Penyesuian dengan Michellin, Yamaha Rubah Posisi Fuel Tank M1 Ke Belakang!

Tanki-BBM-m1_dipindah_belakang

yamaha memindah tanki BBM Yamaha M1 ke belakang

Beberapa pembaharuan penting nampaknya bakal dilakukan pada musim GP 2016, yang paling mencolok adalah sebagaimana kita ketahui, penggunaan ban kini tak lagi menggunakan Bridgestone, tapi beralih ke Michelin. Nah hal ini berdampak pada perubahan settingan yang dilakukan pabrikan, dimana salah satunya adalah perubahan visual terbesar di 2016, Yamaha merubah posisi tangki bahan bakar baru dipindah ke belakang jok .Sejauh ini semua produsen lain masih memiliki pengisi di depan pengendara .

Web banner 460X110px

Ternyata tangki di belakang ini sudah diujicoba Katsuyuki Nakasuga saat sebagai wild card si GP Jepang bulan Oktober lalu dengan urutan kualifikasi 15 dan menyelesaikan balapan basah dengan posisi urutan kedelapan.Selain sukses dengan ujicoba di bulan Oktober tersebut, ternyata diam-diam Yamaha telah melakukan ujicoba pada motor Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi di Aragon pada bulan September, kemudian melakukannya lagi pada Valencia bulan lalu.

Berikut beberapa settingan tank BBM motor:

fuel_tank_Ducati

fuel tank Ducati 2014 Sepang Test

fuel_tank-Honda

fuel tank Honda 2015 German MotoGP

fuel_Tank_Yamaha

Yamaha fuel tanks, 2013 Dutch TT

Berikut komentar Lorenzo:

“Mesin motor untuk 2016 sudah kami coba di Aragon dengan settingan yang merujuk pada ban Michelin untuk mendapatkan performa terbaik. Tangki bahan bakar diletakkan di bagian belakang, tepatnya di belakang kursi dimana sebelumnya diletakkan di depan pengendara.”

Settingan ini mengacu pada fakta bahwa Bridgestone terkenal gripnya dihasilkan oleh ban depan, sementara Michelin justru sebaliknya yakni terpusaat pada bagian belakang, hal ini mendorong Yamaha untuk merubah distribusi berat lebih maju untuk menyesuaikan dengan kebutuhan karakter grip ban baru tersebut. Hal tersebut yang menjadi alasan utama untuk desain tangki baru.

Alasan selanjutnya menurut tim manajer Lorenzo Wilco Zeelenberg seperti dikutip Crash.net mengatakan bahwa hal ini adalah masalah keseimbangan pegangan yang berbeda antara Bridgestone dengan Michelins, selain itu juga masalah bahan bakar dimana tahun depan akan ada dua liter lebih dibanding sekarang sehingga perlu nambah volume tangki BB.  Yup, kabar terakhir memang Yamaha dan Honda dibatasi sekali balapan 20 liter BBM di musim 2015 yang telah berakhir ini, dan kini meningkat menjadi 22 liter sehubungan dengan penggunaan sistem ECU tunggal yang dikabarkan lebih haus BBM.

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in MotoGP and tagged , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyesuian dengan Michellin, Yamaha Rubah Posisi Fuel Tank M1 Ke Belakang!

  1. goldwings says:

    Apa gak berat itu bawa bahan bakar 22 liter?

Leave a Reply

Your email address will not be published.