Motor-motor Honda Yang Ngorok; Vario 125? Tiger?

Menarik untuk ditindak lanjuti yakni fenomena belakangan ini tentang kabar dari berbagai diskusi di beberapa forum yang menyatakan bahwa Vario 125 dibilang ngorok. Bahkan seorang brader mengatakan

“Haaasssyeeem.
VARIO 125 ngorok tenan .
hadeh …
ora sido tuku desek.
AHM …!!!

pye iki … ?”

Parahnya kabar ini jadi simpang siur karena beberapa menyatakan bahwa ternyata tidak semua Vario 125itu ngorok, dan sejauh ini juga kabarnya belum ada klarifikasi resmi dari ATPM bersangkutan. So terus gimana?

Kasus Vario lawas 110

Ya sebelumnya memang ketika Vario generasi awal yang 110 yang juga kompressinya lumayan tinggi kata Begawan Martini yang menggunakan motor ini bahwa jika diisi premium mesin akan menggelitik, namun jika diisi pertamak akan alusss luss luss gan. Hal ini memang terjadi lantaran si Vario kompressinya diatas 10,5 yang seharusnya minum pertamax malah diset untuk premium. Namun adakah vario ambrol mesinnya? Mm ternyata tidak, atau blum terdengan orang komplen mesin Vario ambrol gara-gara menggelitik ini, bahkan Vario hingga kini masih menjadi salah satu pasaran matik dengan nilai jual rondo tertinggi gan, masih joss kan!

Kasus Vario 125

Nah bagaimana dengan Vario 125? Wee kompressinya jelas lebih tinggi, dan injeksi lagee harusnya sih memang minum pertamax,tapi melihat kondisi Indonesia maka boleh jadi oleh perusahaan diset minum premium, lalu apa pengaruhnya? Ya sejauh ini kabarnya memang ngorok, namun apakah berpengaruh terhadap durabilitas mesin yawallahu ‘a’lam, ATPMnyapun leum konfirmasi.

Nah soal menyangkut bahasan warung DOHC kang Aziz yang menyatakan di Eropa skuter pada ngorok? Yabisa jadi ini sebagai tolak ukur peilaian untuk masalah ngorok, namun kualitaspart Vario ini sama ngak dengan Matik yang di Eropa? Kalau sama ya mungkin aman,kalu tidak kan berabe. Belum lagi iklim Eropa yang dingin dan Indonesia yang panas sedikit banyak juga berpengaruhkan sama kekuatan logam!

Kasus Motor Honda Lain

Nah Tiger,khususnya Tiger Revo sebenarnya CCnya lebih kecil kan dari Scorpio atau P 220 tapi soal suara mesinnya,mmm jelas  jauh lebih brisik daripada dua kompatitornya itu. Untung saja rante tiger kemrosok jadi suara brisik mesin Tiger jadi gak kedengeran hahahahahaha. Suaranya mak Jreg-jreg-jregh.

Nah dulu James Bons pertama nunggang Tiger ini juga bingung, kok brisik amat nih mesin?nah saat Tanya ke mekanik AHAS International Dewi Sartika Cawang Jaktim, kata mekaniknya memang demikian karakter mesin Tiger, brisik. Lanjut si mekanik si Tiger ini bisa saja diset alus suaranya namun itu akan mengurangi dirbilitasnya. So hingga 4 tahun merawat Tagor memang brisik baik mesin ataupun rantainya, tapi 4 tahun itu pula si mesin tak pernah sekalipun bermasalah,dan rantae dah 4 tahun jug alum ganti. Jadi ngoroknya si Tiger gak masalah.

Bagaimana Dimata Konsumen dan Kompatitor?

Nah kasus Vario ini kan kasus baru jadi lum jelas apakah pengaruh ama durabilitas mesin? Sebaiknya sih Honda cepat ambil langkah entah klarifikasi atau apa. Kan kalau gak cepat ambil langkah yang diuntungkan ya kompatitor, Xeon bisa bebasmerdeka, hahahah. Bagi konsumen jelas mesin ngorok bikin hati was-was, jangan-jangan rusak! Lak iyo to?!

SO bagaimana menurut sampean?

Advertisements
Advertisements

41 Comments

  1. wuisssssssssssss tiger simotor tercepat di indonesia
    cessssssssssssssss tercepat bocor tangki nya tercepat bunyi brisik rante nya,,,cessssssssssss tapi picson tetap kalah ma tiger,kalah kencang kalah ganteng kalah irit cesssssssssss apa ngak gila tuh dah nayik tiger ma picson cligak cliguk kegantengan merasa jadi pusat perhatian wuissss ketemu si cs1 yang make tiger lansung berhenti pura2 rante rusak padahal takut nanti diuber2 cs1 begitu juga yang pake picson sok kalem sok keren song yang palin ganteng cessssss ketemu cs1 dijalan lansung berhenti pura2 lihatin kontir rusak wuisss apa ngak gila tuh

  2. SETUJUUUU,,,,,,,,,,,
    HONDA memang HARUS MELAKUKAN KLARIFIKASI SOAL HAL ini,,,,,,,,Jangan DiBiarkan Saja,KALAU G’ Mau BOLA SEMAKIN BERGULIR PANAS,
    Istri Gue Juga MINTA DiBELIKAN Ni MOTOR,Tapi Begitu gue Denger Ni MOTOR NGOROK,,,Sampai skrg Gue masih Pikir2,,,,and Belum BELI.

  3. ngoroke buanter tenan ok owm. Panteslah nak do was was. Tau jejeri. Ono suoro krrk krrk.. Tak kiro Pulsarku. Jebul Vario -.-“

  4. beli honda memang dapat jebakan betmen, new bladeku juga ngorok tiap 1500km udah ndut2an minta servis, buosoook tenan iki

  5. Buener tuh kata mas bro, AHM kudu ngasih jawaban yag pasti, sementara ini sih memang ga ada masalah antara ngoroknya vario 125 dengan perform SMH dan memang kekhawatiran pastinya timbul krn ekspektasi berbeda-beda ..

  6. vario temen gw bebas masalah ngorok tuh,tapi kalo dijalan disalip ama vario 125 beuh keras banget suara ngoroknya
    Grook groook!

  7. Krain vario 125 saya aja yg ngorok trnyta emang gtU ya..smpet waswas !
    Saya isi premium, soale gak da pertamax di daerah saya.. Bingung jadinya..

  8. Vario125 ngorok memang bukan BC. Tapi fakta. Sbenarnya bukan cuma ngorok. Tapi juga geal-geol kalau dikape nikung kenceng dikit. Ntah di soknya atau karena perbandingan dimensi body dan kaki-kaki yang njomplang. Sore tadi ngobrol-ngobrol sama tetangga yang udah 3 bulan pake Vario125 putih. Dia mengeluhkan kedua problem tersebut. Jauh banged bedanya dengan nyemplak Mio Soul lawas miliknya!

  9. Saya sudah 5 x mengadu masalah ngorok pada Vario 125 yang sangat mengganggu. Namun, AHM tidak memberikan tanda-tanda rencana perbaikan dan dengan bangga (?) menyatakan bahwa itu karakteristik mesin Vario 125. Karakteristik seperti ini koq dipelihara? Saya yakin Vario yang dijual di Thailand dengan merek “Click” tidak punya masalah seperti ini. Apa AHM takut merugi me-recall 85,000 unitnya yang sudah laku dalam 3 bulan terakhir?

  10. Kalo masalah mesin ngorok penyebabnya banyak faktor, Tapi yang jelas back lash dari primary drive and scondary clutch terlalu kecil atau besar dan gap conrod dengan crankshaft terlalu longgar sehingga saat berputar tidak balance yang menyebabkan berisik, Untuk kondisi seperti TIGER karena permintaan banyak dari konsumen maka untuk mengatasi hal itu akan mengganggu kelancaran produksi, Sehingga hal itu menjadi permakluman karena hal itu bagi masyarakat yang brandminded di anggap wajar dan yang lebih parahnya setiap ada yang komplain jawabab dari dealer itu sudah standard dari Pabrik.

    • setuju oom, jawaban “standard pabrik”, “buatan manusia gak ada sempurna” sering didengar, justru inputan konsumen itu baik buat perbaikan produk, kan ahm kalo ngetes produk baru gak pernah keliatan spyshootnya di jalan, mungkin ngetesnya di “lab standard”, padahal jalan di sini kan banyak macem, aceh hingga papua kan beda beda karakter usernya.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin