Antara Inazuma Yang Murah dan Duke200 Yang Mahal | Bonsaibiker

Antara Inazuma Yang Murah dan Duke200 Yang Mahal

Melirik Inazuma yang kabarnya bakal dilego 40-45 juta jelas angka yang tidak terlalu mahal untuk 2 silinder 250 cc, sedangkan melihat harga Duke 200  yang rumornya bakal melewati 50 juta wow sungguh kemahalan,maklum IU yang kabarnya mau mendatangkan. Kabar harga Inzuma ini jelas bukan rumor,pasalnya statmen ini dikeluarkan langsung oleh Deputy General Manager SIS 2W Suandi Widiarto (PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)). Sayangnya James Bons BElup dapatinfo pasti tentang kisaranh harga DUke, yangkabarnya ada yang bilang bakal dilego hingga 60 juta ini,mm masih rumor gan.

 

inazumain

inazumain

Ya, sebuah alasan real kenapa suzuki menjual si Inazuma ini murah adalah berkaca pada Thunder 250, dimana motor tersebut dulu kala dijual dengan harga yang tidakjauh beda dengan Tiger yang hanya 200 cc. Kalau tidak salah ketika harga tiger di kisaran 17/18 jutaan maka si Thunder ini haya 19 jutaan.

Kenapa bisa begitu murah? Ya Thunder 250 meski 250 cc ternyata larinya tak lebih cepat dari Tiger,bahkan dengan gampang bisa diasapin Scorpio yng cuma 225 cc. Motor ini lebih sebagai petouring yang tidak untuyk au speed. Getarannyapun besar dan bobotnyapun besar,makanya tenaga loyo, nah apa hubungannya dengan murah? Jelas teknologi yang dibenamkan terhitung sederhana,sertapart yang disusupkan beratnya berlebih,layaknya Pulsar yang murah juga beratnya berlebih, mungkn biayapengecoran logam dengen teknologi ini berbiaya murah.

Lalu monggo kita lihat Suzuki Inazuma yang diperkuat dengan mesin 248 cc SOHC 2 silinder 4 langkah liquid cooled. Mesin tersebut dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan. Sedangkan rasio kompresi mesinnya mencapai 11,5:1. Berarti cocok bahan bakar minyak oktan 92 dengan asupan bahan bakar minyak menggunakan fitur pintar fuel injection. Kapasitas tangki bensin yang mencapai 13,3 liter membuat bobotnya semakin berat. Suzuki Inazuma memiliki panjang 2.145 mm, lebar 760 mm dan tinggi 1.075 mm dengan wheelbase 1.430 mm, berbobot 182 kg termasuk suspensi depan telescopic, coil spring, dan suspensi belakang swingarm, coil spring.

Mirip kan dengan Thunder 250! Kelebihan berat badan sehingga tenaga habis buat ngangkat berat badan.

Lalu Duke 200 mengusung teknologi efisien,berat kecil, segalanya diefisienkan dengan rumusan njlimet tentunya, makanya penggarapan motorini memerlukan biaya besar. Body menggunakan bahan lebih ringan namun kuat dan tentunya berbiaya besar pula, so hasilnya meski hanya 200CC tapi bisa mengimbangisi Inzuma yang 250 cc 2 silinder.

Tapi relakah andai benar si duke 200 dijual hingga 50-60 jeti?

%d bloggers like this: