Bagian Depan Mobil dari Bahan Mudah Remuk Dengan Alasan Untuk Keselamatan Pedestrian, Ngeles Apa Aseli?

Brader sekalian, paradigma mobil dulu dan sekarang memang sudah jauh berbeda. Era dulu jelas mobil dibikin kuat bagian depannya, malah dibikin bemper agar kalau tabarkan tidak kalah dengan yang lain. Wal hasil pada lomba pasang bemper di bagian depan mobil, lihat saja mulai dari MPV, SUV hiingga truk. Kini pariadigma berubah, keselamatan pejalan kaki mulai diperhitungkan. Produsen2 mobil eropa mendesain bentuk bodi mobil agar dapat meminimalisir cedera yang dialami oleh pejalan kaki. Ya, desain lekukannya dibuat membulat, tak lagi kotak seperti dulu. Kabarnya desain ini tak hanya bertujuan meningkatkan aerodinamis tapi juga mencegah cedera parah pada pedestrian jika terjadi kecelakaan. Tanduk (bullbar) alias bemper depan yang berasal dari material keras, di negara2 maju sudah tidak diperbolehkan lagi dengan ancaman denda.

Mobil tabark pejalan kaki
Mobil tabark pejalan kaki

Tengok saja misalkan Mitsubishi outlander sport, bagian samping depan body terbuat dari plastik yang elastis, ketika ditekan penyok ke dalem, tapi bila tekanan ditarik, akan balik lagi seperti sedia kala, ini tujuannya kalau nyenggol pedestrian alias pejalan kaki bisa meminimalisir benturan yang mengakibatkan luka pada pejalan kaki. Beda sekali dengan Blazer James Bons yang depannya besi yang ketika nyruduk tembok bakal ancur, apalagi hanya pedestrian, ya maklu modul, mobil jadul alias motuba, mobil tua bangka.

Nah, uniknya beberapa sales mobil kelas low end, melengkapi bagian depannya dengan matrial yang mudah remuk, dan itu tentu harganya juga murah. Kata mereka ini adalah fitur untuk perlindungan pedestrian. Nah ini menurut agan sekalian bener apa cuma ngeles? Monggo!

Advertisements
Advertisements

33 Comments

  1. spt nya benrr om, tdk ngeles ,

    kalu kaki kita terbentur bamper depan ,

    materila plate besi dng material yg bulat dan bahanplastik yg elastis,

    jelas efek cidera pada kaki bisa diminimalisir dgn bahan plastik elstis om.

    cobain ja sendiri ,

    kakinya dibenturin ke plate besi ama ke plate plastik eklastik,

    mana yg menimbulkan rasa sakit dan lebam

  2. alesan outlander pake bahan plastik di depan karena di sinyalir bagian tersebut paling besar resiko untuk rusak..
    kalo biasanya bahan dari plat besi kalo rusak biaya ganti nya mahal bisa beratin user..
    nah kalo pake bahan plastik kalo rusak ganti baru otomatis bisa lebih murah harga part nya..
    begono..cmiiw

  3. Seingat saya pernah lihat aduan moncong avansa vs chevy LUV. Si avansa moncongnya ancur tapi kabin aman dan si LUV malah kabinnya yg nekuk. Kapnya jg ngelipat tapi gak separah hidung avansa

  4. yang penting kecepatan kendaraan dalam batasan. kalo kencang, ya bisa bikin yang ditabrak patah tulang. meskipun plat penyok tadi adalah hasil meredam benturan. setelah itu si korban kepental, dan patah kan!

    bisa jadi ngeles. karena kalo komponennya keras sekalipun, asal bentuk mobil gak kotak tadi, ya gak masalah. tapi memang komponen lentur lebih baik. plat mudah penyok, lumayan lah buat hindari korban cidera.

  5. Kalau model kerangkanya ada beam/bar yg mirip cage di sekeliling kabin maka crumple zone-nya relevan tapi kalau ndak ada ya kaleng susu…..:-)

  6. mobil lama kl tabrakan…, kabin ikut meredam benturan dari depan. padahal penumpang-pengemudi ada didalamnya…,
    minimal setelah kecelakaan…, pintu agak susah dibuka karena chassis ketekuk.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin