HD Bising Gak Ditilang? Yuk Kita Tengok Berapa DB dan Aturannya!

HD 1

HD 1

Mas bro sekalian, dalam beberapa artikel ketika menayangkan razia motor yang menggunakan knalpot racing rata-rata pada protes, kenapa HD tidak ditilang padahal tu motor bising banget. Kenapa hanya motor-motor kecil saja yang ditilang, sedangkan motro besar ditilang. Nah coba kita lihat fakta berapa DB knalpot HD ini, lalu seperti apa aturannya.

banner-460x110

1. Aturan

Berkaitan dengan Kebisingan Suara,diatur dala UU No 22 Tahun 2009, Pasal 48 ayat (4) :Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan teknis dan laik jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan peraturan pemerintah. Adapun materi (tingkat kebisingan knalpot motor) yang diatur dalam peraturan menteri /pemerintah tersebut di atas adalah:

  • ≤ 80 cc maksimal 80 dB
  • < 80-175 cc maksimal 90 dB
  • < 175 cc maksimal 90 dB.

Jadi HD kan di atas 175 cc berarti maksimal 90 db.

2. Berapa DB HD?

Lihat data berikut dari http://www.harleyzone.com/ew/forums/Topic.asp?id=64717  mohon dikoreksi kalau salah:

Big Shot Staggered V&H Exhaust: with factory Baffles installed @ 14K miles- Measured 12/15/04
*******************
On the seat :
@ idle 1000 rpm = 87 dB, @ 3000 rpm = 98 dB

3 feet away from the seat on the exhaust side of bike:
@ idle 1000 rpm = 88 dB, @ 3000 rpm = 99 dB

6 feet away from the seat on the exhaust side of bike:
@ idle 1000 rpm = 86 dB, @ 3000 rpm = 97 dB

3 feet away perpendicular to the ends of the exhaust exit = 105 dB
_
Big Radius V&H Exhaust: with factory Baffles installed @ 0K miles- Measured 12/20/04
*******************
On the seat :
@ idle 1000 rpm = 87 dB, @ 3000 rpm = 100 dB

3 feet away from the seat on the exhaust side of bike:
@ idle 1000 rpm = 87 dB, @ 3000 rpm = 100 dB

6 feet away from the seat on the exhaust side of bike:
@ idle 1000 rpm = 87 dB, @ 3000 rpm = 98 dB

Monggo lihat langsung pengukuran HD di youtube ini tentang 3 mode motor HD!

Idle aja untuk fatboy bisa lewat 90 DB gan.

3. Lah di atas 90 DB kok gak ditilang?

Ya, ini barangkali pertanyaan yang sulit untuk di jawab. Boleh jadi polisi menggunakan peraturan UU No 22 Tahun 2009 sehubungan dengan kondisi motor yang masih standar, jadi kenalpotnya KNALPOT  STANDAR dari sononya dah bising. Yang termaktub dalam pasal Pasal 285 UU Lalu Lintas tersebut adalah:


“Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemant
ul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).”

 

Nah knalpotnya HD dan Ducati kan standar pabrik dah dari sononya, tapi kan melewati 90 DB? Nah itu dia yang musti dijelaskan polisi, nanti kita cari tahu gan.

Monggo lihat peraturannya di sini : http://langitbiru.menlh.go.id/upload/publikasi/pdf/Permen-07-2009.pdf

Dan satu lagi di sini : http://www.hukumham.info/images/UU/2009/uu_22_tahun_2009.pdf

Monggo bijimana menurut agan sekalian!

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to HD Bising Gak Ditilang? Yuk Kita Tengok Berapa DB dan Aturannya!

  1. brigade jalan raya says:

    nanti dikebiri kek di jepang. knalpot jadi anyep. di eropah aja supercar bisa dianyepin kek sedan :mrgreen:

  2. irwan says:

    yang buat aturan gak pernah naik motor jd aturan yang dibuat nya rancu dan susah di terapkan di lapangan.
    kalau pake knalpot yg pake db killer harusnya lolos, tapi kalo tetep kena razia mending polisi nya razia ke pabrik yang buat.

    • Rangga says:

      Masalahnya kalo mau razia pabrik terus mereka mau makan apa akhir bulan? Rahasia umum razia makin menggila akhir bulan :v pernah kejadian aneh kakak saya naik karisma tau tau dicegat polkis dibilang spion ga standart padahal tu motor masih keadaan stock wong baru turun dari dealer 2 mingguan surat surat juga lengkap

  3. RF says:

    Tidak jelas jadinya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan.
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

  4. peraturannya ngga tegas… klo tegas kayak jepang…. motor yang masuk jadi meskipun bawaan pabrik terpaksa harus ngalah……

    https://jalanberkarisma.wordpress.com/2014/02/14/peraturan-no-1-ducati-pun-mengalah-memang-harus-nurut-maaf-yah-designer/

  5. wildan septyan says:

    ≤ 80 cc maksimal 80 dB
    < 80-175 cc maksimal 90 dB
    )’ 175 [cc] maksimal 90 [dB] juga.
    Kalo maksud ane salah mohon dikoreksi gan biar engga jadi bingung ane hehe.
    Terima kasih

    • wildan septyan says:

      ≤ 80 cc maksimal 80 dB
      < 80-175 cc maksimal 90 dB
      )’ 175 [cc] maksimal 90 [dB] juga.
      Kalo maksud ane salah mohon dikoreksi gan biar engga jadi bingung ane hehe.
      Terima kasih

  6. Joko says:

    Karena pelindung HD adalah “oknum” polisi. Kalau memang HD diuji tipe beneran, masuk Indonesia knalpotnya harus diubah.

  7. tikuscoro says:

    karena di indonesah yang udah 70 th ini hukum bisa dibeli…., merdekaaaaaah !!

  8. Anonymous says:

    Itu karena selain karena efek ketua HDCI(tau kan siapa ketuanya :v) juga karena dianggap “wajar” kalo ada duitnya,mosok aku nunggang z8** knalpot chemco,eh akrapovic kok ditilang,tapi gak bayar wong bawa motornya buat bayar pajak di samsat keliling dan ndilalah ketemu polkisnya abis bayar pajak yowes duit kosong ninggal motor ambil knalpot asli :v

  9. hi hi hi says:

    logikanya motor tersebut gak keluar stnkanya, lha ninja 2 tak aja stop produksi

  10. Devil says:

    Pasal karet..!!

  11. Cibob Garut says:

    Oh brarti ane hrus coba pake RX-KING 135cc, pke OC 75 hahaha pasti di tilangga tuh?? Coba kalo di tilang polisi saya gowet dket kupingnya

    *sorry om ikut coment soalnya saya dendam ke yang namanya Polisi !!

  12. hernan says:

    Bentarr… Emang bnr std desibel kebisingan sudah ditentukan. tapi broo klok pake knalpot racing pabrikan kaya R9 lah.. dri pihak sono jg dah di sesuain std desibel y. jadi penilangan knalpot racing tanpa mengunakan alat ukur kebisingan Jelas tidak sah

  13. a says:

    Sampeyan kalo bikin artikel tergesa2? Dicek ulang lg sebelum posting mas … baik kata kalimat maupun tanda baca … terimakasih

  14. azhartammamiCBOD001 says:

    emang knalpot nya hd standartnya gitu lu aja yg kampung wkwkk :V

  15. Pingback: trading saham

  16. black katana says:

    Knalpot racing kn jg standar, sama2 bikinan pabrik, klo knalpot racing d larang krna d bilg gk sesuai undang2 ya harusnya tuh moge jg d larang beredar dsni krna juga gk sesuai undang2, tp ya dasar pulkis nya aja yg suka main2 d pasal karet kyak gtu, beraninya cmn sm pemakai kelas bawah, klo sdh urusan sama pemakai kelas atas ya tutup mata aja, pura2 lugu

  17. Pingback: web

  18. Sri utami says:

    Itu knalpot harley nya udh pada gk standar pabrik. Di ganti merk V&H .wajar kalo lebih bising. Lha enggak standar nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.