Knalpot Paha Ayam Trend Model Sekarang

Knalpot motor mengalami perubahan model dari tahun ke tahun, dulu era 80-90 an knalpot modelnya mendatar dari depan ke belakang dan menggunakan model krom, tahun 2000-2008 trend model berubah menjadi knalpot nungging ala sembalap,2008-2010 trend modenl knalpot bercat hitam, nah belakang ini sangat unik modelanya, ujungnya hingga leher kecil namun bagian buangan besar layaknya Paha ayam.


Masing-masing knalpot tersebut punya kekurangan dan kelebihan, misalnya knalpot jadul yang datar gampang sekali kemasukan air kalau banjir, sementara knalpot nungging akan menyerang muka pengendara lain di belakangnya kecuali beberapa motor yang memberi perubah arah pada ujung moncongnya sehingga tak tepat mengenai muka pengendara di belakangnya. Knalpot hitam bila catnya tidak bagus akan menimbulkan warna menguning pasca umur 8 bulan, ini tentu mengganggu estetika lebih-lebih bagi motor sport karena mesinnya tegak sehigga kuningnya leher amat terlihat. Lain lagi bila motor bebek, kurang terlihat karena mesinnya rebah.


Untuk model terakhir ini nampakany mengaplikasikan knalpot moge dan bentuknya mirip banget paha ayam sehingga James Bons menyebutnya knalpot paha ayam, berhubung nih knalpot belum banyak beredar, baru pada Byson sehingga belum bisa menganalisis kurang-lebihnya.

Advertisements

45 Comments

  1. Knalpot si Kebo malah sudah jadi rujukan para modifer. Di kelapa gading udah banyak dijual part model knalpot bison untuk dipasang di motor sport macam si Tagor atau kalajengking lawas…

  2. tahun 2020 model knalpot menghadap ke depan…. dadi pas congore sing numpak… nek numpak karo watuk2 mbah… asem… kesedot terus asape… mari ngono seminggu rider-nya opname, karena paru2 ne penuh asap… ben kapokkkkkk…!!!!

  3. Aspek2 yang menentukan dalam mendesain sebuah knalpot motor…..
    Pada dasarnya bentuk knalpot memang mengikuti perkembangan jaman entah itu karena trend atau kebutuhan… kenapa saya bilang begitu..manusia memang mudah bosan jadi dalam mendesain sesuatu kalau modelnya itu2 itu saja dijamin konsumen tidak akan tertarik untuk membeli produk itu..nah dengan adanya perubahan yang “fresh” diharapkan bisa memenuhi sifat dasar dari manusia itu sendiri yaitu mudah bosan…yang kedua adalah kebutuhan diera GO GREEN ini semua harus lulus uji Emisi kalau produknya mau diterima secara luas di berbagai negara,nah karena penambahan fitur katalik converter tadi maka desain knalpot akan berubah juga karena sudah ditanamkan teknologi ramah lingkungan sehingga produk tadi bisa diterima dan lolos uji emisi, EURO3 misalnya lebih ketat lagi… saya kira komentar saya akan lebih panjang dari artikel diatas untuk itu makan saya akhiri sampai disini saja..apabila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan.. wassalam…. :mrgreen:

  4. knalpot. . . .
    aku pernah baca di forum apa aku lupa . . .
    kalau untuk akselerasi knalpot cenderung pendek,
    kalau untuk top speed knalpot cenderung panjang

    benar nggaknya aku ndak tau , tapi kata orang bandung yang ahli knalpot dia bilang benar .

    keep brotherhood,

    salam,

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin