Kontruksi Rangka Melindungi Mesin (CB 150 R) vs Kontruksi Rangka Tidak Selubungi Mesin(NVL) Safetyan mana?

Brader sekalian, kita melihat bentuk rangka motor ada yang rangkanya menyelbungi mesin, Macem CB 150 R, CBR 250, Scorpio, dan sebagainya, lalu juga ada yang rangkanya tak menyelubungi mesin macem V-ixion, CBR 250, Tiger, Ninja, dan sebagainya. Nah bagaimana dengan plus minus rangka ini? Mana yang lebih safety?

V-ixion vs CB 150 R
V-ixion vs CB 150 R

Nah dalam share kali ini ada beberapa poin penting yang mesti kita ulas:

  1. Yup, ketika kita punya motor yang paling dilindungi sebenarnya mesinkah? Mengingat mesin adalah nyawanya motor kayak jantung kita? Jadi mesin haruslah dilindungi. Namun beberapa kasus ternjadi bahwa ketika kita membeli Mobil atau motor, katanya lebih baik peag mesin daripada peang body, kabarnya peang body, biayanya lebih mahal daripada peang mesin, atau setidaknya peang body susah dikembalikan ke kondisi semula, sementara mesinΒ  peang tinggal ganti seblok, rebes kan. So Bijimana menurut agan sekalian?
    Rangka Kebentur
    Rangka Kebentur
    MEsin CB 150 R
    Mesin CB 150 R

     

    Deltabox Penyok
    Deltabox Penyok
  2. Kasus lain adalah meski motor kelihatannya mesinnya tak ditutup rangka atau tak diselubungi rangka, namun kontruksi motor secara keseluruhan diramu agar ketika terjadi benturan mesin tidak gampang kena benturan. Contoh kasus nyata adalah pengalaman dulu merawat Tiger Revo, beberapa kali jatuh, ternyata yang terpelanting dan menyentuh tanah adalah bagian Stir dan pegangan boncenger belakang. Dua baian ini sering banget baret, penyuk bahkan stang sering tak berbentuk, karena didesai awl pertamakali mnyentuh tanah ketika motor jatu. Nampaknya demikian juga yang terjadi pada V-ixion. So, BIjimana menurut agan sekalina?

Oceh, jelasnya semua kemungkinan kecelakaan memang bisa saja terjadi, semua kemungkinan peyok baik rangka dan mesin juga bisa saja terjdi terlepas dari merek apapun itu motor, ya setidaknya ini kita share bagaimana pengalaman ketika motor kita mengalami sesuatu yang tidak kita inginkan.

Advertisements

50 Comments

  1. yang teralis itu sotosop alias palsu seperti kasus mika meleleh
    yang deltabok itu baru asli kaleng krupuk πŸ˜†

    *bloger detektif mode :mrgreen:

    • Biasanya kalo jatuh,yang kena ya tangki,setang,body plastik,lampu depan

      kalo rangka sih jarang,kecuali kepentok benda keras,kalo ditabrak yang ada hancur motornya,ga cuman rangka

      g

  2. ducati panigale gimana?
    mesin total menggantung, bahkan rangka aja ikut mesin, radiator juga nggantung di depan bawah πŸ˜€

  3. klo semprot di tahan stang, step sama sein jika jatuh, klo bebek biasanya ditahan sayap sama stang, footstep.
    jadi secara tidak langsung pengaruh rangka cuma sedikit, menurut ane mbah

  4. mau mobil,mau motor pokoknya klo ada merk H insyaallah bagus. dan gak usah diragukan lagi. dunia sudah membuktikannya.

  5. Riset HONDA slalu lebih maju dr pada tetangga yang cm bs riset stiker

  6. motor2 dr th 70 an yang msh sering wara wiri ya motor Honda mcm CB,C70, prima dll. jd motor yang awet dan bandel ya HONDA

  7. ane dulu kecelakaan bawa vixi.. dlosor brng rider kampret yg belok kanan mendadak tanpa sein. kecepatan lmyn, 80-70 kpjan..
    spido pecah, stang bengkok, pelindung knalpot baret parah, body bocel2 dikit.. rangka ma mesin aman, tp makin lama rangka g center lg, minta dipress..

  8. Inyong gak naik 22nya. Inyong naik vespa px150. Mesinnya dibungkus rapih. Jdnya aman2 aja… πŸ˜€

  9. mika lampu honda gk ada yg bener , saya punya beat f-i dan gk tau knp mika nya itu meleleh , dan itu terjadi juga pada motor cb 150 saya .

  10. artikel bikin panas knp ga cb vs tigor/megapro/versa…
    ane dua kali jatuh pake vixion..pertama di senggol truk yg tiba2 belok,stang bengkong,footstep,tangki lecet,lutut lecet,boncenger ane dahi benjol. kedua dihantam ninja sakau dari depan,lampu pecah,stang bengkong,speedo pecah,body lecet,siku lecet, kaki ane pecah,beberapa tulang telapak kaki patah..
    dari semua kejadian itu mesin g ada lecet sedikitpun..dimensi stang,tangki,footstep udah melindungi mesin dari motor jatuh.mgkn klo ganti stang racing,footstep racing beda lg hasilnya.dan beda lagi klo ditabrak dari samping. lebih baik mesin penyok drpd rangka,klo mesin bisa diganti,klo rangka bakal mempengaruhi stabilitas motor.

  11. Rangka juga penting lho mbah. Geser 1mm saja, jalan tdk akan nyaman. Bahasa kerennya: sinkronisity nya akan terganggu.

  12. Kalau mau uji real, buat pda melek para sales2 drpda adu argumen gk jelas, pembuktiannya :

    Copot rangka deltabox nvl atau vixi lama sma teralis cb, keduanya dibentur2in, mana yg ancur atau penyok duluan :mrgreen:

    Nah yg merasa jago ngeles silahken argumen πŸ˜€

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin