Turut Berduka Atas Musibah Tanah Longsor Yang MEnelan Puluah Korban Jiwa Di Banjarnegara

Brader sekalian, berita duka datang dari Banjarnegara. Terjadi tanah longsor yang menimbun area sekuas10 hektare yang merupakan daerah tempat tinggal penduduk. Sedikitnya 18 orang ditemukan tewas saat ratusan personel TNI, Polri, Basarnas, Palang Merah Indonesia, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) gencar mengevakuasi korban longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karang Kobar, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (13/12). Adapun warga yang belum ditemukan sekitar 100 orang.

Longsor Banjar negara
Longsor Banjar negara

Dari data petugas terdapat 300 orang di lokasi kejadian. Korban selamat sebanyak 200 orang, sisanya mungkin tertimbun. Sejumlah korban luka-luka kini masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Banjarnegara. Adapun warga yang selamat mengungsi ke dusun-dusun sekitar.

Sejauh ini, aksi tim evakuasi terhalang oleh kondisi medan yang dipenuhi tanah liat. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan alat-alat berat diperlukan untuk membuka jalan yang tertutup longsor. Longsor praktis memutus jalan dari Banjarnegara menuju Dieng dan sebaliknya. Tak hanya itu, kendaraan-kendaraan yang sedang melintas turut tertimbun longsor.

Tanah Longsor di Banjarnegara
Tanah Longsor di Banjarnegara

Musibah ini berawal dari hujan deras yang mengguyur Dusun Jemblung selama satu jam pada Jumat (12/12) sore.Kemudian, sekitar pukul pukul 17.30 WIB, Bukit Telaga Lele tiba-tiba longsor. Bukit setinggi 400 meter itu langsung mengubur dusun sekaligus jalan raya penghubung Banjarnegara dan Dieng. Setelah terjadi longsor, masih ada teriakan minta tolong. Namun, tim evakuasi tidak bisa segera beraksi karena tadi malam listrik putus.

Musibah Tanah Longsor
Musibah Tanah Longsor

Semoga korban cepat bisa dievakuasi, keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan yang meninggal semoga diberi tempat yang layak di sisi-Nya, amin.

Advertisements

13 Comments

  1. Semoga Allah menerima amalan mereka muslimin wal muslimat yang meninggal, dan diampuni dosa-dosanya… Allohummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa fu’anhu… Allohummaghfirlaha warhamha wa ‘afihi wa fu’anha…

    Semoga muslimin wal muslimat yg ditinggalkan diberi oleh Allah hidayah dan ketabahan… Amin

  2. Semoga Allah menerima amalan mereka muslimin wal muslimat yang meninggal, dan diampuni dosa-dosanya… Allohummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa fu’anhu… Allohummaghfirlaha warhamha wa ‘afihi wa fu’anha…

    Semoga muslimin wal muslimat yg ditinggalkan diberi oleh Allah hidayah dan ketabahan… Amin

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin