Netizen Rame-rame Membully Polisi Cirebon, Rentetan Kasus Motor Standar Ditilang

Rossi Ditilang

Rossi Ditilang

Rentetan panjang kasus yang disahre di sosmed khususnya facebook, bahwa lewat Cirebon itu angker, motor standarpun yang lengkap sesuai kelengkapan pabrikan bisa kena tilang. Kita hitung saja mulai dari Spakbor Ninja ditilang, Lampu R 15 standar ditilang, Lampu CB 150 R 2015 standar kena tilang, dan terakhir adalah Vario standar yang keluaran baru baik 125 ataupun 150 yang menggunakan led ken tilang juga. Nah dari sekian banyak kasus ini para netizen rame rame membully polisi cirebon di dunia maya. Ada yang nyumpahin, ada yang membully, lalau ada yang mengatakan bahwa Cirebon Kota Tilang, dan bahkan ada yang menshare kenekatannya.

460x110

Berikut ini kasus-kasus Yang pernah Terjadi:

  • Spakbor Ninja Standar dikatakan terlalu pendek cekidot di Link Ini

“…………..saya tetap di tilang dengan alasan spakbor nya terlalu pendek. bapak polisi itu bilang klo ini spakbor variasi bukan ori ninja itu spakbor nya panjang. saya bilang itu ninja lama pak klo ini ninja keluaran baru,…”

  • Vario Standar Kena Tilang, cek di Link INI

“…..nglewatin 4x razia. Di purwokerto, brebes, cirebon terakhir cikarang. Nah yg di cirebon sy ketilang gara gara lampu depan pake LED. Padahal new vario 125 keluaran baru kan emang gitu standart nya. Udah ngotot saya nya tp malah diancam pasal melawan petugas, …..”

  • R 15 lampu standar nyala sebelah ditilang lihat di Link INI

“….Heru Danuarsi: di fb grup yamaha R15 Indonesia , kena tilang pasca mudik dari dieng Jawa Tengah ke Jakarta naik R15….karena nyala lampu depan motornya ( yamaha R15 ) nyala cuma sebelah. Padahal memang dari pabrikannya seperti itu.”

  • Lampu Led All New CB 150 R Standar Kena Tilang di Link INI.

“Beli motor di kampung…..kita kerja di cikarang……… motor nya di bawa di cikarang. Dan pas sampe cirebon di tilang karna dengan alasan kesalahan lampu utama putih di situ debat sama pak kumis kalo lampu bawaan mtor ini putih tp pak pol ttp gak percaya akhir nya salam tempel 100 rb……..”

Tanggapan Pabrikan

Ketika kasus ini terus bergulir, ternyata banyak pasang mata memperhatikan termasuk pabrikan. Ya, ketika James Bons cek ke salah satu pabrikan tentang hal ini, mereka memberi jawaban simpel. Bahwa motor sebelum jalan pasti melewati tes laik jalan. Di sini melewati serangkaian uji yang cukup pelik. Andaikata motor tidak layak atau ada part yang tidak layak untuk digunakan di jalan pasti sudah dicekal di uji kelayakan ini agar menggantinya dengan yang lain.

Ya, mulai dari R 15 hingga Vario, yang jadi pertanyaan kenapa itu semua hanya di Cirebon yang kena tilang? Berarti di sini boleh jadi bukan motornya yang bermasalah, tetapi penilangnya mungkin sedang lalai.

Tindakan Nekad Yang Dishare di Sosmed 

Dari serentetean kasus ini, ternyata banyak menimbulkan kedongkolan di kalangan tertilang. Nah kedongkolan itu ada yang diwujudkan dengan bulliyan, makian bahkan ada yang menshare telah melakukan tindakan nekad. Di bawah ini adalah tindakan protes pemilik motor yang tidak terima di tilang dengan mengatakan bahwa “Cirebon Kota Tilang”

cirebon-kota-tilang

cirebon kota tilang

Sementara itu netizen lain mengklaim telah melakukan tindakan nekad balas dendam sebagaimana dishare berikut:

Curhatan-tertilang-cirebon

Curhatan tertilang cirebon

Berharap Ada Kalrifikasi dari Kepolisian

Beberapa hal di atas tentu saja baru kalim sepihak dari netizen yang menshare pengalamannya. Sejauh ini belum ada tanggapan dari polisi tentang bagaimana sesungguhnya. Boleh jadi Polisi memberi sudut pandang yang berbeda, atau boleh jadi pula bila itu memang benar-benar terjadi bakal ada evaluasi dari kepolisian. Nah setidaknya dengan memblow yang seperti ini akan memberi sedikit pengalaman pada para rider untuk lebih berhati-hati, dan juga akan ada bahan masukan buat kepolisian.

Next time time kita akan cari tahu ke kantor polisi gan, bagaimana sebenarna dan kebenarannya.

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Tilang and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

74 Responses to Netizen Rame-rame Membully Polisi Cirebon, Rentetan Kasus Motor Standar Ditilang

  1. goozir says:

    mana ni kapolri… anak buahnya di tertibkan jangan pengendara motor aja di tertibkan… diupgrade juga produk knolage tentang motor motor baru..

  2. memang pantas dibully

  3. orong-orong says:

    Hello polda cirebon, sudah standar SOP kah tilang2 itu?
    http://ongolongol.com/2015/11/19/orang-indonesia-yang-mempunyai-pesawat-pribadi/

  4. dst says:

    jalan malam takut dbegal..jalan siang takut kena palak

  5. wangi says:

    Yang ditskutkan fijalan adalah begal sehingga pulang beramsi ramsi.boleh kah klo ada grub pulang ramai2 lewat cirebo agar aman.u tuk rider2 luar kota mezti waspada takut ada beg…

  6. jambrong says:

    polkisnya goblok-goblok dulu waktu mau masuk pasti nyogok!

  7. pikolo says:

    Kasatlantasnya ngapain aja ni? Ntar kalo kasus ini diangkat media berita pasti jawabnya ‘nanti kita periksa dilapangan’ ato ‘saya belum denger kasusnya’ dan ujung-ujungnya jawab ‘itu cuma oknum’.

  8. civillianblogs says:

    Pak polisinya jadul harus banyak baca Koran kayaknya…
    Fenomena Fansboy ternyata mendunia broo…!!!

  9. Anonymous says:

    Aq jg pernah d tilang,velg depan belakng vixion kan ori pabrikn ring 17 masa q d tilng katanyA velg sdh d ganti bkn standar lg,ampe berdebat klo ada vixion pbrkn velg ring 18 motor aq slhkn d ambil tp ttp aja ngotot tu polisi mlh lngsng d buatin surat tilang,n akhrnya slam tempel 50 rb ke keparat itu

  10. D3yz says:

    Ya bnr pabrikan sudah melewati serangkaian ujicoba ttongnya yg dimana setelannya keatas smua. Kalo ngomong itu pake otak, suruh orang pbrk ttongmu itu stel lampunya keluar dr pbrik itu kebawah, bkn keatas tong. Jd org beli motormu ga usah stel2 ttongmu lg.

  11. nico says:

    Apakah di kota2 lain pernah terjadi kasus2 di atas? kalau ga, maaf kata polisi di cirebon itu oknum yang jahat yang sengaja meres duit…

    mampus lah lu makan uang haram ingat tuh ya buat polisi2 yang oknum, logikanya kalau di kota2 lain ga pernah terjadi kasus2 di atas berarti polisi2 di cirebon yang emang sengaja cari gara2

  12. ramabanteng says:

    Pantesan perut polisi banyak yg buncit,,,kbnyakan makan duit haram tuh,,setuju dah kalo cirebon dsbut kota tilang

  13. Anonymous says:

    Plat E amannnnn.sering debat sih ,tapi alhamdulillah suruh jalan lagi. Ya emang nda ngerasa salah aku dan motorku.atau mungkin karena aku dan motorku sama2 E yah.qqqqqqqqq
    So, moga kejadian2 tsb bisa segera diketahui kapolri dan diambil tindakan secepatnya demi kebaikan rider.
    MENDING URUSIN TUH BEGAL YG SUDAH BANYAK MEMAKAN KORBAN

  14. Anonymous says:

    Jgn kaku dan arogan,realistis aja pak.klau bodong,atau fullmodif silakan tilang.masyarakat sdh mulai percaya pd kepolisian jgn sampe pudar.

  15. Rizky Pradhana says:

    polisi bodoh tapi sok pintar.. kurang wawasan tentang motor… butuh penyuluhan itu.. otaknya butuh ganti..

  16. fandiartz says:

    Sepertinya Cirebon lebih jauh daripada Bekasi, beda galaxy, jadi beda peraturan…

  17. Easy boy says:

    Pak kumis kurang informasi tentang keluaran motor terbaru,,, 😀
    Atau jgn2 terlalu seringnya merazia motor jadi samapi gak ada waktu untuk mbaca/browsing tentang keluaran motor2 terbaru,,, 😀

  18. k!ng_julien says:

    Kapolrine ngantukan..
    Gak tau apa pura2 g tau..

  19. rikie says:

    Q jg sering dulu ditilang di wilayah cirebon . Banyak alasan polisi buat nilang ini itu padahal kelengkapan kendaraan lengkap !! Waspada di pintu masuk kota cirebon dan di perbatasan cirebon indramayu dstu sering ada operasi !!

  20. azkel says:

    Buat para agan2 yang pernah kena tilang, padahal tunggangan qt asli standart pabrikan, gini cara supaya buat jerah oknum,
    1. Biarin ajaa kena tilang, tu kan ada lengkap dta oknum yang nilang, trus jgn lupa dicopy ato difto,
    2.buat lporan ke showroom klo motornyaa gak standart dan gak sesuai uji kelayakan, buktinya tunjukin surat tilang tdi, klo seandainyaa, lulus uji kelayakan np ditilang,
    3 nah ntarr kan pihak showroom yang menggugat oknum trsbt,
    4. Klo pihak showroom tdk mauu, baiklah klo bgtu blg ajaa qt yang akan buat laporan lgsg ke polda, jdi ada 2 pihak yang qt laporkan 1, pihak showroom yang merugikan konsumen 2. Oknum trsbut yang sewenang2
    5. Klo bs qt didampingi media, agar bs lgsg dipublikasikan
    Dijamin ngefek dan trbukti yaa walopun agak ribet

  21. jojo says:

    Bully aje….. Menanti rombongan… Pembully

  22. andaru says:

    Alhamdulillah lewat Cirebon waktu itu aman
    moga2 deh ada perubahan kalau kasus ini rame di medsos

  23. Tafif says:

    Saya juga pernah nih razia d salatiga
    Cb150R Old 2013
    Ketilang “Katanya lampu gak nyala”!!!!
    Dari pabrikan gak ada saklar lampu dan g d modif saklar lampu
    Udh d depan mata n d uji coba lg d contac on lampu langsung “Nyala”
    Mencoba mempertahankan hak kita d tentang dgn pasal melawan petugas arrrgggghhhhh

  24. joe says:

    waktu itu tahun 2006 saya dari tegal mau ke bandung juga pernah kena tilang di sekitaran cirebon-palimanan, waktu itu karena tutup pentil gak ada jd kena tilang dengan alasan mengganggu tekanan ban. Padahal waktu itu banyak pengendara motor Plat E dengan tidak menggunakan helm tapi malah dibiarkan saja sama pak polisinya.

    sudah dari dulu memang cirebon terkenal dengan kota tilang. cuma baru kali ini heboh karena motor standard pabrikan kena tilang juga.

  25. teru says:

    Tunjukin aja pasalnya yg nunjukin syarat warna lampu kendaraan ke muka polkisnya
    Sue emang tuh polkis,ane jadi pgn kena tilang pgn ribut sma polkis,biar keliatan begonya tu orang”

  26. Putra says:

    Mka’e polisi pada gendut kebanyakan makan duit garam sich…

  27. rakyat jelata says:

    klo mereka pinter tuh gak jadi pulisi…mereka akan jadi TNI biar suatu saat jadi jendral.hal2 sperti ini yg
    akan mnimbulkan rasa benci msyrkat thdp pulisi dan timbulah tindakan2 nekad dari msyrakat

  28. Anonymous says:

    Cirebon Polisi memang mersahakan sepido meter saya setandar aja d tilang pake ngancem Segala -ngga tangung”nilangnya minta 500 ribu -alhasil 250 rubu kondangan_semoga perut nya tambah gede-
    Mungkin Polisi Cirebon kere”jd masih butuh tambahan_

  29. Black says:

    Otaknya perlu di upgrade….

  30. Pamiarsa Tea says:

    Polisinya bilang “suka suka gue dong, gue yang punya wewenang, gue yang punya hak, and gue yang punya surat tilang.. masbuloh…?? Kalo gak mau kena, jangan lewat sini..!! Gitu aja kok Rephot..”
    Ngah ngah ngah…

  31. David says:

    Saya lebaran kemarin kena tilang
    Motor saya satria fu
    Gara gara pake pelek jari jari kena tilang
    Padahal ban besar depan belakang

  32. dodelicious says:

    Sudah menjadi rahasia umum bahwa di kepolisian ada yang namanya target tilang. Jadi,selama satu tahun target kasus tilang dari berbagai bentuk pelanggaran harus tercapai. Namun tidak dipungkiri juga bahwa untuk mencapai target tersebut,polisi terkadang mencari-cari kesalahan pengendara. Dengan kata lain,menghalalkan segala cara. Kalau memang di kota cirebon kenyataannya seperti itu,alangkah baiknya apabila kepolisian kota cirebon lebih bijak dalam menindak. Masyarakat Indonesia sekarang sudah bukan lagi masyarakat ketika jaman soeharto yang bisa “nrimo”. Jika hal ini terus berlanjut,akan menimbulkan efek negatif terhadap profesi kepolisian. Apakah ini yang namanya mengayomi dan melayani masyarakat? Ataukah ini hanya slogan semata?

  33. lowbet 77 says:

    sherif cireb bonds otak tak ber SNI

  34. Ghofar says:

    Om polisi suka main tilang sembarangan awas om ntar di bom lho kaya di jakarta tadi siang ✌️, sekedar mengingatkan om, kita nyari uang itu susah nggak seperti kalian, tinggal stop pengendara terus kasih pasal dan nego harga, buat makan siang.

  35. Anonymous says:

    Ga usah heran sm polisi cirebon. Semua kayak gitu. Pengalaman 19thn krja di ekspedisi tntunya seminggu 4 kali melewati jalur cirebon. Ga siang ga malam selalu melihat yg kayak gituan. Yg mnta uanglah, mnta sbgian muatanlah. Yg ga bisa kasih uang sbgian muatan pasti diminta. Dr mulai sepeda motor angkutan umum angkutan barang pasti kena palak polisi cirebon. Tronton muatan barang peti kemas yg kunci disegel dr pengiriman srh dibuka, goblok banget tuh polisi. Apalagi truk muatan ikan laut yg segar2 wah makanan gurih tuh. Langsung sediain ember tuh sm polisinya. Dr yg sering tak liat, uang2 yg buat salam tempel polisi bnyak yg diludahin dl sm sopir atau keneknya sblm disalamin ke polisi smbil jln mobilnya. Bahkan ada uang2 palak yg dilempar. Nah yg ini lucu, soale ada org skitar yg bantu ambilin uang2 yg dilemparin. Tentunya ada upahnya dlm sehari. Lumayan jg upahnya. Soalnya tdk hny duit aja. Bisa bw plg buah2an muatan truk yg sbgian diminta bahkan ikan laut segar dr muatan truk jg. Enak ya. Makanya palak polisi cirebon ga bakalan bisa dihentikan krn keenakan.

  36. mumuh poetra says:

    Hahaha udah gak aneh daerah cirebon mah

  37. zee says:

    Dasar,,, yg nilang tak lebih dr pengemis berpangkat yg lapar akan uang rakyat,,,

  38. cirebonasyuuuu says:

    “PENGEMIS BERSERAGAM”

    #CIREBON_KOTA_TILANG

  39. kirito kun says:

    gue prnah di tilang d prbatasan crebon gra2 kcepatan lbih dri 80,yaelah mentoknya motor beat pling cpe,itu juga udh standar pabrik kali,msih aja d tilang pdahal mtor bner2 blum gue apa apain msih full pabrikan,akhirnya amal deh 100

  40. Anonymous says:

    udah tau dari awal saya merantau di bekasi gara gara polisi cirebon saya pobhia semua yang namanya polisi dindonesia itu cuma tau yang namanya uang semua omonganya saya anggap sampah kuping

  41. luki tegal says:

    melindungi dan mengayomi masyarakat.

    rakyat amanahmu tegakanlah rasa keadilan. jangan memanfaatkan peluang kalo ada masalah cari aman dgn dalih uang damai.

    tilang ya tetep tilang sesuai pasal yang jelas. jika ada petugas salah catat pasal, tindak yang adil bayar ke pengendara gak usah main2 juga rakyat yang tetep rugi bolak-balik cari petugas dan ke kantor pengadilan. biar tidak ada preman jalanan lagi. polisi itu mangani kejahatan melindungi, mengayomi rakyat.

  42. masbul says:

    Iya emang polisi cirebon gtu

  43. Anonymous says:

    saya slah satu korban lebaran 2015 polisinya saya kasih uang 50rb robek………dan pasti gak laku,,,saran saya robek dulu sebelom anda kasih polisi saat kena tilang….

  44. Anonymous says:

    Gmfjgtkuvbrvrt

  45. Meey says:

    Aduh ngeri bgt titlenya cirebon kota tilang -_- ,

  46. muhamad sukron says:

    Saya gara2 tas di bagasi beat depan aja gak boleh, emg gak bkalan berkah itu. Pa lagi di dpan warung mentang2 mau makan siang mereka.

  47. anna says:

    Pas bgt klo cirebon sbg “kota tilang” tilangan udh seperti makanan pokok, surat2 oke, kendaraan oke, tp ttp aja ketilang. . Alasanya ini lah itu lah. .

    Gmn masyarakan mau damai sma polisi klo sprti itu, jgn mentang2 anda aparat trus selalu benar. .

  48. andi santoso says:

    Itu cuma kerjaannya polisi yg lgi nyari duit. Kemaren pas tahun baru sya aja dri purwokerto ada operasian di cirebon kota gk kena tilang. Tp pas di cirebon perbatesan kena. Alesannya karna barang melebihi muatan. Lah orang cuma tas gndong ditaruh depan, kan pegel yah klo digendong terus. Motor sya jupiter mx.
    Karna males debat ya udh kasih dah 50rb. Klo sekali dua kali si gk ppa. Udh sering, males sya lewat cirebon. Tp mau gmn lgi, itu jlan pling dket.

    Sudah.banyak kasus dan emng cirebon terkenal preman berseragamnya.
    Kapan Indonesia mau bener . Aparat penegak hukum aja menggunakan hukum utk kpentingan pribadi

    #curhat

  49. anonymouse says:

    Saya dr Tegal motor plat G kerja di cirebon, seminggu sekali pulang Tegal,
    saya kerja di cirebon sebagai tenaga pengajar di Cirebon, saya kerja mengajar, mendidik, melatih masyarakat Cirebon agar pintar dan berbudi pekerti,. tapi saya malah sering mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari Polisi Cirebon dengan sering ditilang walaupun motor saya standar pabrik..
    saya ditilang sudah 5x ,dengan macam macam alasan yg tak masuk akal.. mulai dr kelebihan muatan, spion, sampe dituduh kebut kebutan dijalan umum..
    saya bekerja untuk pemerintah dan masyarakat Cirebon, tolong pak Polisi, beri saya kenyamanan untuk bekerja di wilayah yang sama dengan anda..
    #Jangan Beri Saya Teror Tilang

    curhat

  50. buntut says:

    MELINDUNGI DAN MENGAYOMI MASARAKAT.
    YANG PUYA DUIT ini lah sologan polisi yang pantas di indonesia

  51. Hand says:

    Saya jg pernah padahal sudah standar motor saya tp gara2 baut plat kebalik dan keliatan nonjol ujungnya sedikit dibilang melanggar. Terus di tilang 100 rb.

  52. joe says:

    hti” d prapatan plered mas bro yg ada garduny belang” pernah ane dri bksi lewat situ d tilang gara”tas ransel ane d taruh d jok blkang karena capai d taruh d punggung d tilang dngn alasan jok bukan tempat barang mau alasan apapun g d terima….yah cepe ceng kluar….a****u…smoga yang mkan duit ane sekluarga”a skit perut

  53. januari says:

    wkwkwk…
    polisinya gak lulus SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK.. soalnya gak tau perbedaan antara standart pabrikan dengan modifan.. wkwkwk….

  54. waang says:

    polisi cirebo kebanyakan makan udang jd otaknya udang…trus matanya dah pada rabun…

  55. caeddan coeg says:

    POLISI (POL”E NGAPUSI)

  56. x clan says:

    Sy orang cirebon dan sy akui bahwa polisi di kota cirebon emang bangsat semua..

  57. jon says:

    semoga polisi cirebon kena AJAB ….. beuteng na tambah baruncitt aya kompor GAS’an

  58. Anonymous says:

    dan sekarang para teroris kebanyakan nyerang polisi
    karena suka makan k duit rakyat, jadi di teror wkwkwkkwkwk :V

  59. Jack Shadaws says:

    ya itu polisi gk da yg baik, yg baik hnya setingan blaka…
    sya aja ni bro udh pernah ktilang 10 kali. yg bkin keselnya saat sya bwa mtor baru dan di tilang, kta polisinya “knapa gk dipsang no platnya n mna stnknya”, hnya polisi bdoh yg bilng kyak gtu iya gk bro…

  60. lulu'ah nafisah says:

    Emang cirebon paling korup di badan kpolisian.
    gmna klo permudahkan dlm pbikinan SIM spt beli krupuk atau makanan ringan lainnya mendagri…???

  61. lulu'ah nafisah says:

    Haruskah kekejaman masyarakat berlaku pd kpolisian klo ya tabrak aja yuk rame2 siap gak bangsa ku indonesia….

  62. zigzag says:

    #cirebonkotatilang

  63. pengguna jalan says:

    polisi…lagi, polisi lagi…. ga ada habisnya membicarakan aib neh instansi…

  64. eko prastio says:

    Hahaha cocok.. Emang pantas di buly.. Seharusnya julukan kota tilang di ganti kota preman berseragam…

  65. wisnu_ambar says:

    saya juga kena tilang di cirebon pas mau pulang dari cikarang ke cilacap..kata pakpol gara” nyalip lewah jalur kanan :V .. kalo gk nyalip lewat kanan trus lewat mana dong ?? lewat atas gitu ?? katanya jg gara” plat luar kota .. jg nuduh” kalo sim nya nembak :V

Leave a Reply

Your email address will not be published.