Ngintip Fungsi ABS, EBD dan BA pada Mobil

Penasarn perasaan ketika launch mobil baru selalu yang diampaikan fitur ABS, EBD, dan AB. Nah bagaimana ketiga fitur ini bekerja? Mongoo simak berikut!

ABS

ABS

ABS (Antilock Braking System) :
sistem yg mencegah roda terkunci pada pengereman mendadak. Roda yg terkunci pada pengereman akan membuat kendaraan tidak terkendali & bisa mengakibatkan kecelakaan. Jika sensor ABS mendeteksi salah satu/semua roda terkunci, dia akan memerintahkan piston rem untuk melepaskan sejenak jepitan kampas rem, kemudian menjepit lagi setelah roda berputar. Proses ini bisa berlangsung sangat cepat, sampai 15x tiap detiknya, sehingga pedal rem terasa sedikit bergetar. Manfaat nyata ABS adalah memperpendek jarak pengereman.

EBD (Electronic Brakeforce Distribution):
Suatu sistem, yg bisa mengatur tekanan minyak rem yg berbeda2 ke setiap roda berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor2 lain. Bekerjasama dgn ABS, EBD akan membagi dan mengatur tekanan rem yg tepat ke setiap roda agar roda yg slip bisa kembali mendapatkan daya cengkeram dan roda yg menapak jalan bisa melakukan pengereman sehingga kendaraan bisa terkontrol.

BA (Brake Assist):
Adalah suatu sistem yg akan menambah tekanan pengereman saat kondisi darurat/genting. BA akan mendeteksi kondisi yg memerlukan pengereman mendadak dengan mengukur kecepatan pedal rem ditekan. Pada kondisi yg memerlukan pengereman darurat, BA akan mengembangkan tekanan pengereman maksimum untuk mengatasi kecenderungan kurang kuatnya pengendara menekan pedal remnya, agar kendaraan bisa berhenti. Pada prakteknya BA akan mengurangi jarak pengereman sekitar 20%.

Ketiga sistem tsb akan saling bekerjasama untuk menjaga agar kendaraan tetap dibawah kendali pengendara dan bisa berhenti dgn aman dalam jarak yg pendek pada kondisi pengereman yg ekstrim” Semoga bermanfaat!

sumber: FB Toyota Id

 

 

About these ads
This entry was posted in Berita Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Ngintip Fungsi ABS, EBD dan BA pada Mobil

  1. ndp90 says:

    sorry mas oot, mau nanya kalo combi brake di motor honda piye mas?? Saya msih ra mudeng..kalo jalanan penuh pasir dan kita hanya butuh rem blkng piye?? Nyusruk gk mas??

    • tahun lalu > ane baca komentar2 di blog om tri, iwb n tmc korlantas ehh tmcblog… 😆

      banyak yang salah kaprah memahami CBS (Combine Brake Sistem) pada skutik Vario “disamakan dengan” ABS (Antilock Brake Sistem)

      padahal CBS (Combine Brake Sistem) pada motor skutik tsb ngga mesti atau belum ABS (Antilock Brake Sistem)

      misalnya Vario Techno itu CBS (Combine Brake Sistem) > bukan n belum ABS (Antilock Brake Sistem)

      CBS (Combine Brake Sistem) pada Vario CBS itu sistem rem kombinasi rem depan n rem belakang bersamaan pada saat satu tuas handle rem ditarik, biar lebih pakem maksudnya…

      nahh…, ada juga pada kendaraan roda dua / sepeda motor lainnya yang menganut sistem rem kombinasi “roda depan+roda belakang nge-rem secara bersamaan” a.k.a CBS (Combine Brake Sistem) plus sudah ABS (Antilock Brake Sistem) > ini yang lebih mantap > CBS plus ABS…

      kalo pada mobil ABS (Antilock Brake Sistem) pasti sudah CBS (Combine Brake Sistem) > karena ke-4 rodanya nge-rem *bersamaan (kombinasi) pada saat pedal rem mobil diinjak pengemudi…

      *mobil2 yang sistem remnya belum ABS (Antilock Brake Sistem) pun sudah pasti selalu CBS (Combine Brake Sistem)

      maaf kalo salah n ada yang kurang…, mohon ditambahi demi pencerahan semua… 😀

       

    • kalo porsi pengereman di motor biasanya 60 : 40 depan – belakang…

       

  2. hulssay says:

    oww..sippp..
    jd makin gampang donk bawa mobil..

    http://www.hulssay.com

  3. vvotampan says:

    kalo LSPV itu apa pak bons? soal nya unik juga sih waktu baca spek dari chevy spins dicantumkan ABS + LSPV

    • Bonsai Biker says:

      Load Sensing Propotioning Valve
      Sistem LSPV digunakan pada sistem kerja rem belakang untuk mengatur tekanan rem pada roda belakang kendaraan. Sistem ini membantu kerja rem menjadi lebih stabil pada saat kendaraan ringan beban dan meningkatkan daya kerja rem dari belakang pada saat beban kendaraan bertambah. Sabuk pengaman pretensioners dengan pembatas beban menyediakan perlindungan tambahan untuk sabuk pengaman ELR standar pada saat kecelakaan.

  4. antonube says:

    belum pernah nyobain fitur tersebut mbah:-(

  5. taufik says:

    ABS
    asal berhenti sukur…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.