Motor-motor Honda Yang Ngorok; Vario 125? Tiger? | Bonsaibiker

Motor-motor Honda Yang Ngorok; Vario 125? Tiger?

Menarik untuk ditindak lanjuti yakni fenomena belakangan ini tentang kabar dari berbagai diskusi di beberapa forum yang menyatakan bahwa Vario 125 dibilang ngorok. Bahkan seorang brader mengatakan

“Haaasssyeeem.
VARIO 125 ngorok tenan .
hadeh …
ora sido tuku desek.
AHM …!!!

pye iki … ?”

Parahnya kabar ini jadi simpang siur karena beberapa menyatakan bahwa ternyata tidak semua Vario 125itu ngorok, dan sejauh ini juga kabarnya belum ada klarifikasi resmi dari ATPM bersangkutan. So terus gimana?

Kasus Vario lawas 110

Ya sebelumnya memang ketika Vario generasi awal yang 110 yang juga kompressinya lumayan tinggi kata Begawan Martini yang menggunakan motor ini bahwa jika diisi premium mesin akan menggelitik, namun jika diisi pertamak akan alusss luss luss gan. Hal ini memang terjadi lantaran si Vario kompressinya diatas 10,5 yang seharusnya minum pertamax malah diset untuk premium. Namun adakah vario ambrol mesinnya? Mm ternyata tidak, atau blum terdengan orang komplen mesin Vario ambrol gara-gara menggelitik ini, bahkan Vario hingga kini masih menjadi salah satu pasaran matik dengan nilai jual rondo tertinggi gan, masih joss kan!

Kasus Vario 125

Nah bagaimana dengan Vario 125? Wee kompressinya jelas lebih tinggi, dan injeksi lagee harusnya sih memang minum pertamax,tapi melihat kondisi Indonesia maka boleh jadi oleh perusahaan diset minum premium, lalu apa pengaruhnya? Ya sejauh ini kabarnya memang ngorok, namun apakah berpengaruh terhadap durabilitas mesin yawallahu ‘a’lam, ATPMnyapun leum konfirmasi.

Nah soal menyangkut bahasan warung DOHC kang Aziz yang menyatakan di Eropa skuter pada ngorok? Yabisa jadi ini sebagai tolak ukur peilaian untuk masalah ngorok, namun kualitaspart Vario ini sama ngak dengan Matik yang di Eropa? Kalau sama ya mungkin aman,kalu tidak kan berabe. Belum lagi iklim Eropa yang dingin dan Indonesia yang panas sedikit banyak juga berpengaruhkan sama kekuatan logam!

Kasus Motor Honda Lain

Nah Tiger,khususnya Tiger Revo sebenarnya CCnya lebih kecil kan dari Scorpio atau P 220 tapi soal suara mesinnya,mmm jelas  jauh lebih brisik daripada dua kompatitornya itu. Untung saja rante tiger kemrosok jadi suara brisik mesin Tiger jadi gak kedengeran hahahahahaha. Suaranya mak Jreg-jreg-jregh.

Nah dulu James Bons pertama nunggang Tiger ini juga bingung, kok brisik amat nih mesin?nah saat Tanya ke mekanik AHAS International Dewi Sartika Cawang Jaktim, kata mekaniknya memang demikian karakter mesin Tiger, brisik. Lanjut si mekanik si Tiger ini bisa saja diset alus suaranya namun itu akan mengurangi dirbilitasnya. So hingga 4 tahun merawat Tagor memang brisik baik mesin ataupun rantainya, tapi 4 tahun itu pula si mesin tak pernah sekalipun bermasalah,dan rantae dah 4 tahun jug alum ganti. Jadi ngoroknya si Tiger gak masalah.

Bagaimana Dimata Konsumen dan Kompatitor?

Nah kasus Vario ini kan kasus baru jadi lum jelas apakah pengaruh ama durabilitas mesin? Sebaiknya sih Honda cepat ambil langkah entah klarifikasi atau apa. Kan kalau gak cepat ambil langkah yang diuntungkan ya kompatitor, Xeon bisa bebasmerdeka, hahahah. Bagi konsumen jelas mesin ngorok bikin hati was-was, jangan-jangan rusak! Lak iyo to?!

SO bagaimana menurut sampean?

%d bloggers like this: