Kisaran Harga Suzuki Ertiga Seken, Berikut Kelemahan dan Kelebihannya

Brader sekalian kaum Homosek alias Hobi Mobil Seken, kalai bahasan kita adalah tentang berbagai pernak-pernik mobil Ertiga. Mulai harga baru, kisaran harga seken, kurang lebihnya, dan bebrapa iklan Ertiga seken. Yup monggo kita ulas!

ertiga 2

ertiga 2

Kurang lebihnya Sertiga:Kelebiha Ertigad ibanding MPV lain

1. Desain Exterior dan Interior
Ertiga memiliki desain yang menawan yaitu perpaduan antara tampilannya yang stylish, dinamis dan eksterior modern serta desain interior dan dashboard yang mewah. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan height adjuster yang berfungsi sebagai pengatur tingginya kursi pengemudi sehingga pengemudi akan merasa lebih nyaman, dan untuk segi keamanan pada type GX sudah dilengkapi AIR BAG pada baris pertama.
2. Audio System
Bagi Bapak/Ibu yang suka mendengarkan musik ketika berkendara, Ertiga memberikan sistem audio 2DIN yang mana dapat dikontrol melalui kemudi karena pada kemudi terdapat tombol-tombol Audio System Controlling. Unik serta inovasi ini hanya terdapat pada Ertiga.
3. Akses Mudah
Tidak seperti MPV lainnya yang terkadang penumpang harus bersusah payah untuk masuk atau keluar kedalam mobil, pada Ertiga sangat di permudah dengan satu sentuhan folding dan sliding yang berjarak kurang lebih 240mm dan jika dicompare tentu saja berbanding lebih hinggau empat kali lipat lebih panjang dengan MPV lain dikelasnya.
5. Irit Bahan Bakar
Ertiga menggunakan prinsip Front Wheel Drive dengan menggunakan mesin K series 4 silinder yang membuatnya sangat irit dalam mengkonsumsi bahan bakar serta bertenaga. Pada mobil ini juga sudah diaplikasikan  meter cluster yang high grade dikombinasi dengan MID (Multi Information Display) yang berfungsi untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang konsumsi bahan bakar rata-rata, kecepatan rata-rata, jarak tempuh termasuk sisa bahan bakar yang ada.
6. Penggunaan Platform Mesin
Bapak/Ibu tentu saja sudah mengetahui Suzuki SWIFT, nah Ertiga juga menggunakan platform hatchbacknya Suzuki tersebut dengan wheelbase yang lebih panjang. Karena platformnya sama, tentu saja sistem penggeraknya serta sistem suspensi mirip dengan SWIFT.
Kelemahan Ertiga

  1. Bau Sangit di kecepatan diatas 100 km/jam (bahkan ada yang merasakan di kecepatan 80-90 km/jam) Penyebabnya adalah material ceramica catalic converter yang pada suhu tinggi akan mengeluarkan bau sangit dan bau tersebut ternyata tembus sampai kabin (sumber kebocoran inilah yang sampai saat ini masih belum dipastikan posisinya). Suzuki harus bisa menambah rapat/kedap celah yang membatasi ruang mesin dan kabin mobil. Bau gosong atau sangit ini bisa bertahan bulanan sehingga sangat mengganggu kabin. Sebenarnya hampir semua mobil yang punya CC akan mengalami hal yang sama bedanya adalah kualitas peredaman kabin dan ruang mesin yang berbeda untuk setiap produsen mobil. jadi jika ini dialami sewajarnya konsumen harus klaim ke Suzuki untuk mencari sumber celah masukknya bau sangit tersebut.
  2. Bau asap kendaraan truk, bus atau bahkan motor 2 tak jika Ertiga dibelakangnya masuk ke kabin, ini mungkin penyebabnya sama dengan no.1 yaitu sistem sekat antara kabin dan ruang mesin/luar body masih harus ditingkatkan kekedapannya.
  3. Cat body ternyata sangat tipis seperti mobil sekelasnya, dan bagian yang tidak terlihat terkesan QCnya kurang baik. Jika dibandingkan avanza mungkin 11-12 perbedaanya atau sama-sama tipis (dan memang mobil < 100 ps, body yang tipis adalah design body untuk mendapatkan bobot mobil yang proporsional)
  4. Pelayanan purna jual terutama di pinggiran kota masih jauh dari harapan konsumen, kemungkinan disebabkan karena investasi di bagian ini membutuhkan biaya yang sangat tinggi, ketersediaan bengkel yang mumpuni masih terbatas karena tidak siap dengan angka penjualan Ertiga yg tinggi. keluhan pasti berkisar pada penanganan problem kendaraan, kelengkapan infrastruktur bengkel yang memadai, sumber daya manusia yang terbatas, suasana bengkel yang sempit/terbatas, dan waktu penanganan masalah kendaraan yang cukup lama. Jika angka penjualan tetap tinggi di 5,000-7,000 per bulan dan Suzuki tidak menambah layanan bengkel maka bisa dipastikan akan terjadi penurunan kualitas layanan purna jualnnya. Keluhan terhadap jaringan bengkel resmi (beres) dan juga tenaga salesnya banyak dikemukakan pembeli Ertiga di milis-milis ErtigaClub, seharusnya Suzuki segera menginvestasikan modal dan sdm guna melayani pembeli Ertiga yang begitu tinggi.
    Suasana Bengkel Suzuki
  5. Ban yang dipakai adalah type ekonomis sehingga kualitas dalam kabin akan berkurang akibat type ban yang ekonomis. Banyak pengguna yang melakukan improvement dengan mengisi ban nitrogen dan yang paling bijaksana adalah mengganti ban yang lebih baik pada saat 40,000 km.
    Ban Type Eco pada Suzuki Ertiga
  6. Kualitas Akhir Suzuki masih belum menyaingi kompetitornya, banyak keluhan Ertiga karena finishing kendaraan yang tidak melalui QC yang ketat seperti : Kerataan pintu depan dan belakag, pintu belakang yang sulit terbuka, gejalan ndut-ndutan karena kualitas CC yang buruk, bebunyian/getaran di dashboard yang sulit terlacak dan lain lagi. Intinya tidak semua pengguna mengalami tetapi mengindikasikan bahwa tidak dilakukan kontrol kualitas yang ketat sehingga lolos sapai konsumen. Ini terbukti dari penghargaan JD Power (Lembaga riset kepuasan pelanggan) jatuh pada Toyota Avanza (79 PP 100) sedangkan Ertiga di posisi ke-3 dengan (85 PP 100) dibawah Daihatsu Luxio yang juga (85 PP 100). Sebagai pembanding Toyota Kijang Innova memiliki 67 PP 100.
    Keluhan2 pengguna Suzuki Ertiga juga banyak ditemukan pada forum suzuki ertiga club di http://www.ertigaclubindonesia.org/forum/index.php?board=27.20. Mungkin mobil kompetitornya  mengalami yang sama pada awal2 produksi, sehingga Suzuki sebagai produsen mobil yang sedang “dipercaya” oleh konsumen Indonesia harus terus melakukan perbaikan mutu. Dan semakin hari kelihatannya keluhan pengguna Suzuki Ertiga semakin banyak yang dituangkan di ErciClub dan ini membuktikan Pihak Suzuki masih bernostalgia dengan booming penjualannya, padahal After Sales akan menentukan sampai seberapa lama Ertiga bisa diterima oleh masyarakat. Ayo Susuki…..Perketat standard QC sebelum delivery ke konsumen..
  7. Posisi bangku ke 3 memang bisa dilipat rebah sehingga memperluas ruang bagasi tetapi cara pelipatannya menyebabkan jok belakang bisa cepat kotor, bisa ketumpahan cairan barang bawaan, dan posisi jok belakang bisa menjadi tumpuhan barang bawaan (jok bisa rusak). Para pengguna Ertiga mengeluhkan saat akan menaruh karung/barang bawaan yang berat (seperti beras) dan juga galon air. Mungkin Suzuki di periode facelift (2-3 tahun setelah launching) bisa merubah konfigurasi seat rr no.1 dan 2 sehingga bisa lebih lapang.
    Posisi Jok ke-2 dan ke-3 yang tidak fungsional.
  8. Jika dimuati penuh, apalagi saat tanjakan maka sangat sulit mengendalikan ertiga secara nyaman. Raungan mesin yang hanya 95 HP dan dimuati penuh di tanjakan memang jadi kendala bagi Ertiga. Hal ini juga di alamai oleh Nissan grand livina atau mobil city car. dibutuhkan rpm tinggi ntuk bisa berakselerasi nyaman. Kelemahan ini akan tambah berasa saat kondisi tanjakan licin karena hujan ditambah usia ban yang sudah > 30,000 km. Dalam kondisi kencang, posisi tanjakan bukan rintangan buat mobil ini, tetapi saat macet di tanjakan maka akan sangat berasa.
    Tanjakan yang bisa jadi Rintangan.
  9. Seperti mobil FWD lainnya, radius putar di putaran atau diparkiran tidak leluasa seperti MPV RWD. Hal ini juga dialami oleh seluruh kendaraan FWD karena sistem penggeraknya memang dirancang untuk membatasi ruang gerak poros rodanya.
Kisaran Harga Baru
harga baru Ertiga

harga baru ErtigaHarg   

Harga Ertiga Seken

harga ertiga seken

harga ertiga seken

Iklan pos kota!

ertiga dijual

ertiga dijual

Hajar gaan!

Sumber

http://herwonocahklaten.blogspot.com/2013/06/9-kelemahan-keluhan-ertiga-versi.html

Autocarprice

Poskota

This entry was posted in Mobil Second and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

0 Responses to Kisaran Harga Suzuki Ertiga Seken, Berikut Kelemahan dan Kelebihannya

  1. Red Satellite says:

    Kalo masalah finishing bs ambil kembarannya VX1 yg finishingnya jauh lbh baik..
    Ertiga rasa mazda

  2. Yudakusuma says:

    wow besok tak bikin artikel ah…. 10 hal mengapa kita harus berhenti membenci avanza 😆

    =========
    Mazda 2 Sedan jadi cantik…. keren…. asal ngga berakhir jadi taksi 😆
    http://yudakusuma.com/2014/11/24/mazda-2-sedan-diperkenalkan-di-thailand-model-jadi-proporsional/

  3. Fandy says:

    Banyak amat kelemahannya…..!

  4. Busa_tio says:

    Kayak bahasa sales. :megreen:

  5. gusteg77 says:

    yg jelas paket kredit suzuki kalah sama paket impian atau paket suka suka..
    yg cuma bayar angsuran setengahnya..
    sebagian masyarakat ga peduli suku bunga, yg penting angsuran ringan dan mampu bayar .

  6. WOW just what I was searching for. Came here by searching for daftar harga
    mobil seken

Leave a Reply

Your email address will not be published.