Kenapa Bebek Sering Mogok Dikala Banjir, Sedang Batangan Tidak?

Kenapa Bebek Sering Mogok Dikala Banjir, Sedang Batangan Tidak?
Kenapa Bebek Sering Mogok Dikala Banjir, Sedang Batangan Tidak?

Brader sekalian, dikala musim hujan bebek sering kali ngadat aka mogok ketika harus menerjang banjir, sedangkan motor batangan banyakan berani nerjang banjir dan tidak macet. Hal ini sungguh terjadi pada hampir semua bebek khususnya yang bermesin ndlosor, namun untuk yag bermesin tegak macem FU nampaknya jarang terjadi, atau sebaliknya batangan bermesin ndlosor macem Win yakin akan sering mogok bila menerjang banjir.

Ya, kemogokan ini terjadi kebanyakan lantaran busi bagian atas alias kepala busi yang berhubungan dengan coil kemasukan air. Kabel dari coil yang berisi strum besar yang menuju busi ini sedianya harus kedap air, dan oleh pabrikan sudah diberi bracket supaya tak kemasukan air, namun apa daya kadang bracketnya melar seiring waktu berjalan, ditambah pemanasan dari busi menyebabkan karet ini melar lalu air bisa masuk dan strum besar yang menuju busi akhirnya ternetralkan oleh air yang masuk sehingga pembakaran tidak terjadi, wal hasil motor macet. Kondisi ini diperparah karena kontruksi bebek ini bermesin ndlosor sehingga bila banjir gampang terrendam air. Lain haalnya dengan motor batangan yang bermesin tegak yang bagian kepala businya jauh di atas karena head mesinnya tegak menjulang ke atas sehingga jauh dari jangkauan air, maka motor batangan lebih susah mogok.

Untuk mogok versi ini biasanya gampang penyelesaiannya, cukup buka busi dan bersihkan bagian atasnya dari air berikut bracketnya (penutup busi dari saliran coil) juga, bila telah bersih yakin mongtor bakal nyala lageeeeeeee. Namun bila sampek air masuk ke karburator weee siap-siap aja biaya besar karena bila sampai air masuk kompressi ini akan merusak mesin hingga parah. So, kalau banjir yawis jangan diterjang, sabar ae lebih baik.

Advertisements
Advertisements

8 Comments

  1. Bebek saya gak pernah gadat tu kalo banjir malah rame-rame dia berenang.. Mah batangan yang terendam.. Batanh kelor…

  2. ati ati… batang piston bengkok , bahkan
    piston bisa mengalami pecah. … Sebab,
    kerusakan mesin karena water hammer

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin