8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1 Serta Tips Beli Mobil Sekennya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengulik tentang  Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1 Serta Tips Beli Mobil Sekennya nih. Pada November 2019, mobil BMW X1 versi facelift nya meluncur pertama kali di De Luca Restaurany, Plaza, Jakarta.  Kalau dilihat dari desainnya memang bikin masyarakat tertarik. Apalagi  dengan tambahan fiturnya yang canggih.

8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1'
8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1′

8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1

Yup mas bro, BMW X1 yang mungil untuk versi facelift ini Suzuki hanya menawarkan satu varian untuk masyarakat Indonesia yakni BMW X1 sDrive18i xLine. Tentu para pecinta mobil SUV Tanah Air banyak yang penasaran dengan mobil ini serta ingin mengetahui keunggulan dan kekurangannya sebelum memiliki.

Nah berikut ini tabel 8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1 sDrive18i xLine yang berhasil dirangkum sebagai berikut:

No.KelebihanKekurangan
1.Desain lebih sporty dan eleganHarga beli baru mahal
2.Kabin lebih luasPerforma mesin kurang
3.Steering sudah tilt-telescopicMenggunakan FWD
4.Transmisi bergaya joystickSuara mesin berisik
5.Jok lebih ergonomisEksklusivitas bengkel BMW
6.Mesin irit BBMWheelbase lebih pendek
7.Fitur canggihAda satu varian saja
8.Bagasi lebih luasHarga jual rendah

8 Kelebihan BMW X1

Berikut ini uraian tetang 8 Kelebihan BMW X1 dari 8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1, antara lain:

1.Desain lebih sporty dan elegan

Kelebihan pertama yang terlihat dari BMW X1 sDrive18i xLine ini yaitu Desainnya lebih sporty dan elegan nih mas bro. Di bagian depan ada desain kidney grille baru yaitu grille one piece yang lebih lebar. Lalu untuk lampu depan dibuat dengan lebih besar berdesain baru yang diberikan fitur adaptif utnuk visibilitas di malam hari lebih baik. Fog lamp terdapat di bagian bumper bawah dan dibentuk persegi panjang.

Pada bagian samping, ada perubahan pada bagian side skirt dengan desain seperti footstep yang membuat tampilannya makin sporty. BMW X1 sDrive18i xLine ini juga terdapat aksen berupa lampu menyorot kebawah di sisi samping pintu mobil yang membuat tanda X1 saat pengguna mengaktifkan kunci pintu mobilnya.

Di bagian belakang BMW X1 sDrive18i xLine ini, terdapat lampu belakang yang ukurannya lebih besar dan didesain menuju ke sisi samping. Ada BMW Comfort Access untuk membuka bagasi, yakni pengguna cukup menggerakkan kaki saja di dekat bumper. Pada sisi bawahnya ada skid plate menggunakan aksen warna silver serta pipa knalpot berukuran 90 mm.

2.Kabin lebih luas

Yang menjadi keistimewaan dari BMW X1 sDrive18i xLine selanjutnya adalah Kabin yang lebih luas nih mas bro. Bagian interior semakin nyaman dengan ruangnya yang lebih lega dan kapasitasnya muat 4 hingga 5 orang. Material yang digunakan juga terbuat dari bahan material soft-touch. Bagian dashboardnya dipadukan dengan interior yang didesain ergonomis dan semakin memanjakan penumpang dengan sistem infotainment ber ukuran 8,8 inci dengan layar sentuh.

3.Steering sudah tilt-telescopic

Pada BMW X1 sDrive18i xLine ini Steering sudah tilt-telescopic mas bro. Dengan lapisan kulit dan mempunyai multi fungsi dengan beberapa tombol pada kemudinya membuat pengemudi lebih mudah dalam mengoperasikan berbagai fitur yang ada pada kendaraan. Dengan pengaturan kemudi menggunakan tilt-telescopic,pengemudi dapat  menyeesuaikan setir dengan nyaman. Pada BMW ini juga ada M-Steering agar lebih responsif.

4.Transmisi bergaya joystick

Yang juga menjadi salah satu kelebihan dari mobil BMW X1 sDrive18i xLine ini yakni tuas transmisinya sudah mengandalkan joystick dan berbeda dengan model sebelumnya nih mas bro. Dengan tuas transmisi ini, sebagai kendaraan keluarga yang digunakan sehari-hari, mobil ini memberikan kepraktisan dan kemewahan di dalamnya.

5.Jok lebih ergonomis

Pada bagian interiornya juga ada yang berbeda dari BMW X1 sDrive18i xLine ini mas bro. Yakni Joknya lebih ergonomis dari sebelumnya. Bahan material yang digunakan pada jok mobil ini terbuat dari kulit artificial khas BMW. Bahan material ini dikenal dengan kenyamanannya saat penumpang mendudukinya.  Kursi pengemudi juga bisa diatur sesuai dengan kenyamanan pengemudi seperti dalam menopang paha. Lalu ada juga pengaturan elektrik dan fitur memori yang menyimpan data pengaturan kursi saat terakhir digunakan.

Di bagian belakang jok mobil juga ada saku untuk menyimpan buku atau barang lainnya. Penumpang baris kedua akan tetap merasakan legroom dan headroom yang lega meski kursi depan dimundurkan.

6.Mesin irit BBM

Yang juga menjadi salah satu keistimewaan BMW X1 ini adalah Mesin yang irit BBM ni mas bro. Mesin mobil BMW X1 sDrive18i xLine ini disematkan mesin silinder 1.5 liter dengan tenaga maksimal sebesar 140 Dk dan torsi puncak 220 Nm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke bagian roda depan dengan transmisi otomatis 7 percepatan. Dengan pengaturan mesin terbaru, membuat mobil BMW X1 ini semakin hemat BBM nya.

Untuk pemakaian luar kota, BMW mengklaim X1 terbaru memiliki rataan konsumsi BBM 18,9 km/liter dan untuk dalam kota sekitar di angka 9-10 km/liter.

8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1`
8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1`

7.Fitur canggih

Keistimewaan selanjutnya dari BMW X1 sDrive18i xLine ini adalah memiliki fitur yang canggih ni mas bro. Salah satunya ada fitur Apple CarPlay wireless  yang memberikan kompatibilitas tanpa kabel yang pengaturan melalui iPhone yang sistemnya responsif.

Ada fitur suspensi adaptif yang mengatur suspensi secara otomatis mas bro. Saat melintasi jalanan yang rusak, maka suspensi jadi lembut. Dan saat pada kecepatan tinggi, maka suspensi otomatis mengeras.

Pada fitur keselamatan ada fitur airbag dan seatbelt 3 titik yang sudah Tensioner serta Belt Force Limiter. Sistem keselamatan lainnya yakni DDC (Dynamic Stability Control), Multi Collision Brake, DTC (Dynamic Traction Control), ASC (Automatic Stability Control) dan DBC (Dynamic Brake Control).

8.Bagasi lebih luas

Mobil SUV idaman keluarga ini juga memiiki bagasi yang lebih luas mas bro. Kapasitas bagasi yang dimiliki BMW X1 sDrive18i xLine yakni 505 liter ruang maksimalnya yaitu 1.550 liter. Ada pemasangan ban flat tire sehingga BMW X1 ini gak perlu bawa ban cadangan dalam bagasi.Pada bagian lantainya juga dibuat rata dan lantai bisa dibuka agar menjadi ruang tambahan buat dijadikan tempat barang bawaan. Kerennya lagi, kursi baris kedua bisa dimajukan dengan sistem elektrik buat menambah ruang bagasi.

8 Kekurangan BMW X1

Selain memiliki keistimewaan, mobil BMW X1 ini juga mempunyai beberapa kelemahan mas bro. Berikut ini uraian tentang 8 Kekurangan BMW X1 dari 8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1, antara  lain:

1.Harga beli baru mahal

Kelemahan pertama dari mobil BMW X1 ini yakni Harga beli baru yang mahal mas bro.  Harga BMW X1 ini dibandrol sekitar Rp850 jutaan. Dan soal harga biasanya menjadi halangan bagi konsumen yang ingin memiliki mobil ini dengan harganya yang cukup tinggi.

2.Performa mesin kurang

Kekurangan selanjutnya dari mobil BMW X1 ini adalah Performa mesin yang kurang ni mas bro. Mobil BMW X1 ini disematkan Mesin 3-silinder yang hanya mengeluarkan 138 hp. Tentu hal ini cukup rendah dibandingkan dengan rivalnya. Hanya saja mesin ini menghasilkan BBM yang irit.

3.Menggunakan FWD

Pada mobil BMW X1 ini sistem penggeraknya hanya roda depan saja (FWD) mas bro. Penggerak roda depan ini digunakan BMW untuk pertama kalinya pada 2-Series Active dan Gran Tourer yakni dengan komposisi Hatchback dan MPV. Tapi untuk SUV, baru kali ini BMW menerapkannya nih. Dengan disematkannya FWD, disinyalir membuat BMW X1 ini menjadi lebih hemat BBM nya. Karena bobot mobil menjadi lebih ringan dari sistem penggerak lain. Dan sejak lama pabrikan lain juga sudah menerapkannya.

Kelemahan mobil yang menggunakan FWD biasanya komponen kaki-kaki mobilnya mudah bermasalah mas bro. Hal ini disebabkan roda depan yang bekerja jor-joran, yakni sebagai penggerak tenaga dari mesin juga menjadi alat pemberi arah mobil dengan inputan dari setir. Saat menanjak mobil FWD juga biasanya lemah.

8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1.
8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1.

Selain itu juga membuat pengendalian mobil menjadi kurang. Jadi resiko understeer pada mobil FWD cukup besar. Misalnya saat kecepatan tinggi, mobil disuruh belok kiri atau kanan. Tapi mobil seperti tidak mau belok dan lebih berjalan lurus menuju sisi luar belokanm sehingga bisa terjadi kecelakaan. Namun risiko understeer dapat dikurangi dengan mengurangi injakan pedal gas ketika mobil berbelok di kecepatan tinggi.

4.Suara mesin berisik

Kelemahan selanjutnya adalah suara mesin yang berisik ni mas bro. Kita tak perlu meragukan lagi kalau kabin khas mobil Eropa tentu sangat nyaman dan senyap.  Mesin 3 silinder yang disematkan pada BMW X1 ini memang kurang senyam. Sehingga hal ini dapat mengurangi kenyamanan pengguna.

5.Eksklusivitas bengkel BMW

Ketika memiliki mobil BMW,vkita harus siap dengan bengkel dan dealer yang tidak banyak ini dijumpai. Sebab sebagian besar mobil BMW, dealer dan bengkel resminya Cuma dapat ditemukan pada kota-kota besar saja.

6.Wheelbase lebih pendek

Pada mobil BMW X1 sDrive18i xLine ini memiliki Wheelbase yang lebih pendek dari sebelumnya ni mas bro. BMW X1 ini memilki jarak as roda depan dan belakang (wheelbase) 2,760 meter. BMW X1 sDrive18i ini berukuran panjang 4,454 meter, lebar 1,798 meter serta tinggi 1,545 meter. Jadi ukuran wheelbase nya 90 mm  lebih pendek,  23 mm  lebih luas, dan 67 mm lebih tinggi dari keluaran sebelumnya.

7.Ada satu varian saja

Mobil BMW X1 ini memiliki 2 varian, yakni BMW X1 sDrive18i dan kedua BMW X1 sDrive18i xLine. Di Indonesia hanya ada satu varian saja yakni BMW X1 sDrive18i xLine. Untuk perbedaan dari keduanya terdapat pada eksterior, interior, juga fitur-fitur yang ada. Pada bagian luar, eksterior xLine ada bumper depan bagian bawah, side skirts dan belakang, sampai gril yang berlapis warna silver sebagai tanda exterior design xLine.

8.Harga jual rendah

Kelemahan yang terakhir yakni harga jual yang rendah. Meski pada saat membelinya konsumen membayar dengan harga yang mahal untuk bisa mendapatkan BMW X1 ini, namun saat akan menjualnya kembali harga bekasnya bisa jatuh dan merugikan pemiliknya mas bro. Jadi lebih baik puasin dulu pakai mobilnya ya mas bro.

Tips Beli Mobil Seken BMW X1

Selain kita membahas tentang 8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1 di atas, kita juga akan membahas tentang Tips Beli Mobil Seken BMW X1 nya ni mas bro. Mobil bekas BMW memang memiliki penggemar tersendiri. Masih banyak yang ingin mencicipi rasanya mobil BMW ini namun dengan harga yang terjangkau. Ya mau tidak mau beli yang bekas nya pun jadi.

Namun untuk memiliki mobil bekas terutama pada mobil BMW X1 ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ni mas bro. Berikut ini beberapa Tips Beli Mobil Seken BMW X1, antara lain:

•Mesin

Pada mesin mobil BMW X1 telah dikenal bandel dan minim perawatannya nih mas bro. Pada unit mesin diesel ataupun yang bensin. Untuk yang menggunakan mesin diesel, sebaiknya pilih yang suara mesinnya masih halus. Kalau terdengar kasar kemungkinan ada yang gak beres pada boring silinder. Kalau pada mesin bensin, pastikan dulu keadaan mesin minim kebocoran oli. Lalu tes juga dengan menginjak pedal gas agak dalam untuk memastikan tidak ada kepulan asap yang keluar dari mobil BMW X1 tersebut.

•Transmisi

Pada BMW X1 ini menggunakan tranmisi otomatis 6-percepatan mas bro. Walaupun responsif, tidak sedikit konsumen BMW X1 mengeluhkan transmisi matiknya yang menyentak. Jadi ada baiknya lakukan tes drive untuk memastikan transmisi mobilnya bagus. Kalau terasa menyentak, kemungkinan ada kerusakan di bagian solenoid pressure atau sensor speed transmition control module nya bro.

•Interior

Lalu untuk interior, lihatlah kondisi kulit jok BMW X1 mas bro.  Terutama pada bagian jok supir yang paling sering diduduki. Kalau ada bagian kulit yang mulai getas, lebih baik dioleskan krim conditioner khusus kulit supaya lebih lembab. Panel interiornya juga perlu diperhatikan, apakah ada yang  rusak. Misalanya di bagian kisi AC nya.

8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1,
8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1,

•Riwayat Servis

Dalam membeli BMW X1 seken juga perlu diperhatikan riwayat servisnya mas bro. Ada baiknya pilih unit BMW X1 yang terawat rutin di bengkel resmi. Walaupun bengkel spesialis sudah banyak yang bisa menangani BMW, tapi perawatan di bengkel resmi lebih terjamin.Sebab ada standarisasi tinggi yang diberlakukan. Dan kalau mobil BMW yang tidak dirawat di bengkel resmi tentu otomatis menggugurkan garansi resminya bro.

•Modul ABS

Untuk komponen ini harus lebih diperhatikan lagi mas bro. Pada sistem rem ABS ini sering dikeluhkan semua sensor untuk mengendalikannya suka bermasalah.Jadi cara mengetahuinya yakni dengan memperhatikan logo ABS pada speedometer. Pastikan logo mati setelah beberapa saat mesin dihidupkan. Lalu cek juga via engine diagnostic tool.

Demikianlah uraian tentang 8 Kelebihan Dan Kekurangan BMW X1 Serta Tips Beli Mobil Sekennya ini mas bro. Semoga bermanfaat.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

%d blogger menyukai ini: