Kendaraan Anda Mau Irit Silakang Geber di 2500-2800 RPM

Seorang temen bertanya bagaimana mungkin sebuah mobil 2000 cc kok ternyata lebih irit dibanding 1500 cc? Mmm, ternyata jawabnya adalah gaya berkendara. Berdasarkan hasil diskusi dengan para mekanik ternyata bila mesin itu digeber di bawah 3000 RPM ternyata sangat irit BBMnya gan, makanya ketika mobil 200 cc dipanteng di bawah 3000 RP, lalu yang 1500 cc dibejeg dengan diatas 300o RPM, maka wajar yang 2000 cc lebih irit.

Indikator BBM
Indikator BBM

Setiaknya James Bons pernah membuktikan hal ini dalam dua kondisi berbeda, pertama ketika menggunakan motor Tiger Revo, dulu ketika Bensin belum naik, bawa si tiger rev0 ini dari Jakarta ke Jawa Timur dengan kecepatan 60-80 KPH, bensin kira-kira habis 90-100 rebu, sementara pada kesempatan lain, James Bons juga riding Jakarta-Magetan dengan lumayan kebut antara 90-120 KPH, hehe ternyata habis bensinnya 140 rebuan. Nah saat bawa mobi Opel Blazer, Jamesb Bons terapkan hal ini, menggunakan mobil selalu di bawah 3000 RPM, bila RPMnya mau 300 maka cepet-cepet pindah gigi. Hasilnya memang dari Cirebon-Magetan hanya habis 200 rebu BBM sebelum Bensin naik. Nah ketika suatu kesempatan lain, James Bons kejar waktu dan sering kebut, ternyata dari Cirebon-Magetan Habis sekitar 265 rebuan gan, sebelum BBM naik. Dan setelah BBM naik, awal tahun ini James Bons menghabiskan 350 rebu BBM.

Selain itu juga masih ada faktor lain, ternyata berkendara di terik matahari bensin cepat mengalami penguapan, kata beberapa mekanik, sehingga lebih boros, nah paling adem ya riding malam,bensin lebih irit. Nah kalau yang ini James Bons belum membuktikan. Kecuali memang riding atau driving malam hari memang jalan sepi jdi lancar dan hemat BBM pula.

Kemudian kalau nggak ada RPMnya misalnya kendaraan motor bebek? Ya bisa diakali dengan lari di antara 45-60 KPJ gan. Lalu kalau macet? Hahahaha mungkin inilah Honda bikin ISS sehingga esin otomatis mati bila berhenti beberapa detik. Jelasnya tips ini pasti tidak berlaku buat speed lover, karena menggangu hobi, hehehe, mungkin hanya bakal disukai irit lover dan alon rider, alamak! 😛

Nah kalau gak mau repot-repot dengan boros BBM gampang gan taruh aja dirumah gak sah diapek, hahahahahah!

Advertisements
Advertisements

23 Comments

  1. masbons tolong dibikinin juga artikel bagaimana merubah bbm ke bbg untuk sepeda motor injeksi,sy pngn mencobanya

  2. Pas solo turing ke magelang kemaren pengen rolling di speed 60-70km/j…tapi apa daya…kaga kuat liat jalan kosong….gas pol terussssss hehehehehe…

  3. Sip. bisa juga dg meletakkan sebutir telur ayam di bawah pedal gas dan usahakan jangan sampai telur tsb pecah :-). kalau mau irit ganti gigi pada rpm dimana torsi maksimum didapat, kalau mau ngebut ganti gigi pada rpm dimana power maksimum cmiiw.

  4. Sebenarnya klo mau BBm efisien…..mainkan rentang rpm mesin di setengah rpm tenaga maksimum ( yg biasanya tertera pada spesifikasi motor ato mobil masing2 )…, misal : spek tenaga maksimum 10 ps / 9000 rpm….maka mainkan rentang rpm pada 4500 rpm saja dan pada saat over gigi persneling tdk lebih dari 4500 rpm….pasti bbm efisien.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin