Kenapa Yamah Baru Jual R 15 Sekarang? Karena Himpitan Honda atau Strategi Bisnis Semata?

Mengamati pergerakan bisnis Yamaha nampaknya memang ada sesuatu yang baru belakangan ini, latah mendatangkan moge, mulai dari R 15, R 25, R 3, R 1, dan lainnya. Ya kalau melihat pasar, dulu kan Yamaha pernah menyaingi Honda di Indonesia, ee belakangan jeblok dan kini 60 % pasaran dikuasai Honda, lalu 40%nya diperrebutkan Ymaha, Suzuki Kwasaki, dan beberapa brand kecil. So bisa jadi kan Yamaha merasa harus mempunyai strategi baru untuk melawan Honda.

motor-yamaha-yzf-v-2-r15-biru
motor-yamaha-yzf-v-2-r15-biru

Yup, melihat pergerakan bahwa Yamaha mau mendatangkan R 15 ke Indonesia, kenapa gak dari dulu? Kan sebenarnya basik R 15 ini adalah V-ixion, lalu dimodif berbagai sisi, jadilah R 15, tapi kok harus nunggu sekian tahun lamanya? Mungkin yamaha mulai bersiap-siap bahwa kadigdayaan V-ixion sudha mulai memudar setelah sekian tahun fenomenal, terutama rong-rongan CB 150 mulai terasa. Atau pula karena ada isu pembuatan CB 150 R fairing? Mungkin pula ini hanya strategi Yamaha saja, bahwa dulu memang R 15 belum demand dan kinilah saatnya?

Ya, banyak pertanyaan yang muncul dalam benak kita sebagai konsumen. Namun apapun itu jelasnya makin banyak pilihan mas bro.

Nah di sisi lain nampaknya Honda justru semakin nyaman dengan posisinya sebagai penguasa bebek nusantara, maka apakah nantinya Yamaha menjadi raja Sport Moge, lalu Honda raja Bebek? Ya kita lihat saj nanti.

Advertisements
Advertisements

34 Comments

  1. seperti kasus mio fino …………

    alamat bakal nyungsep lg …kl harganya ngga cantik….diinjek2 kompetitor lg… 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄 🙄

  2. maklum ms sport ymii akan tergantung sekali dgn manuver kawasaki.

    ahm kesampingken dulu

    sebeb design yg seirama dgn ymii cuma kawak

  3. Itulah gunanya persaingan. Makanya ini lagi nunggu honda kesaing di bebek dan matik, cuma sayangnya, kok belum kelihatan tanda2 ada saingannya.

    • lagi konsen di sport om.

      masalahnya kawak sedang ganas

      ahm msh bisa dibendung

      strategy harga mesti mateng banget.

      biar ngak gosong

  4. Kalo dibilang kedigjayaan Vixion/NVL sudah kurang, ya… gak juga! Jualannya kan naik terus sampe lewat di atas 40 rebuan per bulan, to (sementara CBSF berkutat di angka 15 rebuan) !!! Kayaknya buat penguatan brand sport aja Bro. Supaya ms sportnya gak segera dikudeta Honda. Saya sendiri memandang ketimbang sibuk nyiapin motor sport di atas NVL, jauh lebih penting bagi YIMM buat motor murah berbasis Byson untuk bendung bahaya laten Verza. Jangan dianggap enteng tu angka 14.000 unit verza per bulan, YIMM !!!

    • bener mas broh, supaya gak segera dikudeta secara MS sportnya, utk perbandingan AISI H & Y =

      metik all 3.425.572 – 1.388.896 = 2.036.676

      bebek all 876.731 – 562.738 = 313.993

      sport komuter all 398.568 – 544.162 = – 145.594

      sport komuter all non cbr series 387.252 – 544.738 = 157.486

      jika dibagi 12 bulan maka selisih 13.124 unit per bulan sebuah angka penjualan yg berbahaya tentunya untuk pabrikan sebesar Y

      dri snilah R15 dianggap perlu dirilis dengan harga fantastis sebelum update byson & scorpio krn cbr lokal diperkirakan rilis masih diakhir tahun

      • Yoi bro, jgn pandang enteng Verza, krn bisa jadi momok nantinya. Krn di sini hrg jual adalah sisi yg sangat sensitif utk kelas entry level. Kesalahan hrg aja bisa jd bencana panjang buat sebuah produk.

  5. plant yakampret udah agak longgar tuch … dulu bisa distribusi 300rb’an sekarang cuman 200rb’an … jadi nambah varian gak masalah dan utk memperkuat image di motor batangan, sedangkan honpret belum fokus, overload krn matic dan plant baru belum jalan …. imho, cmiiw

  6. emang udah diujung tanduk tinggal sengplot doang sampe2 nyogok majalah rakit 2 getek buat bikin mindset kentjang2

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin