Dieng Membeku, Embun Upas, Suhu Min 3 Deajat Celcius, Beberapa Kendaraan Diessel Mogok

Dieng Membeku

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, musim dingin menyambangai pulau Jawa. Pokoknya mulai matahari terbenam, hingga sekitar jam 07.00 dingin baget. Nah, bagaimana berita di dataran tinggi? Misalkan dataran tinggi Dieng? aihihihi Dieng Membeku, Suhu Min 3 Deajat Celcius. Itulah yang terjadi Jumat (21/6/2019) hingga Sabtu, (22-06-2019) ini. Jadi mas bro, suhu di komplek Candi Arjuna turun higga minus 3 derajat celsius. Nah orang sana menyebutnya dengan istilah Embun Upas.

Dieng-Membeku-di-sekitaran-candi-arjuna
Dieng-Membeku-di-sekitaran-candi-arjuna

Seperti nampak pada foto di atas, bahwa warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Hasta Priyandono, sempat mengabadikan momen munculnya salju di Dieng ini, atau embun es. Ya, di kawasan objek wisata Candi Arjuna terlihat memutih lantaran munculnya salju atau embun es ini. Kemudian masbro, genangan air yang berada di seputaran daerah ini juga membeku, makanya seperti nampak dalam foto di atas, bisa diambil dengan tangan.

Mas bro sekalian, ternyata ada juga yang membawa thermometer ke Dieng. Dan setelah mengukur suhu udara di Dieng, Jumat (21/6) pukul 05.30 WIB. Ternyata mas bro, suhu udara di Dieng sampai minus 3 derajat celsius.

Jadi Jumat dan Sabtu ini muncul kembali embun es di Dieng.

Beberapa warganet membuat postingan terkait suhu dieng yang ekstrim ini yaitu diantaranya :

Ade Yaqub Kurniawan 3 jam ·

Sumber wonosobozone

Snowy Duck…. Suhu Dieng pagi ini minus 5’C
. •••
Penasaran dengan Salju Dieng….
Segera ke sekitar Candi Arjuna nanti sekitar pukul 06 – 07 WIB Sabtu tanggal 22 Juni 2019…karena sekarang pukul 01.38 sudah terbentuk es di rerumputan…suhu minus 2’C…
Cuuzz Candi Arjuna Dieng….gesss
.
.
from @aryadidarwanto

Beberapa Kendaraan Diessel Mogok

Mas bro sekalian, ternyata fenomena ini berpengaruh menjadi hal yang kurang baik bagi kendaraan. Mobil-mobil para wisatawan yang datang ke komplek Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah mengalami macet masal. Kejadian ini menimpa khususnya kendaraan bermesin diesel. Spesialnya ternjadi pas musim embun upas, atau musim beku ini.

solar-membeku
solar-membeku

Konon, macetnya mobil-mobil diessel ini terjadi lantaran solar yang menjadi bahan bakar dari mobil tersebut membeku. Ini merupakan efek dari ekstrimnya suhu dataran tinggi Dieng yang mencapai minus 3 derajat celcius.

Kalau menurut salah atu warganet Didik Pranolo, Yg bikin beku salah satunya adalah kandungan bio nya yg tinggi. Kandungan bio ini juga didalamnya kandungan air yg tentunya bertambah persentasenya vs yg non bio. Air kena dingin bisa beku. Nah perlu aditif utk memecah molekul air supaya dapat teremulsi dg baik didalam bbm. Aditif produk luar negeri biasanya tidak ada kandungan ini. Justru di kita sdh banyak yg memproduksinya, salah satunya eugenol yg di suling dr tumbuh2an

1 Comment

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.