Dua Pebalap Honda Indonesia Kembali Kibarkan Merah Putih di Balapan Asia Dream Cup

Jakarta – Pebalap Honda binaan PT Asta Honda Motor (AHM) kembali mengibarkan bendera Merah Putih setelah berhasil meraih podium ketiga kelas Asia Dream Cup seri keempat Asia Road Racing Championship (ARRC) yang berlangsung di sirkuit Suzuka, Jepang.

Pembalap Honda

Pembalap Honda

Pebalap Andi Farid Izdihar mengakhiri balapan pertama Asia Dream Cup (ADC) dengan menyabet podium ketiga setelah menuntaskan 7 putaran selama 19’17.889. Podium ketiga ADC balapan kedua pun dikuasai pebalap Honda Indonesia, Aditya Pangestu Hanafi dengan waktu tempuh 19’13.235 dan mencetak waktu terbaik sepanjang balapan berlangsung sebesar 2’43.350.

Selain itu, kedua pebalap Honda Indonesia di kelas ADC ini juga menorehkan prestasi yang membanggakan. Aditya Pangestu Hanafi menempati posisi kelima ADC balapan pertama dengan catatan waktu 19’18.283. Sementara Andi Farid Izdihar menempati posisi keempat ADC balapan kedua dengan catatan waktu 19’13.671. Hingga seri keempat ARRC kelas ADC, klasemen sementara pebalap Indonesia Aditya Pangestu Hanafi menempati posisi 3 besar dan pebalap Andi Farid Izdihar menempati posisi 5 besar.

ARRC merupakan jenjang balap motor tertinggi tingkat Asia yang diikuti berbagai negara Asia. Ajang balap ini membuka 3 kelas, yaitu Asia Dream Cup yang menggunakan motor sport berkapasitas 250cc, Underbone 130cc, dan kelas supersport 600cc. Pada setiap seri, digelar dua kali balapan untuk setiap kelas. Para pebalap dari berbagai negara berkompetisi dengan ketat pada setiap sesi balap untuk menghasilkan total poin klasemen tertinggi hingga akhir 6 seri yang digelar, yaitu di Sepang, Malaysia (18-20 April), Sentul, Indonesia (13-15 Juni), Autopolis, Jepang (15-17 Agustus), Suzuka, Jepang (5-7 September), Buriram, Thailand (5-7 September), dan Losail, Qatar (11-13 Desember).

Di kelas supersports 600cc ARRC tahun ini, AHM juga menurunkan dua pebalap handal Tanah Air. Saat sesi latihan awal, pada debut pertamanya M. Fadli Imammuddin menunjukkan hasil yang menggembirakan dengan menempati posisi keempat diikuti rekan setimnya, Dimas Ekky Pratama, di posisi kelima. Pada sesi latihan ketiga, Dimas Ekky bahkan sempat menduduki posisi runner kelas supersports 600cc ini.

Pada sesi balapan pertama ARRC kelas supersports 600cc, Dimas Ekky Pratama mengakhiri jalannya 13 putaran balapan pada posisi keenam dengan catatan waktu 29’26.296. Sementara M. Fadli Imammuddin menempati posisi kesembilan dengan catatan waktu 29’30.559. Dimas Ekky Pratama yang memulai balapan pada posisi 13, pada balapan kedua ARRC kelas supersports 600cc mampu menyodok jauh kedepan menyalip pebalap lainnya hingga berhasil menuntaskan balapan pada posisi keempat dengan catatan waktu 29’20.747. Namun sayang, pada sesi ini M. Fadli Imammuddin jatuh tergelincir pada tikungan di putaran keenam. Berdasarkan klasemen sementara, ARRC kelas supersports 600cc menempatkan Dimas Ekky Pratama  pada posisi 6 dan pebalap M. Fadli Imammuddin pada posisi 12.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra mengatakan para pebalap binaan AHM yang tergabung dalam Astra Honda Racing Team ini mampu menunjukkan hasil pembinaan balap yang memuaskan. Prestasi yang dicetak pada setiap seri ARRC terus memberikan kebanggaan untuk bangsa Indonesia di kancah balap internasional.

“Pembinaan terhadap para pebalap muda Indonesia kami lakukan sejak usia dini melalui berbagai tempaan ilmu balap serta menurunkan di berbagai ajang balap nasional maupun internasional. Kami yakin tak lama lagi Indonesia akan memiliki pebalap Tanah Air yang tangguh di ajang balap tertinggi MotoGP.”

Balap All New Honda CBR150R

Sementara itu, komitmen AHM untuk mencetak pebalap-pebalap muda tangguh juga terus dilakukan di Tanah Air. Salah satunya melalui ajang balap Honda Racing Championship (HRC) akhir pekan lalu. Pada ajang one make race Honda ini, AHM membuka kelas eksibisi khusus dengan menggunakan motor sport premium terbaru yang diproduksi di pabrik AHM yaitu All New Honda CBR150R. Balapan eksibisi kelas 150cc ini diikuti 12 pebalap handal binaan AHM, yaitu A. M. Fadly, Gerry Laurens, M. Nurgianto, Gede Arya, Wahyu Widodo, Owie Nurhuda, Willy Hammer, Wawan Hermawan, Iswandi Muis, Rifki M. Fauzi, Okky Lukman, Gilang Pranata.

Balapan All New Honda CBR150R ini dimenangkan pebalap termuda berusia 14 tahun, A.M. Fadly dari ASP Racing Team, disusul Owie Nurhada dari Honda Oei Kukar KYT IRC, dan posisi ketiga ditempati Wawan Hermawan dari Astra Motor Racing Team.

“Balapan kelas 150cc di HRC kami desain untuk menyiapkan dan membiasakan pebalap binaan AHM bertarung di sirkuit balap menggunakan motor jenis sport. Harapannya hal ini dapat menjadi pijakan kuat saat para pebalap ini berkiprah di ajang balap internasional, apalagi All New Honda CBR150R ini memang memiliki DNA balap yang kuat.”

This entry was posted in Balapan Motor and tagged , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Dua Pebalap Honda Indonesia Kembali Kibarkan Merah Putih di Balapan Asia Dream Cup

  1. Rideralam says:

    Josss…. numpak CBR150R AHM ki

  2. honda jualan teknology says:

    Honda memang jossssss

Leave a Reply

Your email address will not be published.