Hyosung 650 vs Ninja 650 di India, Indonesia ngko sek ya!

Persaingan motor sport India memang layak dan sungguh menarik untuk disimak, ya memang biasanya selalu ada korelasinya dengan Indonesia karena secara umum masih mirip pangsa pasarnya. Baru-baru ini yang betul-betul hangat setelah James Bons merilis warta tentang Hyosung yang ini, kini adalah persaingan kelas 650 cc antara Hyosung 650 melawan Kawasaki Ninja 650. Dapur pacu merilis bahwa pekan kemarin Garware-Hyosung Motors, perusahaan patungan Garware Motors dari India dengan Hyosung Motors dari Korea, resmi meniagakan dua sepeda motor berkapasitas mesin menengah, Hyosung GT 650R dan Hyosung ST7, untuk pasar India. Kedua motor tersebut masing-masing dijual dengan harga 4,97 lakh (sekitar Rp 95 juta) dan 5,96 lakh (sekitar Rp 115 juta). Menurut Managing Director Garware Motors Diya Garware, kedua model sepeda motor tersebut ditargetkan terjual sebanyak 2.000 unit hingga akhir tahun 2011. Tak kurang dari lima dealer di India dikatakan segera menjual motor itu.

Hadirnya GT 650R di India berarti akan menghadapi calon kuat dari Bajaj-Kawasaki yang dalam waktu dekat segera melepas Ninja 650R seperti yang James Bons tulis di sini. Ninja 650R sebetulnya merupakan model yang telah lama mengisi pasar global. Dengan mesin 2-silinder 649cc 4-stroke DOHC fuel injection tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 72 hp, nampaknya memang saingan sekelas bagi Hyosung 650 dengan spek mesinnnya yang bejaban Berikut spek msin Hyosung:
Engine Type Liquid cooled 90° V-twin DOHC, 4-valve per cylinder
Displacement(cc) 647
Bore x Stroke 81.5 x 62
Compression Ratio 11.6 : 1
Max Power 79 HP @ 9250 RPM
Max Torque 49.32 lb/ft @ 7250 RPM
Fuel System Fuel Injection
Nampak di sini bahwa power masih besar Hyosung 7 hp, namun memang faktor lain masih menjadi bahan pertimbangan, mengingat Ninja adalah brand kawasaki yang sudah mengakar di India, sedangkan Hyosung masih merupakan pemain baru dari Korea.

Belakangan ini pasar sepeda motor kelas premium di India tumbuh pesat. Akankah Indonesia juga ikutan? naga-naganya seh iya!

Advertisements

20 Comments

  1. neng kene kakean pajek mbah. . .

    mulane cuma kalangan tertentu aja yang kuwat

    keep brotherhood,

    salam,

  2. sempet di ulas jg di overdrive..bahkan di buku bikeadvice (PDF) muncul moge2 eksotis berbagai merk yg harganya mmg cukup murah drpd di INA

  3. kl di indo kira2 hyosung 650 dilepas berapa pak bons? Apakah sampe 125 jt? Kayaknya kl sampe segitu g laku ya seperti fischer drdulu ktanya dah laku 20 unit tp kq blm klhatan wlpun dh 1 th ini. Kl melihat tpt yg kl g slh 2000 unit ya, mestinya pede laku disini berarti hrga jauh dbawah fischer.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan