Mobil Eks Taksi seharga CBR250RR Menggiurkan, Tapi Simak Ini Agar Gak Dapet Mobil Buosok!

eks taksi
eks taksi

Sebuah artikel yang sedikit ruwed ni gan, James Bons nyiapin artikel ini musti ngumpulin bahan selama sebulan lebih. Ya, dalam rangka membahas Mobil Eks Taksi seharga CBR250RR Menggiurkan, Tapi Simak Ini Agar Gak Dapet Mobil Buosok! Pasalnya memang banyak mobil buosok dijual mahal dan pembelinya sering tertip dengan cat baru dan interior yang sip.

Kenapa mesti sebulan lebih? Ya musti ngejar kabar dari supir taksi, lalu ngintip harga ke pool taksi, kemudian liat orang yang bertransaksi langsung beli mobil eks taksi, dan terakhir ngintip bagaimana mumetnya seorang pembeli mobil eks taksi yang dikuras kantongnya di begngkel mobil gara-gara bagian-bagian penting mobilnya buosok dan tak layak pakai.

Oceh gan, dalam artikel yang agak panjang ini James Bons mau bahas beberapa point, mulai dari mengenal deretan mobil eks taksi yang mau dijual, beda Limo dan Vios, kisaran harga mobil Eks taksi, Point-point penting dalam membeli mobil eks taksi.

Gambaran Umum mobil Eks Taksi Yang Bosok

Suatu hari James Bons kedatangan rekan yang ingin diajarin mobil. Ternyata mas bro ini usai beli mobil eks taksi gan. Belinya tidak pada pool taksi, tapi pada orang ke dua yang telah beli dari pool taksi, dah dipake dan kini dijual. Nah pastinya belajar pertama di jalan sepi yang datar, lalu ke jalan ramai, dan kemudian belajar berhenti di tanjakan. Nah untuk belajar di tanjakan, mas bro ini James Bons ajak ke rumah, karena depan rumah ada tanah kosong yang di dalamnya terdapat tanjakan.

Pas James Bons ngjarin, ohhh ruwed, di tengah tanjakan Mobil gak kuat nanjak, dan di rem, mmm remnya gak bisa nyetop mobil ampek berhenti. Akhirnya mobil nggloyor ke belakang ke bawah. Sampek di bawah, James Bons berhasil berhenti dan kontan buka kap mobil. Mmm, siap sangka mobil yang catnya mulus dan interiornya dah diganti dengan mak nyuss ini, dalemannnya buosok. Lihat saja gambar di bawah ini:

mobil eks taksi
mobil eks taksi

Ya, simak point yang bikin mumet dari mobil inigan:

  • Kampas koplingnya sudah abis gan, makanya di tanjakan gak kuat.
  • Kampas rem berikut disk brakenya sudah musti diganti gan, aus semua, makanya gak mau berhenti saat direm di tanjakan.
  • Kaki-kaki gak ada yang bener, 4 shock brakernya sudah saatnya ganti semua, makanya ketika melibas jalan keritik serasa naik gerobak, blethak-gludagh-gludagh.
  • Steering kit sampai roda pada bermasalah, jadi kalau nyetir musti posisi nyerong, tidak lurus.
  • 4 ban dah botak semua.
  • Head mesin merembes
  • kabel busi pada putus getas, sebagian telah sambungan.
  • 3 Engine mounting sudah 0blagh.
  • Bendik starter sudah oblak sehingga ketika distarter suaranya kaya angkot.
  • Kondisi mesin kotor tak terrawat.

Nah, itu yang James Bons lihat saat mobil Limo/Vios Eks Taksi yang dibeli seharga Rp. 50 juta ini sedang rawat inap di sebuah bengkel kenalan James Bons ; Lhat terus kerusakan sebitu banyak minta biaya berapa poerbaikan? Mumet kan gan. Yuk kita itung yang nampak aja dulu :

  • Seset kampas kopling 1-1,5 juta.
  • 4 unit disk brake sekitar 1,3 juta.
  • Kampas rem depan belakang kurang lebih sekitar 800-an.
  • Engine mountig 3 buah sekitar 1,3 juta.
  • Steering kit : Mumet ini gan ngitungnya, harus nunggu dibongkar dulu, karena ini menyankut sayap, CV Joint luar dalem, klaher, dan masih banyak lagi yang musti dilihat dan dibongkar semua untuk menentukan mana yang harus diganti, sementara ini bengkel memvonis minimal 1,5 juta dengan syarat kerusakan bisa diakali, kalau diganti full, ya mumet.
  • Harga Shock braker rata-rata 1,3 jutaan, tinggal kli 4 gan.
  • 4 ban, kalau Dunlop/Achiles di kisaran 400-500, tapi kalau Bridgeston ya kisaran 700-1jeti

Nah ini baru yang terlihat saja kisaran biaya sudah 15 jutaan, belum termasuk yang di dalamnya andaikata sudah dibongkar. Plus belum termasuk biaya jasa perbaikan, yakin gan, 20 juta bakal amblas. Dan saat James Bons tanyakan langsung ke bengkel, heheh, si mas bro teknisi bilang segitu juga kalau mau fiks mobilnya, masih kurang mas musti nambah lagi, woh, opo ra mumet gan!

ban nyerong
ban nyerong

Gambaran Umum mobil Eks Taksi Yang Maknyus

 

Temen James Bons ternyata banyak juga yang pake eks taksi gan. Dan yang mobilnya mak nyuss juga banyak. Dari survey yang James Bons lakukan ke lapangan, baik ke usernya, ke sopir taksi, hingga ke pool taksi, memang ada rekomendasi bahwa ketika membeli mobil eks taksi, ada baiknya langsung ke pool blue bird. Karena perawatannya lumayan bagus, namun risikonya harganya sedikit atau kadang jauh di atas mobil eks taksi lainnya.

Gambaran lain, adalah beli ke sopir langsung (taksi ekspress misalnya yang merawat mobil adalah sopirnya sendiri, karena mobil dicicil ke perusahaan, jadi kalau dah lunas, yang jual sopir sendiri bukan perusahaan kaya Blue Bird.) Nah, kalau ke sopir harganya bisa jauh di bawahnya gan. Namun kita musti pilih-pilih sopir yang hobi merawat mobil, atau yang kemproh asal pakai hingga mobil jorok, kropos dan tak sehat.

Deretan mobil yang mau dijual:

Tipe mobil yang dijual pun cukup banyak, mulai Toyota Limo sebagai mobil bekas Blue Bird Taxi reguler, ada pula Mercedes Benz C200, E200 Kompressor dan Toyota Velfire bekas taxi mewah Silver Bird. Selain itu Blue Bird Group juga menjual Avanza, Xenia, Ertiga, Innova, Honda CRV dan sebagainya dari ex Golden Bird.

Limo dan Vios

Dalam artikel kali ini akan lebih fokus membahas Toyota Limo yang menggunakan body, interior dan mesin yang sama dengan Toyota Vios. Saking miripnya sehingga banyak yang mengira bahwa yang dijual oleh Blue Bird adalah Vios ex taxi, padahal bukan. Wajar saja karena Toyota Limo dan Vios bak pinang dibelah dua, yang membedakan hanyalah fitur-fitur kelengkapannya saja. Misalkan jika pada Toyota Vios terdapat power window, spion elektrik, rem ABS&EBD, dan head unit double din maka pada Limo bekas taxi Blue Bird fitur itu menghilang. Jika anda tertarik membeli sedan bekas dengan harga yang terjangkau ini maka anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini sebelum memutuskan untuk membelinya:

Kisaran Harga Mobil Bekas Taksi

Tapi harga mobil bekas blue bird taxi saat ini ditahun 2017 unit bekasnya produksi tahun 2010 dibanderol Rp 77,5 juta, sedangkan yang tahun 2011 masih dijual dengan harga 87,5 juta.

Toyota New Limo Th. 2011 dan Mercedes Benz E200 Kompressor

Harga Mulai Rp 82.500.000 (New Limo 2011)

 

Gamya Taxi

Kami sedang melakukan penjualan Nissan Latiodi depo S (TB. Simatupang 31, Jakarta Timur), Depo J (Joglo Raya 31, Jakarta Barat), Depo R (Pahlawan Revolusi 31, Jakarta Timur). Seluruh mobil kami dilengkapi dengan masing-masing database terkomputerisasi yang mencatat semua informasi mengenai perbaikan dan pemeliharaan.

Harga Jual Nissan Latio :
1. Tahun 2010    Rp. 59.000.000,- 

Saran:

Dari uraian di atas, agan sekalian musti jeli dalam membeli mobil eks taksi. Karena ya taksi bisa dibilang dipake 24 jam non stop dalam sehari. Pasti banyak part yang musti diganti. Misalnya saja Toyota Limo mobil bekas blue bird taxi berumur 5 tahun jarak tempuhnya bekisar di angka 300.000 kilometer, rata-rata kaki-kaki mesti aus gan, lalu kampas kopling abis, steering kit juga musti diperiksa. Nah kalau agan sekalian tidak teliti ya, bakal mengalami nasib seperti gambaran buosok di atas.

Ada baiknya kalau ragu, ya mending beli ke pool yang sudah terpercaya macem bluebird, usia baru 5 tahun, namun harganya mahal. Namun bia agan sekalian tau mesin, atau mungkin membawa mekanik untuk ngecek, ya silakan berburu ke sopir gan, jauh lebih murah, btw ya musti teliti.

Advertisements
Advertisements

14 Comments

  1. Saya dah 2 thn lbh pk mantan mbah, Mojang Korea 2005, harga under 45 jt, mesin masih kimpling..cm kaki2 da sdikit PR, tp yakin dg 5 juta pling jg beres..sayang spare part agk syusah..hehe..

  2. temen ane limo bluebird 2010 plat H kena 68 om, kondisi bagus kok, langsung ganti velg sama pasang power window. dan ngustom bodykit.
    yg baru ane tau ternyata itu dibooking langsung diguyur cat item, bagus catnya peesis pabrikan

  3. Tergantung dari perusahaan taksi yang ngejual mbah. Ada perusahaan yang care sama armadanya dengan perawatan berkala ada juga yang ora. Itu mobil warna putih kayaknya bukan dari perusahaan taksi biru deh. Di tempat ane kebanyakan direpaint kalo ga merah ya hitam.

  4. Memangnya beli mobilnya sambil merem kali, kok bisa kondisi seperti itu tidak keliahan atau tutup mata,

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin