Tips

Penanganan Rumah Kopling Motor Sport Oblak

part-tiger
part-tiger

Brader sekalian bila anda mempunyai motor sport macem Tiger, Scorpio atau Vixion, sementara anda adalah speed lover, maka tak jarang anda mengaplikasikan setengah kopling. Ini memang membantu dalam mengumpulkan tenaga si motor dan bisa menghentak. 

Terlebih bila di kota besar macem jakarta, nampaknya aplikasi setengah kopling sudah menjadi style. Efek dari style ini biasanya rumah kopling cepat oblak, karena hanya ditarik setengahnya saja, sehingga beban gesekan lebih besar. Nah bila rumah kopling oblak tenaga motor akan ngedrop atau ndut-ndutan, seorang mekanik yang kurang handal biasanya suka menuduh karburator sebagai penyebabnya, namun bagi mekanik yang berpengalaman akan langsung tau kalau si rumah kopling ini penyebabnya.

Bila ini terjadi maka anda harus bongkar blok bawah mesin bagian samping dan mengganti rumah kopling. Dalam hal ini sebetulnya yang membikin oblak adalah karet dalam rumah kopling yang sudah tidak elastis lagi, dan harus di ganti. Sayangnya dari pihak ATPM tak menyediakan part ini secara parsial alias hanya menyediakan satu set rumah kopling. Lalu masalahnya lagi satu set rumah kopling harganya sangat mahal mencapai 800.000 sampai 1 jeti, padahal kita cuman perlu ganti karetnya saja.
Di pasaran sebetulanya banyak yang menjual part ini, tak jarang misal karet kopling tiger dilabeli AHM dan terdapat sealnya, padahal itu palsu alias bukan dari AHM, demikian juga dengan secorpio. Harganyapun murah hanya 35 ribu rupiah. Bila brader sekalian memasang ini maka biaya yang perlu dikeluarkan adalah 35.000 + ongkos bubut 10.000 + ongkos pasang +- 75 ribu = Rp. 120 ribu. Murah sih motor menjadi galak seperti semula, namun itu tak berlangsung lama, pada usia 3 bulan rumah kopling akan oblak lagi karena karet non original tak tahan panas sehingga cepat rusak. Sementara mau beli dari part ogirinal harus keluar kocek 850.000 + ongkos pasang, maka hampir satu juta. Bayaaangkan betapa mahalnya!!!

Ketika James Bons konfirmasi angsung ke pak Nyoman (fihak AHM) dalam sebuah acara dialog, beliau menyatakan bahwa AHM tidak menjual karet secara parsial, dan hanya menjual secara lengkap bersama rumah kopling karena alasan presisi pemasangan akan kurang tepat bila dilakukan di bengkel bubut biasa. Bonsai Biker dalam menanyakan ini mengambil alibi kenapa AHM mengajarkan pemborosan dengan membeli yang baru seharga 800 ribu, padahal yang lama masih bisa di pakai dengan syarat AHM jual karetnya. Pdahal tukang bubut juga cukup ahli lo!!!!!!!!

Wal akhir setelah James Bons sowan ke rumah Begawan kolor ijo yang ahli tehnologi industri, beliau menuturkan bahwa karet itu sebaiknya membeli sendiri di Glodog jakarta barat khusus karet industri yang tahan panas, kemudian dibawa ke tukang bubut karet kemudian bawa aslinya dan dibentuk sesuai aslinya, maka di jamin akan awet, tahan lama dan biaya tak lebih dari 200.000 Rupiah. Bandingkan dengan kalau ganti rumah kopling sesuai prosedur AHM yang menghabiskan dana -+ 1 juta Rupiah.

Nih satu masukan buat AHM untuk kampanyekan pengiritan!

Sebagai ilustrasi terakhir ini bisa terjadi pada CBR baik 150 atau 250 atau apa saja yang sering aplikasi setengah kopling!!!!!!

47 komentar pada “Penanganan Rumah Kopling Motor Sport Oblak

  • lhoh…kok jenengku ono meneh ning kene?? tobat wis……..kaplinge/ruko diglodoknya aku lali…….

    Balas
  • Numpang ngising eh ngeksis ding…

    Balas
  • uDien D'Kabayan

    wilujeung enjing ….

    Balas
  • lha kok gur AHM sing di singgung. YmKi piye

    Balas
  • Bro ken heart

    wah jalok di bacok ahm ki bocah, berita nya gak berimbang, mencemarkan nama baik

    Balas
    • Baca lagi yang cermat baru komen,
      tak semua motor harus di persembahkan satu persatu,
      kenapa mesti tiger, atau ahm saya sudah pernah ngurusi tiger luar dalem, sudah tanya ke ahm langsung, kalau itu mencemarkan nama baik itu paling saking guoblognya anda

      Balas
      • sabdho guparman

        njaluk dirukyah mbah. . .

        keep brotherhood,

        salam,

        Balas
  • nek tanaman bonsai iso oblak pora akarnya… 🙂

    Balas
  • coba main ke glodog jakbar cari tempat karet di situ sampean bisa pesen bagaimanaapun bentuknya

    Balas
  • waduh riris ku juga bermasalah dibagian kopling nih pak.. 🙁

    Balas
  • sabdho guparman

    mestinya judulnya begini mbah. . .
    rumah kopling mau awet ? jangan gantung kopling anda. . .

    keep brotherhood,

    salam,

    Balas
  • di scorpio: karet vacumm karburator yang rusak, bila ganti karetnya doang Rp.600.000,- bila beli karburator full set japan Rp.800.000,-. biyuh..mesisan ganti anyar sak karburator’e ae nek ngono.

    Balas
      • glek…glodak..pingsan deh….!!! diameternya sama gak ama punya thunder?? kalo sama..punya tundher 250cc bahannya joss dan harga gak semahal yamaha……..

        Balas
      • karet vakum punya thunder cuma 45 ribuan

        Balas
  • perkaretan nih karet a ekonomi murah james hehehhe oot

    Balas
  • salam kenal brur…
    saya punya scorpio 2008 dengan keluhan yg sama dengan tulisan sampean..
    motor jd bergetar banget, bayankan motor 225 cc kog digeber 90 kpj getarannya serasa 7 skala ricthter…..
    mai got…
    kira2 kalau ada info untuk bengkel yg jago dalam masalah itu di daerah bojonegoro jawa timur (dan sekitarnya)….
    mohon bantuan…
    thanks…
    (~_~)

    Balas
    • Salam kenal balik mas bro, ponakanku juga di bojonegoro, di padangan.
      kalau kasusnya itu nampaknya sama mas bro, kalau dibawa ke bengkel resmi biasanya langsung suruh ganti satu set, makanya ke bengkel tidak resmi yang ahli. aku punya temen namanya Karno hp nya 081388442185, dia ahli banget masalah begitu, rumaahnya di ngawi yang ke arah caruban itu, kan deket sama bojonegoro, cuman dia kadang di jakarta, coba hubungi saja dia siapa tahu pas di ngawi. Enaknya sam dia mas bro, motor dibongkar di rumah sampean, nanti part apa yang perlu sampean sendiri yang cari berarti kan lebih meyakinkan dan terhindar dari penipuan.
      kalau mau konsul masalah scorpio tuh cak tarom Komentator no 15 touring rider, dia pemilik scorpio, dia tahu banyak tentang srvis scorpio, coba main aja ke blognya klik no 15 tsb di atas.

      Balas
  • Koyone gledekanku wes kudu dibenekke ki…kalo Suzuki gimana bang bons??…ada saran??….

    Balas
  • matur suwun mas bro..
    oiya ponakan sampean itu pake scorpio juga yach?
    trus masalahnya bisa selesai g sekarang…
    kalo boleh minta nomor dia juga dunk…?!
    hwehehe….
    itung2 buat sharing n nambah saudara…
    matur suwun

    Balas
  • mau ganti karet kopling scorpio, dibubut pakek merk apa karet ny yg mantap ny ?? mana tau bisa di subtitusi ke merk lain gtuu… mohon pencerahan..

    Balas
  • Alamat lengkapnya yang jual karet di Glodog jakarta barat nya dimana mas, bisa tolong beritahu no.hp ato pin bb atau No.yang bisa dihubungi ?

    Balas
  • Thank you great post. Hello Administ .Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • I really love to read such an excellent article. Helpful article. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Thank you for content. Area rugs and online home decor store. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Nice article inspiring thanks. Hello Administ . Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • Hi, just required you to know I he added your site to my Google bookmarks due to your layout. But seriously, I believe your internet site has 1 in the freshest theme I??ve came across.Website Giriş için Tıklayın: tipobet

    Balas
  • After all, what a great site and informative posts, I will upload inbound link – bookmark this web site? Regards, Reader.

    Balas

Tinggalkan Balasan ke martiniBatalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.