tilang-cirebon
tilang cirebon

Wadduh ini, adalah pengakuan seorang netizen yang memposting bahwa ketika ia bawa sepeda dilipet di bagasi mobil ditilang Rp.650.000. Alamaka mahal nian tilangnya gan! Nah, kasus ini belakangan ramai dishare di Sosmed seiring dengan boomingnya kasus penilangan di Cirebon.

Pertama

Yang menjadi sorotan pertama adalah bahwa hal ini adalah baru pengakuan sepihak dari netizen yang dishare ke banyak group dan menjadi ramai diobrolkan di internet. Belum dicrossceck ke kepolisian Cirebon. Dengan memandang dari dua sisi, yakni dari sisi penilang dan tertilang yang masing-masing berpeluang dirugikan, bahwa jelas kalau berita ini benar tertilang dirugikan, dendanya gede banget. Selanjutnya kalau berita ini tidak benar polisi yang dirugikan. So, masih 50-50.

Ke dua, Aturan Tentang Bawa Barang di Bagasi 

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan (“PP 74/2014”). Pengangkutan barang  dengan mobil penumpang boleh saja dilakukan dengan persyaratan teknis, meliputi:

a.    tersedia ruang muatan dan/atau tempat muatan yang dirancang khusus;

b.    barang yang diangkut sesuai dengan ruang muatan; dan

c.    jumlah barang yang diangkut tidak melebihi daya angkut sesuai dengan tipe kendaraannya.

Risiko Hukum Melanggar Aturan Pengangkutan Barang oleh Mobil Penumpang

Jika tidak memenuhi persyaratan, Penyidik Kepolisian di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan berwenang memberhentikan, melarang, atau menunda pengoperasian dan menyita sementara Kendaraan Bermotor yang patut diduga melanggar peraturan berlalu lintas.

Dasar Hukum:

1.    Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan;

2.    Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

Menurut Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 307 jo Pasal 168 ayat 1, mobil pribadi harus disesuaikan dengan fungsinya. Pelanggaran terhadap mobil muatan barang yang berlebih (pasal 307 JO 169 (1)) akan dikenakan denda Rp 500 ribu. Tata Cara Pemuatan Barang Tidak mematui ketentuan mengenai tata cara pemuatan, daya angkut, dimensi kendaraan Pasal 307 jo pasal 169 ayat (1) 500.000

Wong Denda Maksimal Cuman Rp.500.0000

Wong dendanya maksimal cuman Rp.500.000 kok di denda Rp.650.000 alamak kok bisa gitu?