicipta Wisesa selaku main dealer Honda wilayah Sulawesi Utara dan Maluku Utara melalui program Honda Brilliant Student (10/5) bagi pelajar dari 10 sekolah di Gorontalo, Sulawesi Utara. Astra Motor Mataram, main dealer Honda wilayah Nusa Tenggara Barat mengadakan lomba cerdas cermat “Ranking 1” di SMK 3 Mataram dalam rangkaian acara “Edukasi PGM FI Honda Hemat Mudah Hebat” (1-2/5). Sedangkan, Astra Motor Palembang, main dealer Honda wilayah Sumatera Selatan memberikan kejutan spesial bagi 3 mahasiswa konsumen Honda yang berulang tahun di hari pendidikan (2/5).

Kepedulian terhadap dunia pendidikan dilakukan juga oleh PT Mitra Sendang Kemakmuran selaku main dealer Honda wilayah Banten yang menggandeng Paguyuban Honda Banten dengan mendonasikan buku dan memberikan pelajaran membaca bagi anak-anak suku Badui luar (15/5).

Jakarta, 07 Mei 2014

PT Astra Honda Motor

Corporate Communication


%d bloggers like this: