Wew Gile, Kawaski Indonesia Merealisasikan Ninja 250 FI Ber- Assist and slipper clutch, Yakin Ini Counter Attack Ke R 25!

Sebuah kabar segar dari Kawasaki gan, bahwa kini gacoan baru mereka Ninja 250 FI telah mengaplikasikan teknologi MotoGP yakni Assist and slipper clutch. Ya bulan Agustus lalu hal ini memang baru sedikit iformasi dan wacana di Ninja 250Jepang, namun kini kabar tersebut telah beredar ke Indonesia disampaikan langsung oleh Kawasaki Indonesia.

N 250 Assist and slipper clutch
N 250 Assist and slipper clutch

Ya, Ninja 250 mengalami lagi penyempurnaan yang akan melengkapi semua varian Ninja 250, yaitu dilengkapi dengan sistem kopling Slipper Clutch yang telah diaplikasikan pada model-model Ninja berkapasitas mesin lebih besar. Hal ini bukan lagi rumor, namun telah diupload di web Kawasaki Indonesia sejak 4 November kemarin. Wew nampaknya Kawasaki bener-bener memberikan counter attack pada Yamaha yang menyerang dengan R 25nya.

N 250 Assist and slipper clutch
N 250 Assist and slipper clutch

Ya, mungkin brader sekalian sedikit lupa dengan system kerja piranti ini, yakni bahwa system ini memiliki nama Assist and slipper clutch yang beroperasi pada saat yang berbeda, dimana Assist clutch terjadi saat motor berakselerasi, sedangkan Slipper clutch secara otomatis terjadi saat motor berdeselerasi dan melakukan penurunan gigi/downshift.

Ninja-slipper-clutch
Ninja-slipper-clutch

Efektif bekerjanya adalah saat penurunan gigi dengan cepat (misal pada saat race) pada sistem kopling akan terjadi fenomena back Torque (torsi berlebih) yang bisa membuat ban belakang skid dan selanjutnya membuat roda kehilangan traksi pada permukaan jalan. Nah, slipper Cluth yang dipasang di Ninja 250 bertujuan untuk mengurangi kerugian akibat gejala back-torque dan kesulitan pengendalian akibat ban belakang mengunci yang dapat mengakibatkan skid. Lebih pastinya motor akan lebih stabil tanpa geal geol, juozz gan.

Advertisements

10 Comments

  1. kaoskaki ki montor e apik, kenceng tp Service karo aftersales e bosok. Jal we itung wae dino minggu, meh serpis motor kaoskaki, ana sing buka rak bengkel resmine…

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan