Diskusi Seputar Mobil Diesel Menggunakan Commonrail, Kabarnya Gampang Rontok Mesinnya Kalau Dipaksain Minum Solar Pertamina | Bonsaibiker

Diskusi Seputar Mobil Diesel Menggunakan Commonrail, Kabarnya Gampang Rontok Mesinnya Kalau Dipaksain Minum Solar Pertamina

Perkembangan mesin Diesel belakangan memang cukup menakjubkan, ketika 3 tahun lalu James Bons sedang menservice Blazer di benkel resmi Cevrolet, oleh yang empunya bengkel di bujuk supaya ganti aja ama Captiva diessl yang kabarnya menggunakan commonrail, dia bilang “Ganti aja pak ama ini, enak lho meski mobilnya pedek tapi sangat staabil, irit dan joknya 3 baris, mewah lagi, apalagi yang diesel, gak berasap dan suaranya kalem layaknya bensin, dah gitu masih bisa minum solar pertamina lho pak”. Wew menggiurkan juga tawaran ini, namun harganya itu yang bikin kolap, haha 300 jetian kekekeke.

Chevy Spin

Chevy Spin

Nah beberapa bulan belakangan keluarlah Chevy Spin yang juga keluar dalam edisi diessel yang kabarnya juga menggunakan sistem commonrail ini. Yup, menanggapi hal ini, bahwa isu internasional bila mobil menggunakan system ini maka harus minum pertadek, layaknya mobil-mobil berkompressi tinggi harus pake pertamax atau pertamax plus. Ya berarti haram dong minum solar pertamaina.

Sebuah statmen menarik juga dari seorang pengungjung warung ini, pada artikel: http://bonsaibiker.com/2013/05/23/kupas-tuntas-kekurangan-dan-kelebihan-chevrolet-spin/#comment-127694

“arick – 23 Mei 2013 [Edit]

Semua commonrail apalagi pake turbo mestinya pake solar bagus. Yang masih kuat minum solar busuknya pertamini ya panther. Yang lain kalo dipaksa palingan setahun udah mesti cek mesin. Biasanya kotorannya numpuk. Kinerja mesin nyendet melulu. Padahal sempet nyoba focus diesel enak banget mesinnya.
Sumber kejadian : chevy captiva diesel punya temen.

OCeh pada kenyataannya mobil-mobil kompressi tinggi yang 11:1 ke atas ternyata disetting di Indonnesia agar bisa minum premium, mulai dari Xenia, Avanza, Yaris dan sebagainya tuh kan kompressinya 11: 1, tetep aja bertahun-tahun masih eksis minum premium, karena diset oleh pabrikan agar minum premium bisa tetep ok. Yup bagaimana dengan diessel commonrail? Monggo dishare menurut agan sekalian bijimana!


33 thoughts on “Diskusi Seputar Mobil Diesel Menggunakan Commonrail, Kabarnya Gampang Rontok Mesinnya Kalau Dipaksain Minum Solar Pertamina

    ternyataa…
    wah mobil diesel mahal gitu memang cocoknya dex

    masih jarang SPBU yang jual pertadex

    pertadex dulu.. ;smile:

    marci
    on said:

    solusi sementara mungkin memakai cetane booster kang Bond..

    joss
    on said:

    masa sih cuma panther yg kuat,? kijang kapsul tetangga minumnya solar murah terus, enak aja tuh.
    yg inova juga sama, solar murah semua. tapi gatau kalo macam dieselnya mitsubishi, harusnya sih juga kuat

      subaru
      on said:

      diesel mitsubishi kuat juga makanya banyak dipake di tambang
      kijang kapsul teknologinya sama ama panther = kuno makanya masih kuat. itu yang dimaksud mobil baru keknya.
      solar busuk = ngebul.

      commonrail beneran loh mesti hati2 perawatannya. diesel itu bagus, ramah lingkungan dan irit. di eropa aja mobil mewah keluar versi diesel. BMW aja ngeluarin M5 mesin diesel.

      sekedar bisa dan bagusnya pake apa jelas lah beda.
      pabrikan tentu demi penjualan bakal bilang ke pembeli sekedar bisa bukannya bilang bagusnya pake apa. apalagi untuk mobil entry level.

    Iwan
    on said:

    Ane dah jth <3 mbah sama spin diesel ltz, menurut ane lebih yahut dari velos yg harganya mirip. Tp pas baca artikel sprti ini di sbuah media jd mikir 2x. Sebetulnya gimana ya…?

    urung tahu duwe baik avansa xenia captiva i20 diesel pernah punya spin tapi merknya suzuki…

    Sebenernya bisa ja, konsekuen ny ya sering2 ganti saringat solarnya
    Mobil2 dcab semua pkai diesel cammonrail…,
    Dan minum solar busuk enak2 j

    menurut ane mesin diesel commonrail memang harus minum dex,pajero ane aja minumnya dex tapi pajero ane memang udah pernah merasa minum solar standar pas liburan ke lampung,di luar pulau jawa jarang banget jumpa spbu yang jual dex

    Mending jgn di pakai. .

    kang ealmee
    on said:

    bio solar kelihatanya murah dan lebih bagus, paling gak kan asalnya gak dari minyak bumi yang banyak sulfur..

    Ada yang pake sistem monorail gak pak bons? Kkk…

    bajuri
    on said:

    Tetangga ane pake innova D4D isinya pake solar busuk pertamina dah 3 tahun baik2 aja.

    mbuzz
    on said:

    daihatsu Taft juga tahan makan solar busuk , commonrail kalo dikasih solar busuk maka penggantian filter solar kudu dimajukan

    inova masih kuat dicekokin solar bosok om, tekanan injeksinya ga gede-gede amat kok :mrgreen:

    barangkali ada yang mau bersih-bersih mesin dieselnya, bisa simak tautan dibawah 😉

    http://varput.wordpress.com/2013/08/21/diesel-power-energy-drink-buat-mbah-diesel/

    CB Gelatik
    on said:

    itu baru khabarnya bro, tapi ini ACTUALNYA : ane pribadi dah 2 tahun pake Kijang Innova Diesel (Common rail diesel + turbo) minumnya solar / bio solar pertamina + additive RedLine 85+ atau CRC 1 tank power renew dosisnya untuk perawatan. Kantor ane juga pake 42ner dan Captiva diesel juga minumnya solar/bio solar pertamina tanpa dikasih additive dan sudah berjalan 3 th lebih tapi masih sehat aja tuh. Yang penting perhatikan filter solar (ganti setiap 20-30rb km), bersikan injector tanpa bongkar/purging (setiap 20-30rb km), oli mesin yg sesuai. Trus rasakan sensasinya torsinya dijalan tanjakan.
    http://mesin-diesel.dinogroups.com/

    newbie boleh urun rembug nggak mbah? komen perdana
    saya pernah punya pengalaman isuzu d-max dan ford everest yg di pake’in filter solar sampe 4 pun masih tembus kotorannya ,sebenarnya bukn masalah kotoran ini yg membuat power mesin common rail turun tapi presure regulator yg sering stress karena tekanan rail yg demikian tinggi
    FYI:tekanan rail pada ford everest saat idle rpm 1000-1200 an udah 450-460 bar , full throttle tekanannya sampe 1500-1600 bar
    nah kalo bisa setelah usia mobil menginjak >3th presure regulator ini diganti saja
    fungsi dari presure regulator adalah meregulasi tekanan rail agar tidak sampai melebihi tekanan maksimum yg di ijinkan oleh pabrikan mobil
    justru injektor2 ,rail dan pump common rail jarang banget yg rusak saat mobil berusia <5th,meskipun pake solar biasa (bukan solar jelek lho yaaa)
    nah pada mesin innova baru / di fortuner d4d , pressure regulator ini sudah berupa acuator yg terkontrol secara electronik menjadikan regulator ini jadi lebih awet namun mahall
    maap kepanjangan komennya 😀

    Jonatan
    on said:

    Sy pk Captiva facelift sejak 2012 dan tdk pernah sekalipun pakai Dex maupun Shell….baik2 saja tuh? 100% biosolar tanpa embel2 additive segala. Ngaciir, tenaga syupeer, mesin haluss, bentuknya jg bagus, gak limbung ky temen2nya yg tinggi2 itu…. Puas 100% tapi ya gak tau ya, kan br 30,000 km… Kl 100,000km tiba2 jebol sy akan post lagi hehehe

    pas banget mobil keluarganya

    Nah kebetuan nih bahas Captiva diesel, soalnya ane baru beli hehehe…Emang kata teknisi Chevrolet Thailand, semua mesin diesel sejenis Captiva dengan jenis commond rail, maka minumnya harus solar CETANE tinggi, tertulis dibuku manualnya juga. Nah bagaimana kalo pake solar biasa saja ? Resikonya injector dan ruang bakar akan cepat kotor dan common railnya kena imbas, makanya jika pake solar biasa harus ditambah ADITIF SOLAR CETANE TINGGI atau harus lebih sering dibersihkan Injectornya atau kerennya sekarang ada DIESEL PURGING dimana kalo mbil diesel biasa 20.000 s/d 30.000 km tapi kalo common rail dibersihkan setiap 10.000 km.
    Nah ane buat percobaan, soalnya kalo terus menerus pakai DEX, kantong bisa bocor juga hehehe. Nah karena ane dah pake solar biasa (karena kurang pengetahuan), selama 6 bulan, trus rasanya tarikan mesinnya rada kurang gitu, nah….saran tehnisinya gue ikuti: Pertama> Ane masukin mobil ke bengkel buat purging, lalu Kedua > ane pake solar biasa + aditif penambah CETANE, mulanya ane pake yang import Liquimoly, tapi mahal banget….lalu atas saran tehnisi, ane ganti ke merk primo NITRO DIESEL, tertulis naikkan CETANE sampe 8 angka, lagi pula harganya hanya 60% dari Liquimoly, hasilnya…manthap …..sudah 6 bulan ane pake solar + aditif CETANE merk primonitro diesel ini, waktu ane purging agi ke bengkel, tehnisi bengkel sampe heran injektor ane dan sistem ruang bakarnya bersih…..ga usah purging harusnya karena sudah make aditif primo nitro diesel yg sudah ada aditif pembersihnya juga selain penambah CETANE…..sampe sekarang truk ane juga make nitro diesel ini,…hehehe…bukan promosi lho…soalnya ane beli di bengkel juga kaga dikasih discount, akhirnya ane langsung nelpon ke kantornya, ada bonus kalo beli 1 box….hehehe

      manny
      on said:

      Gw pernah denger primo nitro diesel ini di singapore bro…produk usa juga. Di Indonesian tolong brth dimana belinya bro..dengan siapa. Thx yah

        kantor primo nya lupa bro, dijakarta barat cengkareng sono, nih no hp yg biasa ane hubungi: 0818 0826 8778 dgn mbak Joana, Biasanya ada promo bonus 1kaleng jika beli 1 box isi 20 primo nitro diesel, Tersedia juga untuk bensin, kalo ga salah primo nitro race namanya, juga ada Diesel Purge merk primo, kalengnya mirip Liquimoly, tapi harganya jauh lebih murah. pernah ane beli di bestpong, tapi sering habis barangnya. Rada2 susah temukan bro.

      manny
      on said:

      Bro Fran, Sudah gw beli dan pake primo nitro diesel nya, manthap banget, berasa tarikan captiva gw seperti baru lagi bro. Yang lebih berasa lagi di land cruiser gw bro, lebih irit solarnya dari sebelum make, gw ga pake dex. Tapi sebelumnya gw make diesel purge dulu dibantu sales primonya karena gw juga beli bbrp botol buat truk. Thx yah…

    Saya mau nanya, mobil saya ford everest kalo pagi susah hidupnya sudah saya bawa ke bengkel ford everest common railnya harus diganti. Apa ada cara untuk memperbaiki common rail ? supaya tidak perlu diganti.thx

    Diskusi Seputar Mobil Diesel Menggunakan Commonrail, Kabarnya Gampang Rontok Mesinnya Kalau Dipaksain Minum Solar Pertamina. Statement ini ada benernya, coba buka witus http://www.hematbensin.com semoga dapat pencerahan

    fachru
    on said:

    kang mau tanya spek injeksi ford everest berapa ya ?

    DC4D56T
    on said:

    Armada usaha saya Mitsubishi Triton Double Cabin keluaran thn 2008, total smw ad 40 unit. Slm beroperasi ga prnh mnm DEX, ga pernah purging2, ga pernah utak-atik, ckp Solar/ Biosolar dr SPBU smp skrg udh 6thn smw unit msh waras tanpa kendala apapun, suara mesin msh halus. perawatan kunci di Tri Filter (Filter Solar, Filter Oli, Filder Udara) dan stp minggu priksa Water Sedimenter (sbnrnya otomatis ada indikator tp dicek manual jg) 10rb km ganti dan menggunakan Doble Filter. Pke Oli Mesin merk J*mb* Diesel 5000km smw oli diganti sblm waktunya, filter oli diganti. Filter udara dibersihkan dan disemprot oli, pas waktunya diganti baru. Menghidupkan dan mematikan mesin sesuai anjuran pabrikan. Saat start sy larang keras sopir injak gas.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan

%d bloggers like this: