Just Share Aja, Kalau Power DOHC Tak Lebih Jozz Ketimbang SOHC, Kenapa Moge Sport Pada DOHC? | Bonsaibiker

Just Share Aja, Kalau Power DOHC Tak Lebih Jozz Ketimbang SOHC, Kenapa Moge Sport Pada DOHC?

Diskusi ramai di berbagai temapat memang terjadi dari asumis bahwa DOHC lebih powerfull dari SOHC di cc yang sama. Para pecinta SOHC ngotot bahwa SOHC denga ramuan khusus mampu mengalahkan DOHC dengan CC yang sama, contohnya Honda Mobilio yang SOHC mampu mengalahkan Avanza yang sama-sama 1500 cc. Fakta ini kemudian menjadi semakin ramai ketika saat latihan bersama di sentul V-ixion yang SOHC mengakahkan CBR 150 yang DOHC pada artikel berikut: http://bonsaibiker.com/2014/01/27/nyentul-bareng-kelas-150-cc-4-tak-vixie-karbu-ungguli-cbr-ultraspeed-racing-moncer-bersama-cb-150-r/ mesti dalam tanda kutip “Belum Menggunakan Regulasi”.

Vixion vs CB 150

Vixion vs CB 150

Nah pertanyaan yang muncul adalah kalau memang SOHC tak kalah dengan DOHC kenapa kebanyakan moge bertipe sport menggunakan DOHC? Itung saja mulai dari CBR 250, 500, 1000 rr, lalu kemudian Kawasai Ninja 250, ER 6, Yamaha R 1, dan sebagainya.

Kebanyakan memang berasumsi bahwa SOHC memang menang di tarikan awal, sementara DOHC memang Jozz menggapai Speed. Nah bagaimana menurut agan sekalian?

 

%d bloggers like this: