Ngintip Sekring di Acara Bedah Teknologi New CB 150 R dan Sonic, Mo Bikin Pengaman?

sekring-cb150

sekring-cb150

Mas bro sekalian pada hari Sabtu lalu (19-09-2015) James Bons dan sejumlah Blogger mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara bedah teknologi CB 150 R dan Sonic 150 R. Nah pada kesempatan kali ini James Bons sedikit share masalah sekring pada All New CB 150 R. Ya sebagai pengetahuan saja barangkali agan sekalian belum tahu, ingin modif atau ingin mencabut suatu saat motor ditinggalin di daerah berbahaya biar gak dibawa kabur maling.

banner-460x110

Sekring ini amat penting lo gan, sebagai penyambung aliran listri ke berbagai keperluan di bagian-bagian tertentu dari motor kita, misal ke lampu, ke odometer, fuel pump, pengapian, dan sebagainya. Nah, misal ke fuel pump pasti dong kalau kita cabut motor gak bakal nyala ampek bokek. Lengkapnya gini gan kita lihat dari CB lama dulu ya, nanti yang CB baru mirip kok :

  1. Tail Stop Licence Horn Meter Winker : Ini adalah aliran listrik atau strum ke Horn/klakson, meter winker, dan sebagainya.
  2. Head Posstition
  3. Fan
  4. IGN Pump FI :Ign bisa diartikan singkatan dari Ignation atau pengapian, dan Pump Fi bisa difahami sebagai fuel Pump atau pompa bensin dari tangki ke injector.
  5. Odo Clock
  6. Main : Yang main biasanya secara keseluruhan.

Mengenai part ini pernah juga dibahas di kaskus  berikut:

Yuk kita lihat letak sekringnya gan! CB lama maupun baru masih sama gan di bawah jok bagian belakang, hanya saja yang CB lama mengarah ke samping, kalau CB baru membujur ke depan-belakang atau segaris dengan arah garis lurus motor. Cekidot berikut ini.

sekringcb150

sekringcb150-2015

Nah ternyata ada sedikit perubahan urutan sekring antara CB lama dan baru, misalnya di urutan 3 di CB baru ternyata untuk clock, sementara urutan 5 untuk fan, sementara untuk CB lama justru sebaliknya 3 untuk fan, 5 untuk clock. Nah perubahan lain monggo amati dengan detail di CB masing-masing.

komparasi-sekring-CB150R-lama-dan-baru

komparasi-sekring-CB150R-lama-dan-baru

Oceh, sekarang misal agan sekalian ingin meninggalkan motor ini misalnya daerahnya rawan pencurian, agan bisa lo mencabut sekring motor ini yang berhubungan dengan pengapian, yakni sekring no4 pada CB lama, dan atau di CB baru di atas terihat nomor 2 dengan tulisan FI (foto sedikit kabur gan, James Bons lupa-lupa ingat) biasanya FI menunjukkan Injeksi bahan bakar, nah kalau injeksinya dalam hal ini arus listrik ntuk nyedot diputus, ya motor bakal gak idu gan. Atau justru sekalian sekring no 6, yang bertuliskan main, berarti itu arus utama yang menuju motor, kalau dicopot ya motor gak bakal idup.

Nah, kan posisi sekring di bawah jok, yang menjadi sasaran utama maling biasanya kunci depan saja, jarang ada maling yang nggragas sampek buka-buka jok segala. Biasanya kalau mau nyolong, lewat 5 menit gak bisa dicololong, motor bakal ditinggal, aman kan!?

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Portal Otomotif and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Ngintip Sekring di Acara Bedah Teknologi New CB 150 R dan Sonic, Mo Bikin Pengaman?

  1. star kid says:

    mantap nih ilmunya…

  2. din says:

    super sekali

  3. brigade jalan raya says:

    lemper sekali :mrgreen:

  4. Anonymous says:

    sekring nya tnyata buanyakk

  5. Roezman says:

    Kalo d’CB old skring ijo yang d’jabut, motor udah gak bisa nyala..??

  6. affan182 says:

    Kl sering di buka pasang.. apa efeknya om?? Trimakasih

  7. boyzwap says:

    untuk cb lama skring lampu utama di mana gan, soalnya cb gue lampunya aja yg mati tp smua kelistrikan ok, mohon pencerahanya

  8. Budi Susilo says:

    Yg warna hitam itu gan yg hilang fungsi utamanya apa ya ? mohon pencerahan …..ada yg bilang itu namanya “Relay”…. tapi sekreng yg merah nmr 5 diganti mau nyala biarpun yg hitam itu tdk ada. (Versa 150 )

Leave a Reply

Your email address will not be published.