Tahun 2010, Di thailand Dah Ada Moge Nabrak Mobil Ampek Nembus Kaya Tusuk Sate, Bijimana Ketika Indonesia Hujan Moge?

Di Thailand, tahun 2010  saja sudah bertebaran moge, sementara pengendara sudah gila-gilaan kebut, sampai di sauatu ketika ada sebuah moge kebut lalu nabrak mobil sampek nembs kaya tusuk sate. Artinya mereka lagi ganas-ganasnya nyoba moge, karena belakangan banyak  moge di produksi di sana. Nah kini di Indonesia mulai hujan moge? Akankah banyak tusuk sate atas nama moge di mari? Cekidot di bawah ini!

biker-hits-car-accident-road-kill-motor-bike

biker-hits-car-accident-road-kill-motor-bike

Kecelakaan di atas sebenarnya dijadikan symbol oleh pemerintah Thailand untuk menggunakan helem, bahwa tahun tersebut banyak rider thailand yang malas pake helm, maka sanksi akhirnya ditegakkan dan risikonya bila malas pake helm dilakukan pencabutan sim. Ini untuk mengurangi angka kematian di jalan raya, apalagi diakibatkan oleh moge yang tentu saja larinya kencang. Nah, simak saja statmen berikut:

“Before the [Phuket] campaign was launched, about 15 riders without helmets died in accidents in Phuket Town every month, but since we started enforcing the law the number has fallen to about two to four people a month,” Phuket Provincial Police Commander Pekad Tantipong told the Phuket Gazette, stressing that wearing helmets evidently saves lives.

Bayangkan tiap bulan 15 rider meninggal, dan setelah diberlakukan bisa hanya tinggal 2-4 saja.

Yang jadi pertanyaan adalah, Indonesia kini sudah mulai Hujang moge, mulai dari Kawasaki, Yamaha, Suzuki, hingga Honda, semuanya mulai mendatangkan moge, ditambah lagi brand Impor CBU non ATPM macem KTM, Triumph, Benelli, HD dan sebagainya. Makanya siapkah para bikers memperlakukan moge sbagaimana mestinya? Padahal seperti kita lihat, banyak sekali kecelakaan karena biker terlalu nafsu berkendara, ngebut, gak pake helm, gak ikut aturan lalu lintas, dan sebagainya, dan ujung-ujungnya mampir rumah sakit, atau  bahkan langsung ke kuburan. Itu baru mocil!!! Belum moge, maka ketika nanti bawa moge, kemudian berkendaranya ngebut, ngawur, boleh jadi akan seperti gabar di atas, nembus mobil laksana sate!

James Bons sering posting lakalantas, sebenarnya bukan untuk pamer, show off, nakut-nakutin dan sebagainya, tapi lebih sebagai pemikiran, bahwa sebentar lagi Inonesia bakal hujan Moge, bahkan sudah dimulai, maka angka lakalantas disinyalir akan meningkat kalau prilaku para bikers kita tak bisa bebrubah ke arah yang lebih baik. Berkendara ngawur, hobi melanggar aturan lalin, dan sebagainya musti cepat ditinggalkan.

So, pemerintah mustinya mulai tanggap akan hal ini, misalkan dengan memberlakukan sim berjenjang, mungkin pertama untuk bebek/matik, lalu sport, dan kemudian meningkat ke Moge, hatau berdasarkan CC dan sebagainya. Ditambah lagi rengan regulasi pembuatan SIM yang lebih edukatif dan selektif, tentunya bakal mengurangi angka lakalantas akibat moge.

This entry was posted in Moge and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Tahun 2010, Di thailand Dah Ada Moge Nabrak Mobil Ampek Nembus Kaya Tusuk Sate, Bijimana Ketika Indonesia Hujan Moge?

  1. andhi_125 says:

    beli payung dulu ah, mulai ujan nih 😆

  2. andhi_125 says:

    beli payung dulu ah, mulai ujan nih 😆

Leave a Reply

Your email address will not be published.