Tanpa Pandang Merk, kalau Benturan Keras, Tetep Saja Shock Depan Bisa Patah, Ini Buktinya!

Beberapa kali kejadian di lapangan yang terendus media, blogger, mapupun facebooker, bahwa ketika motor Yamaha mengalami tbarkan banyak diantaranya shock depannya patah. Kemudian di sisi lain banyak poto secara kebetulan beredar bahwa ketika motor Honda mengalami kecelakaan shock depannya bengkok. Dari sini orang berasumsi bahwa motor Honda shocknya lebih kuat, lalu motor Yamaha kalah kuat. Nah benarkah asumsi itu?

Matik Shock patah
Matik Shock patah

Ya berasumsi memang sah-sah saja, toh baru sebatas asumsi. Kadang asumsi ini dianggap benar karena secara kebetulan memang banyak sekali poto beredar bahwa Shock Honda hanya bengkok, ditambah poto beredar bahwa shock Yamaha patah pasca kecelakaan. Nah sekali lagi itu baru asumsi dan didukung oleh kebetulan. Sayangnya belum ada penelitian yang membuktikan hal itu secara ilmiah.

Nah, sebuah penampakan bahwa matik Honda ternyata juga bisa patah shcok depannya akibat benturan keras. Kecelakaan ini terjadi kalau tidak salah kemarin di daerah Gancit. Bagian shock depan patah, rider selamat. So kayaknya tergantung kuat tidaknya benturan, atau bijimana gan? Monggo silakan berpendapat, dengan kepala dingin tentunya!

Advertisements

29 Comments

  1. pada sistem kemudi mobil ada namanya “collapsible steering column” steer akan patah dengan sendirinya bila terjadi tabrakan bertujuan untuk mengurangi benturan dan cidera dada pengemudi…

    mpv terbaru (innova, avxen, ertiga dll) rata2 sudah aplikasi sistem ini
    http://www.google.com/m?q=Stir%20akan%20patah%20ketika%20terjadi%20tabrakan&client=ms-opera-mini&channel=new
    ^kalau orang awam jadul bilang, mobil sekarang gampang patah steernya bila terjadi tabrakan…, padahal itu sistem meminimalisir cidera di dada pengemudi…

    sama kek kasus bumper mobil sekarang dibuat cenderung empuk dan landai gampang ringsek bila tabrakan, mungkin ini mengikuti aturan internasional untuk meminimalisir cidera pejalan kaki dan pengguna jalan lain yang tertabrak mobil…?
    ^atau bisa juga akal2an “downgrade” produsen mobil untuk menekan biaya produksi… πŸ˜†

    nahh kalau pada sepeda motor rada gelap nihh… :mrgreen:

    γ€€

  2. Kalo liat caranya kebanyakan orang bawa matic ban 14 sih emang ngeri2 deh, kaya orang baru bisa bawa motor soalnya lobang besar dan dalem di jalan tetep di hajar…gue yg pake ban 16 aja udah pelan2 padahal….ckckckck…..

Leave a Reply