Komparasi Pulsar 220, Tiger 200, dan Scorpio 225 | Bonsaibiker

Komparasi Pulsar 220, Tiger 200, dan Scorpio 225

Brader sekalian, pasca test ride sentul, james bon mencoba membandingkan si Pulsar 220dengan para kompatior dekatnya, yaitu Honda Tiger 200 dan Yamaha Scorpio 225 dari berbagai sisi.


Top Speed dan Torsi
Keunggulan P 200 ini dari tiger dan scorpio adalah masalah top speed, menurut James Bons  si P 220 ini bila urutan gasnya benar, maka akan hampir bejaban dengan Megelli 250. Melibas Tigor di jalan rata adalah kerjaan yang terlalu mudah bagi P 220. Ngasapin Scorpio juga sangat mungkin dilakukan, mengingat  kesetabilaan di track lurus di kecepatan 125 km/jam adalah andaln si Pulsar ini. Namun betul-betul harus hati-hati mengurutkan power dari gigi terrendah hjingga tertinggi.
Sementara itu torsi, jangan terlalu banyak berharap dari si Pulsar ini. Diatas kertas motor ini tertulis mengungguli Scorpio dan Tiger, namun di lapangan nampaknya beda. Torsi Tiger yang galak dan beringas, juga hentakan ala scorpio, hamper tak ditemui di mongtor ini. Dalam bahasamekanik, Tiger lebih bias mengefektifkan torsi  menjadi tenaga, daripada Pulsar. Maka bagi Tigerian standar jangan mimpi bisa nyalip Pulsar 220 ini di trek lurus datar bila Si Pengendara pUlsarnya Gape. Silakan  Salip di tanjakan, itu pastibisa anda lakukan. Lalu bagi anda yang punya Scorpio dengan power segede gaban yang dipunyai Scorpio silakan beradu baik ditanjakan atau dijalan datar, semua tergantung kemampuan anda.
Ergonomi
Ketika anda mau touring, nampaknya betul motor ini recommended banget, ergonominya menurut James Bons Lebiah baik ketimbang scorpio, dan mirip dengan Tiger. Kelebihan scorpio Power besar bobot ringan mudah untuk over take, namun ketika di jalur bebas hambatan nampaknya mudah terbawa angin, sedangkan pulsar tenaga besar, berat juga besar, manteb walau harus menembus angina tau melawan kibasan angin bus atau truk saat di jalan. Riding position yang nggak bikin pegel menjadi kelebihan pulsar ini, diambah lagi getaran yang ada di Tiger maupun Scorpio tak akan anda jumpai di motor ini.
Harga
Harga yang hanya 18,6 juta Rupiah memang sangat mengggiurkan, bandingkan dengan Tiger  yang nangkring di 24 juta sekian, lalu Scorpio yang di level 23 juta sekian.  Inilah nampaknya sebuah jargon yang harus dikumandangkan “MAU CEPAT NGGAK MUSTI HARUS MAHAL”.
Rem
Untuk rem, james Bons harus akui, tiger masih kalah jauh dalam kepakeman dan kesetabilannya, demikian juga Scorpio masih sedikit kalah oleh si P 220 ini, nih mongtor uenak ngermnya stabil, nggak ngengsot, lalu cepat berhenti.
3 S
Kalau yang ini, james bons nggak jamin deh, bagi yang tinggal di kota besar, silaakan ambil nih mongtor karena banyak dealer yang siap melayani beserta spare partnya, namun untuk yang dikota kecil apalagi ndeso kayak rumah James Bons yang di lereng gunung Lwu, pikirkan dulu masak-masak, baru tebus. Lain lagi dengan Tigor dan Scorpio yang ada dimanapun dan kapanpun, ready.

Fitur

 

Ha untuk fitur ini, si P 22o tergolong canggih, lampunya aja tuerang banget walau di siang bolong, Nampak seperti HID. Ini tentu melibas 2 saingannya tersebut. Lalu digital speedometer Nampak menghiasi nih mongtor dan membuat terkesan superior.

Advertisements
%d bloggers like this: