Ternyata Truk Maut Bumiayu Bukan Blong Tapi Kelebihan Muatan

Ternyata Truk Maut Bumiayu Bukan Blong Tapi Kelebihan Muatan

Kecelakaan Truk Maut Bumiayu – Bonsaiiker.com – mas bro sekalian, ada berita yang begitu  mencengangkan dari kepolisian terkait truk maut yang nyruduk pasar kaget di Bumiayu dan menyebabkan belasan orang meninggal, puluhan orang luka dan puluhan kendaraan rusak serta rumah berantakan yang terjadi kemarin. Ya, setelah olah TKP dilakukan Polisi untuk truk maut tersebut hasilnya cukup bikin melongo. Ternyata Truk Maut Bumiayu Bukan Blong Tapi Kelebihan Muatan. Jadi secara keseluruhan memang Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng yang telah melakukan olah TKP dari titik awal truk menabrak kendaraan lain hingga posisi terakhir truk oleng dan terjungkal, dalam pemeriksaan sementara, terdapat beberapa fakta yang bisa diungkapkan yang salah satunya adalah truk kelebihan muatan.

kecelakaan maut truk bumiayu
kecelakaan maut truk bumiayu

Dari keterangan Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Bakharuddin yang ketika olah TKP berada di lokasi mengatakan bahwa truk maut initernyata tidak mengalami malfungsi rem, alias blong, rem ternyata berfungsi dengan baik. Beberapa faktor disinyalir menjadi penyebab kecelakaan maut tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Faktor pertama kadalah terkait kondisi jalan yang berupoa turunan panjang namun landai, Hal ini membuat kecepatan truk maut ini terus bertambah. Jadi pasca turunan flyover Kretek sepanjang 480 meter, truk maut ini melewati turunan lagi sepanjang 2 Km dengan kecepatan 60-70 kph. Masih menurut Bakharuddin, ketika itu sopir truk berusaha mengerem tapi kesulitan. Ketika sopir mencoba memindahkan gigi juga tidak berhasil, bahkan rem tangan pun juga tidak berfungsi.
  • Faktor ke 2 adalah lantaran truk kebanyakan muatan, hingga melaju tak terkendali. Jadi gan, yang perlu digaris bawahi, besar tonase yang diijinkan truk ini adalah sebesar 20 ton, sementara truk ternyata membawa beban gula pasir sebesar 38 ton, jadi di sini truk kelebihan beban 18 ton atau 87 %.
  • Faktor selanjutnya adalah bahwa menurut Dirlantas ini truk  berat mustinya lewat jalan lingkar bukan jalan dalam kota sperti ini. Jadi saat insiden kecelakaan maut tersebut terjadi laju truk sudah tidak terkendali, akhirnya sopir mengambil jalan lurus ke arah dalam kota, bukan belok kanan ke arah jalan lingkar. Kemungkinan sopir tidak memahami jalan dalam kota yang ramai.

Demikian kabar terkini yang Ternyata Truk Maut Bumiayu Bukan Blong Tapi Kelebihan Muatan. Berikut beberapa artikel lalu tentang kecelakaan truk maut di Bumiayu :

Ini Jeritan Warganet Terkait Kecelakaan Mut Truk Rem Blong Yang Meluluhlantakkan Pasar di Bumiayu

Info Mudik Lebaran 2018 H-26 : Cipali Macet Pasca Kecelakan Bus Karina vs Truk Bok di KM 205

Begini Kondisi Pasar Kaget Morat-marit Pasca Dihantam Truk Rem Blong di Bumiayu

Daftar Korban Meninggal dan Luka Dalam Insiden Maut Truk Rem Blong Sruduk Pasar Kaget di Bumiayu

Kronolgis Kecelakaan Maut Bumiayu Truk Rem Blog Sruduk Pasar Kaget

Horor, Kecelakaan Maut Bumiayu, Truk Rem Blong Sruduk Pasar Kaget Sebabkan Belasan Meninggal

 

1 Comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.