Motor 3 Roda Yamaha Tricity Vs Peugeot Metropolis 400 | Bonsaibiker

Motor 3 Roda Yamaha Tricity Vs Peugeot Metropolis 400

Motor 3 Roda Yamaha Tricity Vs Peugeot Metropolis 400

Motor 3 Roda Yamaha Tricity Vs Peugeot Metropolis 400

Sepeda motor adalah moda transportasi yang umum ada di Indonesia. Rodanya biasanya dua, dan harus punya keseimbangan untuk dapat mengendarainya. Dibanding mobil, motor jauh lebih populer dan laris.

Namun defisini bahwa motor hanya punya dua roda tak selamanya benar. Buktinya, ada juga motor yang rodanya ada tiga. Disebut motor karena ia tidak ditutupi bodi, dan kontrol rodanya menggunakan stang seperti motor pada umumnya.

– Yamaha Tricity

Kita buka dengan Yamaha. Pabrikan nomor dua terbesar di Indonesia ini punya satu motor tiga roda bernama Tricity.

Yamaha Tricity pertama kali diperkenalkan ke publik di ajang otomotif yang digelar di Thailand, April 2014 lalu. Setelah itu, motor ini juga dijual di Jepang, Australia, Selandia Baru, dan pasar Eropa pada 2015 lalu.

Di Indonesia, Yamaha pertama kali memperkenalkan model tersebut di ajang Indonesia Motorcycle Show (ImoS) 2016, yang dihelat di JCC, November tahun lalu. Saat itu motor ini diperkenalkan bersama lima motor lain seperti XMax dan Aerox.

Saat itu Tricity tidak ada dalam lineup. Ini disebabkan karena motor ini didatangkan dengan sistem jatah dari Thailand, dan kloter pertamanya sudah ludes (30 unit). Saat itu Tricity dibanderol dengan harga Rp 66 juta.

– Peugeot Metropolis 400

Dari Peugeot, kita punya motor tiga roda bernama Metropolis 400. Motor ini didistribusikan oleh PT Garansindo International Motors (GIM), dan pertama kali diperkenalkan ke publik pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Kemunculan motor roda tiga mereka juga dimaksudkan untuk menandingi dominasi Piaggio MP3. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 2011, dan diproduksi di pabrik Doubs Mandeure, Perancis. Motor ini juga pernah dijadikan objek pelanggaran hak cipta karena dinilai meng-copy paste Piaggio MP3, terutama suspensi independennya.

Sebagaimana namanya, Peugeot Metropolis 400 mengusung mesin 400 cc yang hasilkan tenaga 37,2 Tk dan mampu berlari hingga 160 kmjam. Cukup cepat. Saat diluncurkan Peugeot Metropolis dibanderol dengan harga Rp 219 juta.

Advertisements
%d bloggers like this: