Kemiripan Mesin Byson-Vixion Ancaman Bagi Honda? | Bonsaibiker

Kemiripan Mesin Byson-Vixion Ancaman Bagi Honda?

Euforia kemunculan motor dengan kubikasi 153 cc yang tenar dengan sebutan Byson ini, ternyata masih berlangsung hingga saat ini dan bahkan cenderung membahana. Apalagi dengan dimulainya indent on line oleh fihak YMKI  yang menurut para blogger sebagai jawaban atas launchingnya produk kompatitor yaitu Honda New Mega Pro dengan kubikasi kurang lebih sama yaitu 150 cc.

Ada beberapa hal yang unik dan perlu dicermati dari motor yang menganut over square (diameter piston nyaris sama dengan langkahya, 58×57,9mm) ini, yaitu tentang kemiripan mesinnya dengan Vixion. Tabloit Otomotif mengulas bahwa crank case Byson ternyata sama dengan Vixion, sementara jarak keempat baut silindernya sama persis. Dari ini terlihat bahwa dengan tidak terlalu susah mengganti blok silinder Byson dengan Vixion lengkap dengan radiatornya, ini artinya bahwa tenaga Byson yang menurut pabrikan hanya 13,54 DK bisa  di upgread dengan aplikasi mesin ixion. Lebih lanjut dari sisi perizinan (BPKB/STNK) terlihat tidak bermasalah, karena kedua motor ini mengandung kubikasi sama yaitu 150 cc.

Tentu hal ini harus diwaspadai kompatitor, karena mengingat performa fixion yang luar biasa hingga bisa megasapi Mega Pro dan bahkan Tiger. Degan kata lain bila seseorang membeli Byson yang maco kemudian diupgrade hingga tenaganya sehebat Vixion, maka disinyalir  “minjem gaya TMC” bisa meruntuhkan deman New Mega Pro yang baru saja di launch dan bahkan Tiger sekalipun.

Akaknkah AHM memikirkan hal ini? Hanya AHM dan Allah yang tahu.

Advertisements
%d bloggers like this: