Iki Piye Bu Menteri BUMN, Kenapa Bikin Larangan Berjilbab Panjang “jilboob Dah!”, dan Berjenggot? Apa Hubungannya Dengan Dunia Kerja?

Kayakya perlu dipertanyakan ini gan! Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pekan ini jadi sorota publik, pasca rencana menjual Gedung Kementerian BUMN, lalu bukin kebijakan baru yang kontroversi. Lihat saja beberapa larangannya untuk pegawai BUMN yang penuhh kontroversi, salah satunya melarang pegawai BUMN memakai jilbab panjang. Lalu melarang berperut gendut, bersih dari jerawat, tidak bau badan, tidak banyak luka, tidak bau mulut dan tidak latah. Sementara untuk tato malah diperbolehkan asal tidak terlihat.

menteri-bumn-larang-pegawai-berjibab-panjang

menteri-bumn-larang-pegawai-berjibab-panjang

Yang paling mencolok adalah tidak boleh berjilbab panjang, jilbab hanya sebatas leher, kan justru seharusnya Jilbab itu memang untuk menutupi dada, lha ini malah dilarang. Padahal beberapa waktu lalu kan ada tenar istilah jilboob, yakni pake jilbab tapi hanya penutupi kepala hingga leher, lalu lekuk tubuh bagian dada malah terkespos, akhirnya banyak yang mengecam. La ini malah didukung, piye to bu menteri. Ini perkara syariat lho! Mustinya dasar pelarangannya harus dipaparkan secara jelas dan tentunya tidak bertentangan dengan keyakinan agama.

Apa Hubungannya Dengan Etos Kerja?

Nah kira-kira apakah ada hubungan antara etos kerja dengan jilbab pendek, jenggot, jerawat dan sebagainya. Malah tato yang di dalam diperbolehkan. Kayaknya kalau dilihat dari kacamata pendidikan misalnya ini tidak sesuai deh dengan kurikulum berkarakter yang diterapkan kalau ternyata kebijakan output di dunia kerja seperti ini!

DPR/MPR Perlu Panggil Rini Untuk Klarifikasi

Tapi ya wis, sebagai warga negara yang baik ya kita hanya bisa menyampaikan, wakil rakyatpun sudah angkat bicara. Ya, Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soewandi mengklarifikasi informasi tentang pelarangan menggunakan jilbab melebihi batas leher dan janggut bagi pegawai di kementeriannya, “Harus diklarifikasi apa benar ada pelarangan seperti itu,” kata Hidayat kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (17/12). Hidayat khawatir larangan menggunakan jilbab panjang dan janggut akan menimbulkan stigma negatif yang berujung pada perlakuan diskriminatif.

Mencuatnya Kabar Ini

Ya, skedar diketahui, perihal larangan ini sebenarnya tersembunyi di balik laci, dan baru mencuat setelah Pemilik akun Twitter @Istiningsihdwi mengunggah foto aturan yang melarang penggunaan jilbab syar’i di BUMN. Ternyata pengunggah ini seorang dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yogyakarta, Jalan Nitikan UH Yogyakarta.

ย Kementerian BUMN Membantah Adanya Pelaranganย 

Nah uniknya ngutip dari okezone, Humas Kementerian BUMN, Faisal Halimi mengatakan, Menteri BUMN Rini Soemarno tidak pernah mencetuskan kebijakan tersebut.”Saya saja baru dengar hal ini. Ibu (Menteri) juga tidak pernah bicara seperti itu. Saya mendampingi beliau setiap hari.” Menurutnya, segala persyaratan untuk menjadi pegawai di Kementerian BUMN diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB). Nah loh, piye iki!

About these ads
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

0 Responses to Iki Piye Bu Menteri BUMN, Kenapa Bikin Larangan Berjilbab Panjang “jilboob Dah!”, dan Berjenggot? Apa Hubungannya Dengan Dunia Kerja?

  1. KLX Adventure says:

    Perlu klarifikasi

    ========

    Januari 2015 Motor Listrik Zero Bisa Dipesan, DP Rp 20 Juta Saja http://klxadventure.com/2014/12/17/januari-motor-januari-motor-listrik-zero-bisa-dipesan-dp-rp-20-juta-saja/

  2. KLX Adventure says:

    Perlu klarifikasi

    ========

    Januari 2015 Motor Listrik Zero Bisa Dipesan, DP Rp 20 Juta Saja http://klxadventure.com/2014/12/17/januari-motor-januari-motor-listrik-zero-bisa-dipesan-dp-rp-20-juta-saja/

  3. sijidewe says:

    bu menterine suruh pakai jilbab dulu mbah

    visit sijidewe.com

  4. sijidewe says:

    bu menterine suruh pakai jilbab dulu mbah

    visit sijidewe.com

  5. makin gila , diskriminasi , sudah mulai profokasi islam , islam tdk boleh diam , kalo perlu bakar tuh bu mentri. . !!

  6. makin gila , diskriminasi , sudah mulai profokasi islam , islam tdk boleh diam , kalo perlu bakar tuh bu mentri. . !!

  7. Dr.Feelgood says:

    ya begitulah katanya merupakan bagian dari revolusi mental, ujung2nya ingin membuat semua orang sakit mental. parah banget.

  8. rendi says:

    biasa lah, partai itu kan memang aliran sekuler. dan ala-ala komunis gitu.
    kapal tangker sukses dijual, gedung BUMN dan pesawaat kepresidenan mau dijual. kepemilikan tanah oleh asing mau dipermudah.
    lama-lama negara kita juga bakal dijual.
    salam gigit jari ๐Ÿ˜€

  9. rendi says:

    biasa lah, partai itu kan memang aliran sekuler. dan ala-ala komunis gitu.
    kapal tangker sukses dijual, gedung BUMN dan pesawaat kepresidenan mau dijual. kepemilikan tanah oleh asing mau dipermudah.
    lama-lama negara kita juga bakal dijual.
    salam gigit jari ๐Ÿ˜€

  10. gilaroda2 says:

    Yg penting itu kinerjanya…. penampilan no.sekian…

  11. gilaroda2 says:

    Yg penting itu kinerjanya…. penampilan no.sekian…

  12. kudo78dk says:

    Intinya ditelusuri dulu…. Bener ngak kebijakan itu dari menteri…. Jangan2 hanya bikinan…. Aassudahlah….
    http://78deka.com/2014/12/17/kalender-desember-2014-raquel-dengan-royal-enfield-continental-gt-sedot/

  13. kudo78dk says:

    Intinya ditelusuri dulu…. Bener ngak kebijakan itu dari menteri…. Jangan2 hanya bikinan…. Aassudahlah….
    http://78deka.com/2014/12/17/kalender-desember-2014-raquel-dengan-royal-enfield-continental-gt-sedot/

  14. Baby cheetah says:

    Bgini hasil’a revolusi mental?

    buah kalo dikarbit memang cepet matang… Tapi cepet busuk jg…

  15. Baby cheetah says:

    Bgini hasil’a revolusi mental?

    buah kalo dikarbit memang cepet matang… Tapi cepet busuk jg…

  16. abaydmz says:

    Jangan di telen mentah2 dahulu. Ingat internet itu bnyk arus informasi. Tunggu matengnya kalo ga sesuai baru di protes

  17. Paijo says:

    Tatoan jelas BOLEH dan WAJIB karna si mentri SUSI tatoan yo rokok,an pokok,e yek opo carane wong islam isok rusak sesuai dg tujuan WAHABI

  18. Paijo says:

    Tatoan jelas BOLEH dan WAJIB karna si mentri SUSI tatoan yo rokok,an pokok,e yek opo carane wong islam isok rusak sesuai dg tujuan WAHABI

  19. kalimalang rider says:

    mentri lonnntttt****

  20. kalimalang rider says:

    mentri lonnntttt****

  21. skydriver says:

    Rezim ngeles.rezim cuci tangan.rezim kartu.rezim Feka*.tunggu aja kehancuran indonesia..ups#bukanurusansaya

  22. skydriver says:

    Rezim ngeles.rezim cuci tangan.rezim kartu.rezim Feka*.tunggu aja kehancuran indonesia..ups#bukanurusansaya

  23. brigade jalan raya says:

    huwala! tato siapa tuh. tak lapor ke bu mentri neh. mosok gak boleh terlihat. opo hoax? pikacu ๐Ÿ™‚

  24. brigade jalan raya says:

    huwala! tato siapa tuh. tak lapor ke bu mentri neh. mosok gak boleh terlihat. opo hoax? pikacu ๐Ÿ™‚

  25. brigade jalan raya says:

    brokoli. bukan masalah tato diperbolehkan atau tidak. harapannya ini hoax. tapi jika benar agak rancu deh. secara jilbab terlihat rapi dan etis kalau panjang. kalo pendek seleher menggumpal dan gak rapi. kek mencekik. ribet. panas. tentu mengganggu kinerja karyawan. hoax ๐Ÿ™‚

  26. brigade jalan raya says:

    brokoli. bukan masalah tato diperbolehkan atau tidak. harapannya ini hoax. tapi jika benar agak rancu deh. secara jilbab terlihat rapi dan etis kalau panjang. kalo pendek seleher menggumpal dan gak rapi. kek mencekik. ribet. panas. tentu mengganggu kinerja karyawan. hoax ๐Ÿ™‚

  27. brigade jalan raya says:

    mamba. soal jenggot itu macho dan bijaksana buat pria. emang ada orang tang berjenggot tidak bagus, ya bagusnya dirapikan saja. kalo memang bisa bagus saja kek artis tengku wisnu jadi lebih bijak kelihatannya. kek surya paloh jadi berwibawa. huff! tralala trilili ๐Ÿ™ hoax

  28. brigade jalan raya says:

    mamba. soal jenggot itu macho dan bijaksana buat pria. emang ada orang tang berjenggot tidak bagus, ya bagusnya dirapikan saja. kalo memang bisa bagus saja kek artis tengku wisnu jadi lebih bijak kelihatannya. kek surya paloh jadi berwibawa. huff! tralala trilili ๐Ÿ™ hoax

  29. sinjo says:

    jerawatan gak boleh? artis aja pada jerawatan kok!
    jenggot gak boleh?

  30. sinjo says:

    jerawatan gak boleh? artis aja pada jerawatan kok!
    jenggot gak boleh?

  31. Dide Irvin says:

    lah dulu si susi tatonya di kritik, mereka bilang yg penting kinerja penampilan no sekian
    sekarang cowok penampilannya berjanggut dilarang
    ginama nih oknum presiden pilih mentri kok gini

  32. Dide Irvin says:

    sepertinya di rezim sekarang pelan2 aturan2 seperti di tiongkok mulai di terapkan di Indonesia
    http://www.tribunnews.com/internasional/2014/08/06/di-xinjiang-orang-berjilbab-dan-berjanggut-dilarang-naik-bus

  33. Dide Irvin says:

    sepertinya di rezim sekarang pelan2 aturan2 seperti di tiongkok mulai di terapkan di Indonesia
    http://www.tribunnews.com/internasional/2014/08/06/di-xinjiang-orang-berjilbab-dan-berjanggut-dilarang-naik-bus

  34. tarno says:

    si joko bilang bukan urusan saya. :p

  35. tarno says:

    si joko bilang bukan urusan saya. :p

  36. Ms Dhukha says:

    Jilbab sebatas leher, yang laki-laki tidak boleh berjenggot, tapi tato boleh asal tidak terlihat…. Peraturan menteri koplak…. Mana katanya ada toleransi umat beragama?? Padahal dalam Islam jilbab harus panjang menutupi dada, laki-laki disunnahkan memanjangkan jenggot, diharamkan bertato… Yang kerja di BUMN pasti lebih mentaati peraturan tersebut daripada aturan agamnya….

  37. Ms Dhukha says:

    Jilbab sebatas leher, yang laki-laki tidak boleh berjenggot, tapi tato boleh asal tidak terlihat…. Peraturan menteri koplak…. Mana katanya ada toleransi umat beragama?? Padahal dalam Islam jilbab harus panjang menutupi dada, laki-laki disunnahkan memanjangkan jenggot, diharamkan bertato… Yang kerja di BUMN pasti lebih mentaati peraturan tersebut daripada aturan agamnya….

  38. dohc inside says:

    wong goblok ra ngerti wahabi meneng wae…koe mesti kaum kuburriyun

  39. dohc inside says:

    wong goblok ra ngerti wahabi meneng wae…koe mesti kaum kuburriyun

  40. mbah bonsai pinter tenan..arep melu2 tapi ga wani aku,xixixixi…

  41. mbah bonsai pinter tenan..arep melu2 tapi ga wani aku,xixixixi…

  42. SASTRO says:

    *stiningsihdwi ya??? twitter ya?? kayaknya itu satu mazhab sama P*SPiyungan, VOAI*lam, dan sumber2 yg suka men-Jonru sesama …

    Ahh mboh lahh…

  43. Mas Sayur says:

    #bukan_urusan_saya…
    urusono dewe,mbah… ๐Ÿ˜‰

  44. Mas Sayur says:

    #bukan_urusan_saya…
    urusono dewe,mbah… ๐Ÿ˜‰

  45. tukang mbonceng says:

    Senengnya nelen mentah2 berita hoax..
    Klu mencaci maki tambah seneng lagi..
    Apalagi dpt hits dr menyebarkan berita fitnah.. bahagia dunia akhirat

  46. tukang mbonceng says:

    Senengnya nelen mentah2 berita hoax..
    Klu mencaci maki tambah seneng lagi..
    Apalagi dpt hits dr menyebarkan berita fitnah.. bahagia dunia akhirat

  47. almiragrosir says:

    Makanya baca dulu tuh yg bener…hoax kok disebar? Mana yg nyebar kader PKS lagi kembaran si Jonru.. Trus komennya bisa jd fitnah…mana ada kementrian surat resmi pake kata cowo? Itukan iklan lowongan kerja pelayanan konsumen? ( costumer service)…
    Bersihkan hati..baru baca agar masuk akal…
    Coba baca2 disini juga http://m.kompasiana.com/post/read_comment/697525/2/konyolnya-dokumen-hoax-kementerian-bumn-ini.html?comment_id=5647686

  48. almiragrosir says:

    Makanya baca dulu tuh yg bener…hoax kok disebar? Mana yg nyebar kader PKS lagi kembaran si Jonru.. Trus komennya bisa jd fitnah…mana ada kementrian surat resmi pake kata cowo? Itukan iklan lowongan kerja pelayanan konsumen? ( costumer service)…
    Bersihkan hati..baru baca agar masuk akal…
    Coba baca2 disini juga http://m.kompasiana.com/post/read_comment/697525/2/konyolnya-dokumen-hoax-kementerian-bumn-ini.html?comment_id=5647686

Leave a Reply

Your email address will not be published.