Pemotor Ditabrak Mobil Hingga Tewas dan Ditetapkan Jadi Tersangka, Karena Memang Melawan Arus

Terjadi sebuah kecelakaan antara Toyota Yaris B 1597 TOA yang melaju 60 Km/jam dan menabrak pemotor Honda Scoopy B 3800 TLS yang melawan arah. Kecelakaan ini sendiri terjadi pada Selasa (13/5) pukul 09.30 WIB. Pemotor bernama Muhammad itu meninggal. Sementara pengendara mobil bernama Austin diperiksa pihak kepolisian. Mobil yang dikendarai Austin sempat dirusak warga sekitar lokasi kejadian, Jl I Gusti Ngurah Rai, Pondok Kopi, Jakarta Timur. Untung polisi segera datang dan mengendalikan kejadian.

Ilustrasi melawan Arus
Ilustrasi melawan Arus

Langkah-langak Awal yang Diambil Polisi!

Mensikapi hal ini polisi tak gegabah melakukan tindakan. Ya, berita walnya memang pemotor melawan arus, satu sisi, pemotor meninggal dunia, di sisi lain pemotor melakukan kesalahan karena melawan arus. Ini setidaknya harus ada sisi-sisi hukum yang ditegakkan untuk pembelajaran yang lain agar pemotor atau pengguna jalan lain tidak melawan arus. Dap polisipun bmelakukan infstigasi dengan teliti dan detail.

Berikut kronologi kejadian menurut saksi!

“Kemarin itu jalan lagi sepi. Mobil dari arah ke Pondok Kopi dengan kecepatan tinggi (versi polisi 60 km/jam-red), motor dari arah sebaliknya lewat sambil lawan arah,” jelas satpam Stasiun Buaran, Dodik, saat berbincang di lokasi, Rabu (14/5/2014).

Menurut dia, saat itu posisi motor hendak memotong jalan di putaran balik depan. “Itu begitu lewat satu lajur, mobil langsung menghantam motor sampai terpental ada sekitar 10 meteran,” jelas Dodik. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kami menyarankan agar jangan ada lagi. Keluarga pengendara mobil juga kami himbau berkomunikasi dengan keluarga korban untuk serta mensantuni karena pemotor ini meninggal dunia. Ini kan musibah, jadi tolong bantu meringankan keluarga korban,”

Hasil Olah TKP

Polisi kemudian  memeriksa sejumlah saksi di lokasi kejadian, hasilnya keterangan saksi tersebut memberatkan pihak pengendara motor. Realnya pengendara motor berjalan 500 meter lebih sebelum putaran kemudian memotong jalur mobil. Saat Muhammad berbelok untuk melawan arus itulah, mobil Toyota Yaris B 1597 TOA yang dikendarai Austin Adityawarman melintas dengan kecepatan lumayan tinggi, sekitar 60 Km/jam. Tabrakan tak terhindarkan.

Kesimpulan  Akhri Polisi

Polisi kemudian menetapkan pemotor sebagai tersangka. Menurut ploisi tersangka dalam kasus ini dikenakan Pasal 287 ayat 1 dan Pasal 310 ayat 3 dan 4 Undang-Undang Nomor 22/2009 tentang Lalin. Tapi kembali lagi dalam pasal 77 KUHP terkait kecelakaan lalu lintas dijelaskan kewenangan menuntut pidana akan terhapus, bila si tersangka meninggal dunia.

Kendati begitu polisi meminta pengemudi mobil untuk tetap bertindak pro aktif dengan mendatangi pihak keluarga pengendara motor. Namun dalam penyelesaiannya akan dilakukan melalui mekanisme gelar perkara. Setelah selesai gelar perkara, berkas tersebut diajukan ke pimpinan untuk mendapatkan SP3. Inilah wujud kepastian hukum, dan penyidikan juga guna edukasi buat masyarakat pengguna jalan raya. Ya, sebuah pembelajaran bagi kita untuk tidak melawan arus dan brhati-hati di jalan. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, dan arwah yang meninggal diterima di sisi-Nya.

Sumber detik news

Advertisements
Advertisements

43 Comments

  1. pemotor memang banyak kurangajar , mentang2 orang kecil sok benar. makin miskin makin benar. warganya juga gitu. orang bego berjamaah main hakim sendiri.
    josss polisinya. kebenaran ditegakkan

  2. di indonesia harus toleransi. ada yang awam sama lalu lintas lagian batas kecepatan di jalan umum ramai ya harus 40 km/jam saja. baca UU nye.

    LAGIAN si yaris salah 2x nih. kenapa pakai TOA. tuh platnya ada TOA nye. ya kan pak bons :mrgreen:

    • kesalahan yang paling fatal dari siapa? melawan arus kan?

      dalam kota 50 km/jam
      luar kota 80 km/jam
      cmiiw

    • Sekarang ya tetap kembali kepada tata cara berlalulintas yg baik, pemotor tersebut sudah jelas menyalahi aturan dan merugikan hak pengguna jalan yg sebenarnya. Hal ini sudah menjadi konsekuensi nya (Pemotor), klo tidak mau terjadi kecelakaan ya berjalan sesuai pada tempatnya. Yg sudah taat lalu lintas dan sudah ada di jalurnya sendiri saja berpeluang besar mengalami kecelakaan apalagi ini yg melawan arus.. Cona direnungkan dengan baik

  3. ya ampun ada nyalahin pemotor secara telanjur. yaris sudah melebihi batas kecepatan. maksimal 40 km/jam oyy! baca UU batas kecepatan di jalir umum ramai. terserah mau pake GPS ato gak. bicara jangan kaya anak SMP dong.

    di indonesia sadar diri juga broooo…. ada yg awam. apalagi pemotor roda 2. mau ke toko sebelah ya enak lawan jalur. asal pelan. yarisnya aja melebihi kecepatan maximum. coba pelan. bagaimana khalayak ramai?

  4. main hakim sendiri di indonesia itu haram dalam islam. silahkan tanya sama NU dan Muhammadiyah jangan yang lain. hehe.

  5. Sukuriiiiiiiiinn….. Akhirnya ada bikers/pemotor yg kena batunya sampe mati lg.Jgn mentang2 bikers/pemotor merasa paling bener & menang di jln tp cb pakai otak & hukum dong.Biasanya bikers/pemotor klo udah salah melalui hukum selalu ngatasnamakan org kecil/miskin tp klo di jln lagaknya udah kaya yg punya jalan malah siapapun disuruh minggir termasuk pejalan kaki. Alesan klasik bikers krn merasa bayar pajak lah, 1 aspal lah, dll
    Gampangnya gini,goblog2 an aja yuk antara BIKERS DAN DRIVERS, kelakuan bikers ditiru dgn drivers (lawan arus,nerobos lampu merah,lampu merah berhenti gerombol digaris,dll) apa bikers bs trima,yakin 1000000% bikers gak akan terima tp bikers gak berani main jalur hukum beraninya cm main otot bukan otak,udah jelas suatu kecemburuan sosial cm ditutupin .Scr gak lgs mana yg lebih goblog???
    Club ato komunitas aja gak ada 1 pun yg bs ngajarin anggotanya bs tertib rapi dan sopan spt drivers krn HARAM bikers mau berperilaku spt drivers dan udah pasti kelakuan maupun perilaku bikers jauh dr nilai2 intelek (semua ini fakta bukan ngada2)

    • top markotob brow yoga 10 jempol buat ente,bikers byk t’singgung ama komen ente aka gk trima gt

    • betul, tapi gw sendiri pernah ampir tabrakan ama mobil yang ngambil jalur gw alias ngelawan arah. gw kasih jari tengah, pas mw berantem langsung kabur. padahal kalo mw kepolisi gw layanin tuh.

      xixixixixi

  6. Sama aja driver juga sama begonya udah tau lamer barisan motor kurang lebih ada 10 motor dilamer brenti sebelum garis daerah cirebon uswaganti jam 11 malem jalan sepi ada driver sama driver bus kampret dari belakang klakson keras banget sampe semua biker akhirnya ngalah dan jalan dari pada ditubruk dari belakang mntang2 jalan sepi trus trus boleh nrobos lamer gitu? itu driver yg lo banggain…pengalaman pribadi ini inget semuanya cuma oknum jgn men-generalisir…jadi lebih baik pake kata oknum.

  7. mungkin sekarang kendaraan di indonesia mesti pasang kamera yah, kaya diluar negeri sana, jadi ga ada yg asal nuduh , asal rusak mobil orang juga,

  8. Polisi sbgai phak brwenang smakin dewasa dlam brfikir dan brtindak..smga jdi plajaran buat semua

  9. emang sial si driver, udah gak salah, mobil dirusak, eh malah di suruh “bayar” ke keluarga korban.. indonesia ini, si kecil dan si miskin selalu benar.. ngak tau kecil dan miskin nya emang nasib apa malas.

  10. Apa hubungannya Bikers & Drivers ? apa hubunganya kaya sama miskin ? pada bego ya yang koment namanya musibah itu terjadi karena kecerobohan / kelalaian manusianya bukan karena dia biker & driver dan bukan karena kaya sama miskin dan miskin selalu di benarkan, namanya lo nabrak orang sampe meninggal ya tanggung jawab lah walaupun dia salah emang nyawa lo bisa bayar pake uang ?

  11. Driver dihimbau untuk menyantuni keluarga tersangka (Semoga beliau berbaik hati kepada keluarga tersangka, itu suatu sikap yang sangat mulia sekali. Dan semoga amal ibadah tersangka diterima disisi ALLAH SWT, dimuliakan dan ditempatkan disis-NYA).

    Lalu bagaimana pertanggung jawaban orang-orang yang merusak mobil korban ? Siapa yang bertanggung jawab atas kerugian korban yang dihakimi oleh orang lain ? Bagaimana keadilan ditegakkan ? Siapa yang menyantuni kerugian korban karena mobilnya dirusak oleh orang yang main hakim sendiri dan tidak bertanggung jawab ?
    (Semoga ALLAH yang menyantuni korban dengan diberikan rezeki yang berlimpah lagi dan menghakimi para orang-orang tidak bertanggung jawab yang merusak mobilnya dengan semakin menyusahkan rezeki mereka)

    Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua agar tertib berlalu lintas. Semoga menjadi sentilan bagi kita semua untuk tidak main hakim sendiri.

    Tanya diri kita sendiri, mengapa kita tidak sesukses orang lain ? Itu mungkin karena kita selalu merugikan orang lain.

    Mengapa rezeki kita sulit ? Itu karena kita tidak bisa menghargai rezeki orang lain.

    Salam

    • Kalo kereta api itu gmn ya om
      Nabrak banyak orang ampe meninggal itu apa wajib kasih santunan ke keluarga korban ya?
      Secara doi kan gak salah

1 Trackback / Pingback

  1. Makin Miskin, Makin Benar | Achyadi

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin