Gempa Susulan di Sulbar 6,2 SR, Banyak Bangunan Rusak

Bonsaibiker.com – mas bro sekalian, Gempa Susulan di Sulbar 6.2 SR, Banyak Bangunan Rusak. Kejadian adalah pada Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 02.30 Wita.

Gempa Susulan di Sulbar 6.2 SR
Gempa Susulan di Sulbar 6.2 SR

Mas bro, tercatat tiga kali gempa susulan yang terasa hingga Kota Makassar dengan durasi lebih lama. Sebelumnya, pada hari Kamis (14/1/2021), telah terjadi gempa dengan magnitudo 5,9, yang mengguncang wilayah Majene sekitar pukul 14.30 Wita.

Gempa Susulan di Sulbar 6.2 SR

Mas bro, dikabarkan bahwa ketika terjadi gempa susulan ini warga di Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, pada berhamburan keluar rumah dalam rangka menyelamatkan diri. Beberapa warga teriak “Ada gempa,”samabil lari keluar rumah.

Gempa 6,2 Magnitudo yang Berpusat di Majene ini dikabarkan tak berpotensi Tsunami. Namuan kerusakan yang diakibatkan sungguh ngeri mas bro. Sejumlah bangunan bertingkat di Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, roboh.

Pasca kejadian warga berlari ke gunung lantaran bangunan yang ditempati telah ambruk ke tanah. Warga khawatir akan terjadi tsunami. Ini adalah salah satu potret di lingkungan Kasiwa, daerah padat penduduk Kota Mamuju, yang dikutip dari berita Antara.

gempa-sulbar
gempa-sulbar

Pusat Gempa

Mas bro, Gempa di Mamuju ini diberitakan berpusat di kisaran 6 KM timur laut Kabupaten Majene 2.98 LS-118.94 BT. Gempa terpusat pada kedalaman 10 kilometer.

Jarak antara Mamuju sendiri yang merupakan lokasi pusat gempa susulan, dengan lokasi gempa di wilayah Malunda, Majene, yang merupakan wilayah gempa awal adalah sekitar 100 kilometer.

Fasilitas Yang Rusak

Mas bro, selain merusak bangunan rumah warga, gempa juga merusak fasilitas umum dna pemerintahan. Gedung rumah sakit Mamuju, Kantor gubernur, dan fasilitas lain dikabarkan rusak parah. Bahkan ada sebuah vidio yang beredar terlihat warga mendatangi Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang tampak rusak cukup parah.

Sementara itu Hotel Matos (Mamuju), juga hancur. Hotel Matos adalah singkatan dari Maleo Town Square yang berlokasi di Jl Yos Sudarso No 37 Mamuju, Kecamatan Mamuju, Sulawesi Barat.

Adapun Kantor Gubernur Sulawesi Barat beralamat di Kompleks Perkantoran Gubernur, Jl Abdul Malik Pattana Endeng, Rangas, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Menurut informasi dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa susulan tersebut dengan kekuatan magnitudo 6,2. Gempa berpusat di lokasi 2.98 LS,118.94 BT arah 6 km Timur Laut Majene-Sulbar, dengan kedalaman gempa 10 km berdasarkan rilis BMKG.

Sementara itu di Majene, diberitakan bahwa ratusan warga pesisir di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), mengungsi ke perbukitan. Hal ini terjadi lantaran khawatir tsunami pasca-gempa magnitudo 5,9 mengguncang Majene, Kamis (14/1/2021).

Demikian kilas berita terkait Gempa Susulan di Sulbar 6.2 SR di Mamuju.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: