Bangkalan Pesta Motor Bodong, Dari Begal Motor di Surabaya-Pasuruankah?

 

Bangkalan Pesta motor Bodong
Bangkalan Pesta motor Bodong
Mas bro sekalian, mungkin pernah dengar istilah “City of Begal”? Inilah gelar yang kini nempel di kota Pasuruan, dan  kemudian merembet ke Sidoarjo dan Surabaya. Bayangkan dalam beberapa hari saja, belasan korban begal motor sadis bergelimpangan. Sadis gan, ada yang disabet tangannya hingga diamputasi, ada ibu-ibu yang disabet punggungnya, dan ada pula yang hingga meninggal. Belakangan masyarakatpun mulai kesal sampai ubun-ubun. Di bulan lalu dua begal dihajar sampai sekarat oleh massa bahkan di hari yang lain ada yang sampai meninggal karena saking jengahnya dengan ulah begal motor ini. Cekidot saja di link INI dan INI serta INI gan! 

 

Sementara di Sidoarjo, tak kalah ganas, begal yang sadis juga merajalela. Membacok korban dengan sadis, hingga masyarakat murka lalu melakukan main hakim sendiri. Begalpun ditangkap dan diadili ala pengadilan jalan. Ngeri gan. Cek aja dilink INI dan INI!

Pertanyaannya, dibawa kemana hasil curian ini? Mm, tak mudah memang menjawab pertanyaan ini gan. Hanyasaja sejak beberapa waktu lalu James Bons terus mantengin peregerakan informasi tentang begal Pasuruan, Sidoarjo, hingga Surabaya ini. Beberapa data menunjukkan, motor bodong ada yang dipake di daerah-derah setempat yang masih pedesaan dan bisa dibilang pedalaman sehingga tak selalu terendus polisi. Ada pula James Bons menemukan data bahwa motor-motor ini diambil mesinnya lalu dibuat penggerak perahu.

Hingga beberapa wakktu lamanya James Bons terus menelusuri arah pergerakan distribusi motor bodong ini, sesaat kemudian menaruh kecurigaan pada kegiatan pak polisi yang sering melakukan razia di jembatan Suramadu. Cek saja misalkan di Link INI, dimana 4 begal motor didor di sini, atau juga di SINI. Lama James Bons melamun, hingga akhirnya sebuah pertanyaan melintas, mungkinkah itu pak polisi memutus peredaran begal motor ke Madura? Selanjutnya James Bons terus mencari pergerakan informasi tentang begal motor di Madura. Pemikiran pertama daerah yang deket jembatan Suramdu dulu, Bangkalan. Sedikit titik ternang nampaknya di sini. Polres Bangkalan ternyata memupus apa yang disebut “Pesta Motor Bodong di Bankalan” Dalam bulan Januari lalu saja ternyata ada seratusan lebih motor bodong disita di Bangkalan dalam berbagai razi, wong ngeri gan. Ini data dari Humas Polres Bangkalan langsung gan, tidak asal gombelng, ngeri kan!

Coba simak data bulan Januari 2017 lalu gan dari rekam jejak Polres Bangkalan, area dimana merupakan pintu masuk pulau Madura dari arah Surabaya via jembatan Suramadu:

Ini salah satu data yang diunggah polres bangkalan:

Daftar motor Bodong di Bangkalan
Daftar motor Bodong di Bangkalan

Kemudian selanjutnya sebanyak 88 unit sepeda motor yang diduga tidak dilengkapi dengan surat-surat lengkap!

motor bodong bangkalan 1
motor bodong bangkalan 1
motor bodong bangkalan 2
motor bodong bangkalan 2
motor bodong bangkalan 3
motor bodong bangkalan 3

Ya, sebuah pertanyaan yang simpel, wong Madura pulau kecil apalagi hanya kabupaten Bangkalan, dalam satu bulan sudah ratusan motor bodong disita, nggak mungkin kan kalau hanya produk curian lokal?! Pastinya impor dari daerah lain. Ya secara kasar bisa dinyatakan darimana lagi kalau bukan Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan, yang jeals belakangan menjadi “The City of Begal”.

Ya, itu baru lamunan dan kesmipulan James Bons sementara dari data fakta yang ada. Mmm, mayan gan untuk membuat artikel ini butuh waktu 78 bulan memantau pergerakan begal motor ini. So Makasih Pak Polisi telah sigap dalam menangani kasus curanmor atau begalmor, lanjutkan pak.

Advertisements
About Bonsai Biker 5794 Articles
Pecinta bonsai dan otomotif

4 Comments

  1. Bukan rahasia lagi bang bons.. Kisah nyata, temen ninja di gondol, langsung di tungguin di suramadu.. Lewat beneran dah, di tabrakin..dapet lagi akhirnya. Sayangnya aparatnya kurang reaponsif kalo ada kejadian padahal polanya udah jelaa banget, kalo lapor malah suruh ngiklhasin..

  2. sudah ga kaget bro soal hasil curanmor larinya ke pulau yang itu. beberapa bulan lalu juga rame pencurian mobil L300 di surabaya dan pelaku larinya ya ke suramadu. bahkan sempat kejar2an ama aparat dan di dor setelah pintu keluar arah ke pulau

  3. Orang madura ya rata2 bikin rusuh di tempat dia tinggal. Contoh aja pasuruan. Ya kelakuan nya mbegal. Ada juga kampung begal. Isinya begal semua. Napa gak di genosida aja ya. Sampah masyarakat. Sorry buat yang turunan madura. Bukan ane sara. Tapi kalian mbok ya kelakuannya yang santun. Wong rata2 pinter agama. Giliran di bantai kayak disampit. Malah gak tobat eh malah buat gubuk2 pinggir rel sama pinggir sungai di jatim. Lama2 ngendon gak mau pindah. Giliran dipindah minta carok… Giliran dibantai orang pribumi nangis2 dah . Repot mah urusan sama orang madura.

Leave a Reply

Your email address will not be published.