Rossi Ditilang
Rossi Ditilang

Rentetan panjang kasus yang disahre di sosmed khususnya facebook, bahwa lewat Cirebon itu angker, motor standarpun yang lengkap sesuai kelengkapan pabrikan bisa kena tilang. Kita hitung saja mulai dari Spakbor Ninja ditilang, Lampu R 15 standar ditilang, Lampu CB 150 R 2015 standar kena tilang, dan terakhir adalah Vario standar yang keluaran baru baik 125 ataupun 150 yang menggunakan led ken tilang juga. Nah dari sekian banyak kasus ini para netizen rame rame membully polisi cirebon di dunia maya. Ada yang nyumpahin, ada yang membully, lalau ada yang mengatakan bahwa Cirebon Kota Tilang, dan bahkan ada yang menshare kenekatannya.

Berikut ini kasus-kasus Yang pernah Terjadi:

  • Spakbor Ninja Standar dikatakan terlalu pendek cekidot di Link Ini

“…………..saya tetap di tilang dengan alasan spakbor nya terlalu pendek. bapak polisi itu bilang klo ini spakbor variasi bukan ori ninja itu spakbor nya panjang. saya bilang itu ninja lama pak klo ini ninja keluaran baru,…”

  • Vario Standar Kena Tilang, cek di Link INI

“…..nglewatin 4x razia. Di purwokerto, brebes, cirebon terakhir cikarang. Nah yg di cirebon sy ketilang gara gara lampu depan pake LED. Padahal new vario 125 keluaran baru kan emang gitu standart nya. Udah ngotot saya nya tp malah diancam pasal melawan petugas, …..”

  • R 15 lampu standar nyala sebelah ditilang lihat di Link INI

“….Heru Danuarsi: di fb grup yamaha R15 Indonesia , kena tilang pasca mudik dari dieng Jawa Tengah ke Jakarta naik R15….karena nyala lampu depan motornya ( yamaha R15 ) nyala cuma sebelah. Padahal memang dari pabrikannya seperti itu.”

  • Lampu Led All New CB 150 R Standar Kena Tilang di Link INI.

“Beli motor di kampung…..kita kerja di cikarang……… motor nya di bawa di cikarang. Dan pas sampe cirebon di tilang karna dengan alasan kesalahan lampu utama putih di situ debat sama pak kumis kalo lampu bawaan mtor ini putih tp pak pol ttp gak percaya akhir nya salam tempel 100 rb……..”

Tanggapan Pabrikan

Ketika kasus ini terus bergulir, ternyata banyak pasang mata memperhatikan termasuk pabrikan. Ya, ketika James Bons cek ke salah satu pabrikan tentang hal ini, mereka memberi jawaban simpel. Bahwa motor sebelum jalan pasti melewati tes laik jalan. Di sini melewati serangkaian uji yang cukup pelik. Andaikata motor tidak layak atau ada part yang tidak layak untuk digunakan di jalan pasti sudah dicekal di uji kelayakan ini agar menggantinya dengan yang lain.

Ya, mulai dari R 15 hingga Vario, yang jadi pertanyaan kenapa itu semua hanya di Cirebon yang kena tilang? Berarti di sini boleh jadi bukan motornya yang bermasalah, tetapi penilangnya mungkin sedang lalai.

Tindakan Nekad Yang Dishare di Sosmed 

Dari serentetean kasus ini, ternyata banyak menimbulkan kedongkolan di kalangan tertilang. Nah kedongkolan itu ada yang diwujudkan dengan bulliyan, makian bahkan ada yang menshare telah melakukan tindakan nekad. Di bawah ini adalah tindakan protes pemilik motor yang tidak terima di tilang dengan mengatakan bahwa “Cirebon Kota Tilang”

cirebon-kota-tilang
cirebon kota tilang

Sementara itu netizen lain mengklaim telah melakukan tindakan nekad balas dendam sebagaimana dishare berikut:

Curhatan-tertilang-cirebon
Curhatan tertilang cirebon

Berharap Ada Kalrifikasi dari Kepolisian

Beberapa hal di atas tentu saja baru kalim sepihak dari netizen yang menshare pengalamannya. Sejauh ini belum ada tanggapan dari polisi tentang bagaimana sesungguhnya. Boleh jadi Polisi memberi sudut pandang yang berbeda, atau boleh jadi pula bila itu memang benar-benar terjadi bakal ada evaluasi dari kepolisian. Nah setidaknya dengan memblow yang seperti ini akan memberi sedikit pengalaman pada para rider untuk lebih berhati-hati, dan juga akan ada bahan masukan buat kepolisian.

Next time time kita akan cari tahu ke kantor polisi gan, bagaimana sebenarna dan kebenarannya.