Bedain Baso Daging Sapi dan Baso Daging Babi

Membedakan baso daging sapi dan daging babi ternyata susah juga ya, beberapa tips diberikan di sebuah artikel republika ini, namun ternyata kudu teliti. Meski dibilang mudah tak ya tak mudah-mudah amat, ya kudu teliti! Lagi-lagi telitit!

baso
baso

berikut cara membedakan bakso sapi dan bakso babi :

  1. Aroma daging babi lebih banyak lemaknya sehingga menimbulkan aroma lemak tajam dibandingkan sapi. Jadi jangan ragu mencium daging bakso sebelum menelannya bulat-bulat.
  2. Warna bakso babi dan sapi nyaris sama, tetapi jika dipotong warna lebih pucat dibandingkan sapi yang merah kecoklatan.
  3. Tekstur bakso babi lebih halus, lembut dan berminyak. Ini berbeda dengan bakso sapi yang kesat, nyaris kering dan berurat.
  4. Ukuran bakso babi lebih besar dibandingkan bakso sapi karena teksturkanya lembut dan cenderung dibuat dengan ukuran besar.
  5. Harga bakso babi umumnya lebih murah dibandingkan harga bakso sapi.
    Jika harga bakso sapi lebih murah bisa jadi ada campuran babi atau tepung kanji yang lebih banyak.

O iya jangan lupa yang berikut ini:

“istilah bakso sendiri berasal dari kata Bak-So. Dalam bahasa Hokkie, secara harfiah Bak-So berarti daging babi giling. “Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah Muslim, maka daging giling babi diganti dengan sapi, ikan atau ayam”

Advertisements

12 Comments

  1. satu cara lagi untuk membedakan daging babi dan sapi:

    tusuk dengan garpu.kalo bunyi ngrhok ngrok berarti daging babi.kalo bunyi ngoooh ngooh berarti daging sapi 😀

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin